Cara mematikan Pocket dan Reader View di Mozilla Firefox

Advertisements

Sejak versi 38 Mozilla Firefox menyertakan 2 buah fitur baru yang membantu pengguna untuk membaca konten tanpa gangguan elemen lain (Reader View) dan menyimpan artikel untuk dibaca di lain waktu, semacam bookmark tapi lebih canggih lagi (Pocket). Menurut saya pribadi sih memang cukup berguna kedua fitur tersebut, dan entah bisa dianggap kelebihan atau kekurangan sudah terintegrasi dengan Firefox jadi bukan addon.

Reader View fungsinya membersihkan tampilan website tanpa hal – hal aneh yang disisipkan oleh pemilik situsnya, jadi fokus langsung ke tulisan. Juga dengan Pocket kita bisa mencatat url penting dan menyimpan kontennya untuk dibaca lewat layanannya atau disimpan, sehingga walau halamannya dihapus atau hilang masih ada datanya – kalau tidak ya manfaatkan Google Web Cache.

mozilla-firefox-pocket

Nah… ada yang menganggap fitur – fitur ini malah mengganggu tata tampilan aplikasi dan mengurangi performa Firefox karena digunakan atau tidak akan tetap dimuat oleh mesin browsernya. Alasan privasi untuk Pocket juga sering diucapkan karena ini bukan layanan dari Firefox merupakan pihak ketiga. Cukup masuk akal juga sih. Tapi kalau ini kekhawatiran anda maka bisa mengikuti langkah – langkah berikut untuk menonaktifkannya.

Advertisements

Pertama untuk Pocket, iconnya di toolbar bisa dihilangkan/disembunyikan dengan klik kanan dan pilih Customize. Klik pada icon Pocket, tahan dan tarik ke jendela Additional Tools and Features.

mozilla-firefox-customize-toolbar

Ini efeknya secara visual saja karena mesin Pocket masih aktif, dan untuk mematikannya silahkan buka alamat about:config, cari browser.pocket.enabled dan ubah nilainya dari true menjadi false.

firefox-browser-pocket-enabled

Mumpung masih mengakses jendela about:config maka bisa juga sekalian mematikan Reader View (iconnya di address bar juga akan otomatis lenyap), anda cukup cari reader.parse-on-load.enabled dan ubah nilainya dari true menjadi false.

Selesai dan restart browsernya, maka anda berhasil menonaktifkan fitur Pocket dan Reader mode di Mozilla Firefox. Kalau ingin mengaktifkannya lagi tinggal anda ganti lagi nilainya menjadi true dan tambahkan lagi icon Pocket ke toolbar.

Semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements

Tinggalkan komentar