Mengetahui aktivitas gunung berapi di Indonesia

Meletusnya gunung Kelud dan bencana yang menimpa warga di sekitarnya baru – baru ini membuat saya berpikir apakah ada sumber yang dapat dipercaya untuk mengetahui aktivitas gunung api di Indonesia. Ini disebabkan karena efeknya bukan hanya di sekitar daerah gunung tersebut, karena hujan abu dari letusan gunung berapi ini membuat beberapa fasilitas publik lumpuh seperti bandara Juanda di Surabaya. Apalagi kalau ada teman atau sanak saudara di lokasi yang terkena efek bencana alam ini. Bila sebelumnya kita sudah memantau dan mewaspadai akan ancaman meledaknya gunung berapi yang dekat tentu sudah bisa memperingatkan untuk segera mengungsi sebelum terlambat.

Untuk informasi penting seperti ini biasanya kita dapat mengharapkan salah satu departemen pemerintah seperti sebelumnya mengenai informasi gempa bumi terbaru dan perkiraan banjir di Indonesia. Benar saja, akhirnya saya menemukan situs salah satu departemen pemerintah yang bertugas mengawasi dan melaporkan adanya aktivitas gunung api di Indonesia. Institusi ini bernama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau Volcanology Survey Indonesia (VSI) untuk nama internasionalnya. Alamat websitenya menggunakan kata VSI mungkin untuk lebih mudah dihapal dan diakses masyarakat umum.

volcanology-survey-indonesia

Selain anda bisa dengan mudah mendapatkan berita mengenai kondisi atau keadaan gunung api di Indonesia, yang lebih penting terdapat tabel yang berisi status gunung api yang bisa menjadi bahaya di bagian sebelah kanan diletakkan dalam kotak Status Gunungapi Diatas Normal. Terdapat nama gunung berapi, dalam status apa dan tanggal status tersebut dikeluarkan.
vsi-status-gunung-api-diatas-normal

Mengenai status gunung api di Indonesia terdapat 4 macam yang bisa dibedakan dengan mudah melalui warnanya:

vsi-keterangan-status-gunung-api-diatas-normal

  • Merah – Awas (Level IV)
  • Oranye – Siaga (Level III)
  • Kuning – Waspada (Level II)
  • Hijau – Normal (Level 1)

Bila status gunung berapi yang berada di dekat lokasi anda atau kenalan anda sudah mencapai tahap yang mengancam keselamatan atau sudah mulai menjadi gunung aktif, maka sebaiknya anda sudah bersiap – siap untuk mengungsi sebelum terjadinya musibah.

Tulis komentar...