Mengetahui arti kode shipment tracking RPX

Kalau anda membeli barang dan si penjual menggunakan jasa RPX untuk mengirimkannya maka saya yakin anda juga mendapatkan sebuah Airway Bill atau istilah populernya adalah nomor resi. Cara melacak paket RPX anda terhitung mudah, tapi untuk memahami apa isinya kadang agak kesulitan juga. Karena itulah saya berinisiatif untuk membuat daftar kode shipment tracking RPX, dan semoga membantu anda nantinya.

Pada domestic tracking milik RPX saya amati ada 2 kolom yang bisa dijelaskan lebih lanjut yaitu Scan dan Activity. Kalau saya perhatikan lebih lanjut Scan ini sama dengan kode dan Activity adalah keterangan aktivitas dari kode sebelumnya. Karena sudah jelas ada hubungannya maka akan saya tuliskan secara berpasangan berikut dengan artinya.

rpx-domestic-tracking-detail

Daftar kode shipment status RPX:

  • PUP (Package picked up from customer’s location) – Paket diambil dari lokasi pelanggan atau pengirim, jadi sistem antar jemput maksudnya.
  • PUX (Package picked up by cash payment) – Paket sudah diterima dan dibayar dengan uang tunai.
  • GTO (Package out in transit from gateway) – Paket dalam proses pengiriman ke tempat transit.
  • SOP (Package departed from RPX origin location) – Paket sudah berangkat dari kota asal pengiriman.
  • TRI (Package arrived at RPX transit location) – Paket sudah tiba di lokasi transit.
  • SIP (Arrived at RPX destination location) – Paket sudah datang pada kota tujuan pengiriman.
  • VAN (Package on the way for delivery) – Paket sedang dalam perjalanan ke alamat penerima.
  • POD (Package received by Customer) – Paket sudah diterima oleh orang yang dituju.
  • DEX (Package delay due to customer’s office/resident is closed) – Pengiriman paket tertunda karena rumah atau kantor dalam keadaan tutup.

Catatan saja, saya bukan pegawai atau ada afiliasi dengan RPX, seluruh kode diatas adalah dari hasil pengamatan dan pengalaman saya. Artinya pun berasal dari RPX sendiri jadi bisa dianggap cukup akurat. Tapi kalau ada pertanyaan atau tambahan kode status RPX dan koreksi jangan sungkan untuk menuliskannya, akan saya bantu sebaik mungkin.

Kalau anda kecewa dengan pelayanan RPX dan ingin membuat pengaduan, komplain, pertanyaan, saran, kritik, dan semacamnya akan lebih baik kalau langsung menghubungi pihak RPX melalui media yang sudah disediakan.

397 pemikiran pada “Mengetahui arti kode shipment tracking RPX”

  1. Saya order barang pake rpx dr 28/12/2019 sampai 30/12/2019 belum juga di pickup no resi 799877059934 saya sangat kecewa tolong bantu mas mksh

    Balas

Tinggalkan komentar