Mengetahui arti lampu indikator di modem

Coba anda perhatikan modem anda, bila selama ini anda hanya melihatnya hidup terus atau ada irama kelap – kelip menandakan adanya aktivitas maka pasti anda penasaran apa maksudnya. Apalagi ada lebih dari satu lampu indikator, mereka bisa memberitahukan semuanya berjalan normal atau adanya masalah kalau kita bisa memahami fungsinya.

Informasi ini penting didapatkan saat ingin memperbaiki koneksi internet yang bermasalah, misal sering terputus, akses lambat, tidak bisa browsing atau download dan lain sebagainya. Misal kita berbicara dengan customer care Speedy atau teknisinya jadi lebih nyambung juga apa yang diomongkan, sehingga proses troubleshooting akan lebih cepat didiagonosa dan diselesaikan.

huawei-hg532e-tp-link-td-w8151n

Langsung saja berikut adalah daftar indikator yang biasanya ada pada modem WiFi:

  1. Power – Sudah jelas maksudnya, ini menandakan adanya daya listrik yang menghidupkan modem.
  2. LAN (Local Area Network) – Koneksi jaringan kabel (LAN) aktif. Bila berkedip – kedip menandakan adanya traffic pertukaran data. Tergantung jenis modemnya bisa lebih dari satu port RJ45 yang bisa digunakan.
  3. WLAN (Wireless Local Area Network) – Koneksi jaringan nirkabel (WiFi/Hotspot) aktif. Bila berkedip – kedip berarti ada aktivitas dari dan ke perangkat yang terhubung.
  4. ADSL (Asynchronous Digital Subscriber Line) – Modem berhasil terhubung ke jaringan ISP seperti Telkom Speedy. Bila berkedip – kedip berarti masih berusaha melakukan sinkronisasi, dan apabila hidup terus berarti sudah sukses.
  5. Internet – Inilah yang menginformasikan bahwa modem tersebut berhasil mengakses internet, kalau lampu ADSL nyala tapi indikator internet mati menandakan adanya masalah.
  6. WPS (WiFi Protection Service) – Mode perlindungan akses WiFi. Sangat disarankan untuk memakai alternatifnya: WPA atau WPA2 (WiFi Protected Access) dan memang biasanya digunakan secara default saat anda mensetting password WiFi. Ini dikarenakan sudah ditemukan celah keamanan yang bisa menjebol apa passwordnya dengan cepat.

Semoga bermanfaat. 😀

70 pemikiran pada “Mengetahui arti lampu indikator di modem”

  1. min mau tanya modem saya bisa di pakai nya dari jam 8 malam sampe jam 6 pagi. kalau siangnya itu cuman led wifi sama power doang. itu gmn min? makasih

    Balas
  2. Permisi mau tanya
    Modem ane ADSL udah nyala. Tapi ntar sekitar 10 menit mati dan ga nyala lagi jadi ga bisa internetan. Kira kira kenapa Gan??

    Balas
  3. Mau tnya mas klau lmpu WANnya mati itu gmn ya mas ? Yang nyala cmn power sama WLAN doang.. wifi konek sih cmn gabisa buat internetan. Itu solusinya gmna mas? Router saya merk tplink

    Balas
  4. jadi sebaiknya wps ini mati atau nyala? dan jikalau sebaiknya mati bagaimana cari mematikannya khususnya pada modem fiberhome? karena saya coba tekan tombol wps pada router tidak terjadi apa-apa dan lampu tetap menyala

    Balas
  5. Sore mas,, mau tanya nih.
    Saya pakai layanan indihome dgn router Alcatel Lucent. Port LAN 4 untuk stb useetv. LAN 3 saya colokin kabel lan untuk wifi extender pake router adsl bekas speedy. Awalnya semua normal. Tp udah 2 minggu ini jika kabel lan untuk extender itu di colokin di lan manapun, indikator lan nya kedip2 kenceng dan koneksi internet mati. Kira2 masalahnya ada di kabel lan extender, router atau extender nya itu mas??

    Terima kasih

    Balas
    • Hmm… dari pengalaman teman, ini karena ada update firmware dari telkom mas. Setting ONTnya memblokir mode bridge kalau tidak diminta. Coba kontak ke csnya buat konfirmasi.

  6. saya menggunakan TP link TD-w8151n mas, cuman saya bingung kok yang nyala cuman lampu power sma gembok qss doang, adsl intrnet wlan dan lan nya tidak menyala, bahkan saat di hubungkan menggunakan kabel lan gak konek, di reset tombol belakang juga ga ngefek

    Balas
  7. Mohon bantuannya Gan Saya mau tanya saya pakai router tp-link tipe mr3420 pakai modem sierra 320u yang saya mau tanyakan modem kalau pakai kartu Indosat IM3 tidak mau konek cuma lampu powernya kedip-kedip warna merah Tapi kalau pakai kartu lain bisa dan Itupun kalau pakai kartu lain sering terputus putus data nya lampu datanya sering gak hidup kalau tidak di matiin dulu reuter nggak nyala lagi lampu modemnya nggak mau nyambung lagi Terima kasih atas Jawabannya

    Balas
  8. min mau tanya kalau misalkan routernya suka ngerefresh sendiri ato restart sndiri itu knapa ya bsa 10 sampe 15 x lebih sehari

    Balas
  9. Modem saya huawei RQPw lama gak di pakai.trus saya mau pakai lagi tapi cuman lampu power aja yg hidup.mohon infonya

    Balas

Tinggalkan komentar