Mengetahui arti status pelacakan J&T Express

J&T Express merupakan salah satu jasa ekspedisi domestik yang mulai populer digunakan. Dari pengalaman memakainya selama ini memiliki keunggulan dengan dijamin dalam 1 hari pasti diberangkatkan dari kota asal, jam kerja pengantaran sampai malam dan memang pada hari minggu saya pernah menerima paket yang dikirim lewat JNT ini. Kalau anda pernah melakukan cek resi yakin tidak terlalu sulit memahami apa maksudnya, tapi memang ada yang tidak standar.

Langsung saja ya, saat anda melacak nasib paketnya akan muncul beberapa istilah – istilah atau kode yang digunakan untuk menjelaskan status pengirimannya.

jnt-express-hasil-pelacakan

  • Paket sudah diterima.
  • Paket sudah sampai tujuan.
  • GATEWAY, biasanya memiliki format KodeKota_GATEWAY (misal SUB_GATEWAY). Ini adalah lokasi/gudang J&T Express pada kota tersebut untuk proses sortir sebelum barang diteruskan keluar kota atau kedalam kota tujuan.
  • Sprinter, ini maksudnya adalah kurir dan barangnya sudah dibawa untuk diantarkan. Ada nama orangnya.
  • Bermasalah, status umum kalau ada masalah. Sayang tidak dijelaskan kenapa dalam keterangannya. Tapi paling sering karena penerima tidak ditempat atau alamatnya salah. Bisa juga si kurir masih belum menemukan alamat tujuan.
  • Simpan, Kalau paket anda tidak dimungkinkan diantarkan saat itu juga maka akan disimpan dulu di cabangnya (Drop Point). Seringnya karena kemalaman atau terlalu jauh.
  • Scan, informasi saja bahwa paket tersebut telah diproses dan diupdate statusnya.
  • Invalid Airway Bill, maksudnya nomor resi yang anda masukkan salah. Tapi dari pengalaman cukup rutin ini disebabkan server tracking J&T Express down atau bermasalah. Jadi seluruh resi yang dilacak di situsnya atau lewat aplikasi Android ya sama – sama tidak berfungsinya.

Ada beberapa istilah yang dipakai tidak saya jelaskan karena sudah cukup deskriptif artinya apa dan dari alur trackingnya juga bisa dikira – kira. Juga cukup sering menggunakan kode kota tiga huruf dalam trackingnya, kalau memang dibutuhkan nanti akan saya update daftarnya supaya lengkap.

Seluruh informasinya saya dapat dari pengalaman pribadi, share pengunjung lain, tanya ke kurir/J&T Express langsung. Bisa jadi ada ketidakakuratan dan saya menerima koreksi untuk itu.

Oh ya kalau anda ingin tahu dimana lokasi agen atau cabang J&T Express di kota anda bisa buka link berikut: http://jet.co.id/express-services/drop-point
Dan kalau mau komplain atau menyampaikan keluhan saya sarankan lewat Facebook atau Twitter, responnya cukup cepat dan baik dari sana.

Semoga bermanfaat. 🙂

4.449 pemikiran pada “Mengetahui arti status pelacakan J&T Express”

  1. Kak ini kalo di status keterangan nya dc tambora berarti gmn yah kak? Ini nomor resinya JD0061857524. Kira2 itu udh sampai tujuan apa belum? Trimss

    Balas
  2. no resi JP4855925817 [JAKARTA], Pket di simpan di gudang J5 pengiriman di batalkan itu kenapa ya? apa di batalkan dari sana atau giman

    Balas
  3. Assalamualaikum pa kenapa yah saya kirim paketan ke dari cimahi ke cikarang udah 3 hari ngga nyampe dan ini noresi nya JD0063872710

    Balas
  4. Kak pengiriman shopee saya dri kemaren kok gak bergerak ya kak. Ada dua paket JP1698848949 sama yg ini JP7621021900 untuk satu almt kak. Mohon bantuannya kak

    Balas

Tulis komentar...