Cara mengetahui berapa channel RAM aktif dengan CPU-Z

Sekarang umumnya sebuah komputer atau notebook memiliki jumlah memory yang cukup besar dan terpasang beberapa keping RAM (Random Access Memory) untuk mengakomodasi game atau editing video yang membutuhkan memori dalam ukuran besar. Walau anda tidak bermain game menambahkan RAM tidak pernah salah. Tapi ada cara memaksimalkan performa memori komputer anda, biasanya ada fitur Dual Channel Memory (atau Triple Channel, kabarnya ada yang lebih) yang akan meningkatkan kinerja RAM secara signifikan daripada mode Single Channel, dan ini membutuhkan minimal 2 keping RAM untuk mengaktifkannya.

Apabila anda sudah memasang memori lebih dari 1 keping RAM, darimana anda tahu kalau mode Dual Channel telah hidup? Atau berapa channel memori anda aktif sekarang? Ada cara mudahnya daripada mengutak – atik menu BIOS atau UEFI, yaitu menggunakan program CPU-Z. Jalankan aplikasinya dan pindahkan tab ke bagian Memory, dengan menggunakan software ini anda bisa melihat spesifikasi memori komputer anda dan tentunya informasi mengenai channel memori juga tersedia.

cpu-z-memory

Bisa dilihat dari hasil analisa CPU-Z bahwa mode Channel# memory yang aktif adalah Dual.

Kalau anda memasang lebih dari 1 keping memori di motherboard anda tapi tipe Channel tidak berubah atau meningkat, ada beberapa alasan yang mungkin menjelaskan:

  • Sebisa mungkin jenis dan ukuran memori sama atau mirip, kalau berlainan kemungkinan besar tidak akan bisa.
  • Motherboard anda tidak mendukung Dual atau Triple Channel, cek buku manual motherboard tersebut.
  • Ubah slot memori terpasang pada posisi 1 & 3 atau 2 & 4, ini kadang diwajibkan oleh beberapa tipe motherboard sehinga hanya bisa aktif bila RAM terpasang di kombinasi slot tertentu.

Kalau anda tidak berani membongkar PC atau laptop anda maka serahkan pada yang ahli di toko langganan anda.

169 pemikiran pada “Cara mengetahui berapa channel RAM aktif dengan CPU-Z”

    • Halo Yore, ya tinggal pasang sih mas. Yakin motherboardnya mendukung DDR3L? Kalau ga bisa rusak lho mas, walaupun tidak langsung.

  1. Hai mas chandra salam kenal saya pengunjung baru.

    Saya mau nanya nih lepi saya acer 4739 Intel Core i3 Arrandale. Ram bawaan
    Kingston DDR3 2GB PC3-10700. Kalo saya mau upgrade ke CORSAIR 4GB DDR3 PC-12800
    bisa gak ya mas? apa saya upgrade ke PC-10600 aja ya?

    oh iya satu lagi os saya masih 32 bit tapi procie dukung sampe 64 bit. menurut mas saya upgrade dulu os saya apa upgrade ram lebih dulu ya mas? terimakasih

    Balas
    • Halo Arif, bisa sih mas tapi nanti RAM satunya ikut frekuensi yang lebih rendah. Sama saja menurut saya, mungkin setelah upgrade saja sekalian.

  2. Mas, mau tanya, klo mau memasang laptop beda kapasitas bahaya gk ya ?
    laptop saya saat ini memliki ram 4gb (2gb + 2gb –> keduanya PC10600), saya ingin beli ram yang 8gb dengan PC12800. Pertanyaan saya:
    1. bisakah dipasang pada leptop saya dengan asumsi 2gb + 8gb? (dengan kata lain menjadi 10gb)
    2. Bahayakah jika memasang ram berbeda kapasitas jauh serperti itu ?
    3. saya minta saran, sebaiknya mana yang saya harus pilih, antara membeli sekeping ram 8gb kemudian digabungkan dengan ram 2gb sehingga kapasitas ramnya menjadi 10gb, ataukah lebih baik saya membeli sepasang memory dual channel 8gb(4gb+4gb) jadinya ram’a hanya 8gb? jika ada plus minusnya, saya berharap pencerahannya..

    terima kasih sebelumnya.
    _riski_

    nb : laptop yang saya gunakan saat ini lenovo thinkpad x220, i5, ram 4gb

    Balas
    • Halo Riski,
      1. Bisa saja mas. Windowsnya 64bit kan?
      2. Frekuensinya turun ikut yang terendah mas. Jadi nanti sama – sama PC10600 supaya sinkron kerjanya.
      3. Saya belum ngecek laptopnya, tapi apa memang ada dual channelnya? Belum tentu lho. Soal mana yang lebih baik… saya lebih suka yang kembar sih, jadi 4+4. Tapi menggunakan kapasitas yang timpang selama ini belum ada masalah: 1+4 dan 2+4.

  3. ma, ram asli pc saya 2gb kingston lalu saya upgrade ke corsair vengeance 4gb (per keping 2gb), MOBO sya ada 2 slot tapi kenapa yang kedetect cuma 2 gb aja.. mohon bantuannya

    Balas
    • Ini bukan karena DDR3 dan DDR3L kan mas? Sebisa mungkin pakai yang kompatibel.

      Dan mas ngecek kedetek ini darimana? Pakai Windows apa?

  4. Halo agan ane mau nanya nih,kenapa di CPU-Z Tab SPD tidak terbaca Spesifikasi Ram ane ya? mau di slot 1 atau slot 2 tetap tidak nongol semua
    Laptop ane HP AF 109 AX
    Nah klo ane mau nambah RAM tinggal cocokin aj kan ya gan,misal aen pake DDR3 berarty tinggal cari yang DDR3 gitu kan? makasih gan

    Balas
    • Halo Andrie, berarti butuh aplikasi yang lebih detail untuk mendeteksinya mas. Atau mas baca BIOS juga bisa. Saya rekomendasikan HWINFO untuk tahu lebih dalam spesifikasi hardware yang terpasang mas.

      Betul mas, tinggal cari kembarannya saja.

  5. laptop saya asus k34sd, waktu saya cek di cpu – z, memory channel # = single. pertanyaan saya :

    1. berarti yang berkerja di memori saya cuma single ram?
    2. mungkinkah dia diaktifkan dual chanelnya?
    3. saya pernah pasang 2 keping ram hyundai tech pc 10700 bersamaan, jalan dan terdetect 4Gb disana di dxdiag, tapi maximum ram yang bisa proses hanya 1.86Gb (berarti hanya dipergunakan 1 keping saja). mungkin kah ada cara untuk mengaktikan keping yg kedua?

    terimakasih sebelumnya

    Balas
    • Betul mas, berarti dideteki cuma single channel. Di BIOS ada opsinya tidak mas? Bisa jadi nasibnya seperti laptop saya yang keluaran tahun kemarin (HP 14 af118au) yang slotnya ada 2 tapi BIOSnya cuma dukung single channel. Ini VGAnya onboard mas? Biasanya dipakai dulu 1GB buat VGAnya.

  6. Siang mas, Laptop saya Asus K42F, saat ini terpasang RAM 1GB DDR3 PC 10700 DRAM Freq 531Mhz Channel single (menurut informasi CPU-Z) slot ram ada 2 yang terpasang 1 keping. Saya mau upgrade ram dan membeli ram DDR3L V-gen 4gb PC 10600, tapi pada saat dipasang laptop saya tidak bisa booting. udah dicoba diganti2 slot nya, dipasang sendiri tetap tidak mau booting. intinya setiap kali ram baru terpasang, laptop saya tidak mau booting. Apa yang salah ya mas? apakah karena DDR3L ? thx

    Balas
  7. mas mau nanya, saya punya laptop asus x45c (RAM 2GB DDR3 9:9:9:24). Rencana saya mau upgrade RAM. Saya bingung membaca spesifikasi RAM, RAM apa yang harus saya beli agar kompatibel dengan laptop saya? mohon rekomendasinya. Trims

    Balas
  8. Selamat pagi mas…….
    Saya mau tanya mas, rencana saya mau pasang ddr3 dual chanel, sedangkan saya punya 3unit ddr3 yg sama jenis merek & tipenya, jika di pasang bersamaan bagaimana ya mas?
    Apakah fitur dual channelnya bekerja?atau semua jadi single?
    Terus apakah berpengaruh dengan kinerja jika dipasangkan ketiganya, solusinya bagaimana mas?terima kasih

    Balas
    • Mas lihat dulu di manual mobonya. Dual Channel itu aktif pada slot berapa saja, biasanya 1-3 atau 2-4. Yang mas pasang pada slot ini akan jadi dual channel. Begitu mas menambahkan 1 lagi biasanya jadi Flex mode atau Triple channel tergantung support mobonya.

  9. Mas saya pake vgen 1600 mhz 8 gb dual channel harusnya kan di nb frekuensi di cpuz 3200mhz kan tp kok malah 1600mhz doank pas liat di channelnya dah ketulis dual

    Balas
  10. gan saya masih gagal paham soal dual channel, misal; laptop saya 2gb single channel untuk menjadikan dual channel caranya gimana?
    thanks

    Balas
    • Syarat paling utama laptopnya harus support dual channel mas.

      Untuk jadi dual channel tinggal tambahkan RAM dengan kapasitas dan spesifikasi minimal 2 GB lagi, jadi ad 2 keping terpasang.

  11. mas, slot memory ram pc saya kan ada 4 warnanya merah-putih, merah-putih. sekarang ram yang terpasang masing2 2gb di slot merah-merah. bisa ngga kalo misalkan saya nambah lagi masing2 2gb di slot yang warnanya putih-putih itu? thanks.

    Balas
  12. Halo mau tanya, RAM PC saya sekarang 2GB PC3-10700. Dan saya mau upgrade dengan beli RAM 8GB Single Channel. Tapi yang PC12800 karena yang PC10700 udah tidak ada. Kira-kira work gak di PC saya?

    Balas
  13. Mas tanya dong.
    Saat ini ram saya memiliki spesifikasi RAM DDR3L 4GB 1Rx8 PC3L-12800S 11 – 12 – B4. Saya ingin mengupgrade ram laptop saya dari 4GB menjadi 8GB. Nah untuk dapat mengaktifkan fitur dual channel apakah saya harus:
    1. Membeli 1 keping ram yang spesifikasinya identik dengan ram yang saya punya? Namun apakah dengan cara ini fitur dual channel akan aktif?
    2. Membeli 1 pasang (2 keping ram) kit yang sudah terjual? (Membeli ram yang dual channelnya pasti aktif)

    Balas
    • Sekarang untuk dual channel tidak sestrict dulu mas, asalkan spesifikasinya sama bisa aktif kok walaupun beda merek. Bahkan ada motherboard tertentu yang beda kapasitas memori bisa mendukungnya juga.

      Sekarang tinggal yakinkah laptop masnya support dual channel? Soalnya ada yang ternyata tidak.

  14. Gan kalo gini fitur dual-channel sudah aktif kan ?
    DDR3L Ramaxell 2GB PC 12800 + DDR3L V-Gen 4GB PC 12800

    tapi baca” di internet spesifikasi nya harus identik. Nah disini hanya beda size saja (4+2) selebihnya semua sama biarpun beda pabrikan. Tp pas cek CPU-Z msk tab memory tertera “dual”

    Trus lihat disalah satu forum ada istilah asynchronous/asymmetric dual-channel, kt nya sih itu kalo beda kapasitas jd dpt itu, jadi istilahnya gk real dual channel

    mohon pencerahannya 🙂

    Balas
  15. Hallo mas, saya punya pc, Processor AMD A6-6400K. Untuk saat ini ram nya DDR3 4gb #single. saya pakai windows 7 ultimate. Dan saya mau pasang jadi #dual Ram kira2 upgrade ke 8gb atau 16gb bisa gak gand?

    Balas
  16. Hallo Mas, sya mau nanya bagaimana cara mengetahui apakah laptop kita sudah support dual channel atau belum? Saya msih ragu untuk Upgrade ram ke dual channel.

    Balas
  17. kalau saya ada laptop hp pavilion 14 – v039TX
    ram yang digunakan di SLOT 1
    8 GB PC3-12800 (800 mhz) DDR3L merk corsair tertulis Ranks dual di CPU-Z
    SLOT 2
    4 GB PC3-12800 (800 mhz) DDR3L merk hyundai tertulis Ranks single di CPU-Z

    apa itu artinya dual channel nya hanya di slot 1 ?

    mohon dijawab by email
    [email protected]

    Balas
    • Mas, laptopnya ada slot RAM lain tidak? Kalau di PC ini biasanya minta slot 1+3 atau 2+4 biar bisa jalan dual channel.

  18. mas admin yg baik,,mau nanya nih. laptop saya acer e5-475G. sudah terpasang ram 4GB DDR4. Pertanyaan saya:
    1. lebih baik mana performanya antara sy upgrade ram nya jadi 8GB (4+4) atau 12GB (4+8), mengingat kapasitas yg 12 GB tidak sama, yg satu 4Gb dan yg satunya 8 GB.
    2. Apakah fitur dual channel akan berfungsi bila dua keping Ram yg saya gunakan berbeda kapasitasnya?
    3. Bolehkah memakai 2 keping ram dengan merk yang berbeda walopun kapasitasnya sama? misal yg satu pake pabrikan Samsung dan satunya lagi pake Kingston.
    4. Untuk keperluan gaming lebih baik saya dahulukan upgrade SSD atau nambah RAM? Note: sy pakai laptop Acer E5-475G dengan pros i5 7200U Kabylake, Ram 4Gb DDR4, Vga GEFORCE 940MX GDDR5, HDD 1 TB.
    trimakasih mas atas jawabannya semoga sehat selalu..amin

    Balas
    • Halo mas Harry, maaf sangat telat balasnya.
      1. Tidak masalah mas kalau timpang gitu besar RAMnya. Kalau jaman dulu (2006an) memang masalah di dual channel, sekarang sudah tidak.
      2. Yup, bisa kok sekarang. Rata – rata sudah mendukungnya, lebih sulit menemukan rilis perangkat baru yang tidak.
      3. Ini juga sama, kalau jaman dulu memang bisa masalah. Sekarang beda merek dan beda sedikit spesifikasinya masih bisa.
      4. RAM dulu mas, lebih bermanfaat keseluruhan sistem.

  19. mas mau tanya nih, saya upgrade ram laptop 2gb(bawaan onboard 2gb), masalahnya di bios kedetect nya masih 2048mb (2gb), tapi di system properties (yg may computer kllik kanan – properties) ramnya ke baca 4gb(usable 1.44gb), kenapa ya? mohon info nya gan

    Balas
  20. Mas sy mau tanya, kemarin sy membeli ram DDR2 2GB PC- 5300 Merek Kingston untuk upgrade memori di laptop saya acer ASPIRE 4732Z setelah sy pasang di slot dua ternyata di BIOS setelah sy cek tetap aja 1GB dan begitu juga sama di my computer proferti, tetapi sy cek di CPUZ memori terbaca 3GB namun chanel terbaca single channel..sy menggunakan Os window ultimate 32bit Mohon pencerahan dan solusinya mas, .. Semoga tuhan membalas kebaikan mas tksh.

    Balas
  21. Mas. Mau tanya, laptop saya ramnya ddr3 pc-10600 533mhz, nah saya mau tambahin ram yg max. bandwithnya sama, 10600 jg tp mhznya lebih tinggi, yaitu 1333mhz. Nah nanti bakal ngikut ke 533mhz atau 1333mhz nih kecepatannya, berhubung bandwithnya sama om. Mohon jawabannya…

    Balas
  22. Mau tanya.
    Laptop saya Chipset HM67 memiliki 2 slot RAM.
    Prosesor Core i7 2960XM.
    Prosesor tersebut punya spesifikasi maksimum RAM 32GB DDR3 1600/PC-12800.
    Maksimum channel nya 2
    Pertanyaannya, kenapa banyak artikel yang menyebutkan bahwa RAM dengan spesifikasi 1x16GB tidak dapat digunakan pada prosesor gen-2?? Minimal harus gen-5 ke atas.
    Padahal di web resmi ark.intel.com prosesor tersebut menyatakan sanggup untuk RAM hingga 32GB.
    Dengan 2 slot RAM yang dimiliki bukankah memungkinkan untuk menggunakan seluruh resource jadi 2x16GB???
    Terima kasih.

    Balas
  23. bang mau nanya…..saya lgi mau nambah ram tapi ram yang dulu satu keping team elite plus 2 gb ddr3,trus saya mau nambah lgi ram tpi yang 4 gb ddr3 juga..untuk spd ram nya nanti bakal di samain 1600 mhz,apakah berpengaruh terhadap kinerja pcnya?

    Balas

Tulis komentar...