Mengetahui codec apa yang dibutuhkan untuk memainkan video dengan GSpot

Banyaknya jenis format video dan kombinasi codec (Compressor Decompressor) yang dibutuhkan untuk memainkan video tertentu bisa membuat kita bingung dalam usaha memutar video tersebut. Apalagi kalau format video tersebut tidaklah standar, yang biasanya menggunakan codec yang tidak umum juga.

Walau aplikasi video player semacam SPlayer bisa memainkan hampir semua jenis format video, tentu akan memiliki keterbatasan bila codec yang digunakan sangatlah eksotis. Disinilah letak peran software bernama GSpot Codec Information Appliance ini, aplikasi dengan nama yang provokatif ini fungsinya adalah mengenali codec yang diperlukan untuk memutar suatu video dan memberi tahu apakah komputer anda memilikinya.

Cara menggunakannya cukuplah mudah, masukkan saja video yang ingin diketahui informasi codec yang digunakan melalui File > Open atau tarik saja filenya ke aplikasi GSpot.

gspot-codec

Container adalah format yang menggabungkan file video dan audio menjadi satu, dan ini bisa bermacam – macam – yang umum digunakan seperti AVI, MKV, OGM, WMV, MP4 dan sebagainya. Informasi mengenai codec video yang digunakan akan ditampilkan di bagian sebelah kanan, dan apakah komputer anda memilikinya. Sedangkan informasi mengenai code audio yang digunakan terletak di bagian bawah, anda bisa melihat apakah anda juga memiliki codecnya.

Bila anda penasaran dengan apa video tersebut dibuat, perhatikan pada bagian User Data/Metadata. Biasanya aplikasi pembuat video akan meletakkan informasinya disini.

Kalau anda tidak bisa memainkan video tersebut bisa saja karena codec yang diperlukan tidak terinstall. Sekarang anda telah mengetahui secara spesifik codec apa yang digunakan video tersebut dan tinggal mencarinya berdasar nama codec yang dibutuhkan tersebut untuk memutar video.

Tulis komentar...