Mengetahui isi DNS cache Windows

Saya dulu sudah pernah membahas bagaimana cara melihat isi DNS cache di Windows, tapi ini menggunakan command prompt dan membaca hasilnya bisa membingungkan kalau tidak terbiasa. Fungsi DNS cache sendiri adalah supaya Windows tidak menanyakan lagi ke DNS server apa alamat IP dari website yang ingin anda akses sehingga akan terasa lebih cepat membukanya.

Efek samping dari fitur ini adalah kita bisa melacak situs apa saja yang telah dikunjungi pada komputer tersebut walaupun history browsingnya telah dihapus bersih. Ini dikarenakan DNS cache Windows akan disimpan sampai ada update atau secara manual dibersihkan isinya. Jadi cara ini bisa lebih akurat dan terjamin dalam mengetahui aktivitas online penggunanya.

Kembali ke fokus pembicaraan, supaya lebih mudah memahami apa isi cache DNS di komputer anda bisa menggunakan program DNS Data View yang juga bisa digunakan untuk mengecek data DNS record dari suatu nama domain. Tapi kita tidak memanfaatkan fitur utamanya. Melainkan dari jendela utama programnya klik File > Load Windows DNS Cache.
dns-data-view-load-windows-dns-cache

Nanti akan muncul daftar nama domain yang telah dimuat oleh komputer tersebut dan jenisnya, baik melalui browser atau aplikasi yang membutuhkan akses internet.
dns-data-view-windows-dns-cache
Anda bisa menyimpan seluruh hasilnya dalam file teks atau HTML untuk diarsipkan untuk dicek kemudian hari. Cara ini lebih mudah, cepat dan praktis dalam membaca isi DNS cache Windows dibandingkan menggunakan command prompt.

Semoga bermanfaat.

Tulis komentar...