Cara cek DNS Record nama domain

Kita sudah tahu bahwa dalam nama domain terdapat berbagai macam DNS record yang dibedakan fungsinya, dan setiap kali kita mengubah isinya akan ada waktu propagasi data sehingga data terbaru akan ada jeda sesaat. Tapi apabila kita ingin mengetahui apa saja DNS record yang ada pada suatu domain tidak perlu mengeceknya satu per satu karena sudah satu tool kecil yang cocok.

Ya, saya ingin memperkenalkan salah satu program kecil yang sering saya gunakan untuk melihat apakah catatan DNS yang telah saya buat telah aktif dengan benar dan isinya juga sudah tepat. Namanya adalah DNS Data View, cukup anda jalankan tanpa perlu melakukan instalasi. Kemudian isikan nama domain yang ingin dicek data DNSnya. Kemudian pilih jenis DNS record yang ingin dilihat seperti A, NS, MX, AAAA, CNAME, SOA, TXT, PTR, dan SRV. Jika sudah klik saja OK.
dns-data-view-select-domains
Secara opsional juga bisa kita isikan alamat IP dari DNS servernya, ini untuk memastikan proses propagasi data terbarunya sudah tersebar ke DNS server tersebut.

Maka data DNS record yang ada pada nama domain tadi akan muncul. Kalau isinya cuma website saja maka minimal akan ada 1 jenis yaitu A record seperti dalam gambar.
dns-data-view

DNS Data View merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk mendiagnosa masalah pada website yang tidak bisa diakses karena salah setting DNS record atau hanya ingin mengecek saja apakah seluruh DNS record konfigurasinya sudah tepat.

Tulis komentar...