Mengetahui kapan dan berapa lama komputer hidup dengan PC On/Off Time

Menggunakan komputer memang kadang tidak terasa menghabiskan waktu berapa lama dan saya yakin kebanyakan dari kita sudah memanfaatkan komputer setiap hari entah untuk kerja atau bermain game. Mau tahu mulai kapan dan berapa lama komputer tersebut aktif?

Informasi waktu komputer dinyalakan dan dimatikan juga berapa lama penggunaannya bisa berguna bagi anda yang ingin membatasi akses komputer, entah karena alasan kesehatan, penghematan listrik atau mencegah penggunaan internet yang negatif secara berlebihan. Atau… anda ingin tahu apakah ada orang lain yang menggunakan komputer tanpa sepengetahuan anda.

Anda bisa mencoba PC On/Off Time untuk melacak penggunaan komputer anda, aplikasi gratis ini berukuran kecil (tidak sampai 1 MB) dan bersifat portable sehingga tidak perlu diinstall – cukup jalankan saja programnya. Anda akan langsung disuguhi grafik kapan komputer dinyalakan dan dimatikan, dan berapa lama penggunaannya.
pc-on-off-time

PC On/Off Time akan menampilkan penggunaan selama 3 minggu terakhir, tanggalnya bisa dilihat di kotak di bagian kiri grafik.
pc-on-off-time-date

Informasi mengenai jam bisa dilihat pada baris paling atas.
pc-on-off-time-hour

Sedangkan berapa lama PC nyala dalam 1 hari akan ditampilkan di kolom paling kanan.

pc-on-off-time-duration

Akhirnya total berapa lama (dalam jam) PC tersebut aktif dalam 3 minggu dan juga rata – rata lama penggunaannya setiap hari.

pc-on-off-time-total-daily-average

Tampaknya penggunaan komputer saya termasuk tinggi, rata – rata 14 jam setiap harinya.

Cara membaca grafiknya tidaklah sulit, arahkan kursor ke grafik batang mana saja dan akan muncul informasi dari jam berapa sampai jam berapa komputer hidup.

pc-on-off-time-usage-graph

Kalau terdapat warna abu – abu pada grafiknya itu menandakan komputer dalam keadaan standby.

pc-on-off-time-gray

Sedangkan warna merah berarti komputer mendadak mati dan restart.

pc-on-off-time-red

Bagaimana? Cukup mudah kan penggunaan PC On/Off Time. Anda sekarang bisa memantau penggunaan PC dengan mudah berkat bantuan software ini. Aplikasi ini sebenarnya juga mampu mengetahui tingkat penggunaan komputer lain dalam satu jaringan, mungkin anda juga membutuhkan fitur ini.

Tulis komentar...