Cara mengetahui kapasitas Harddisk lewat command prompt

Pada salah satu komputer kantor yang agak sedikit bermasalah di Windows Explorernya saya butuhkan informasi kapasitas harddisk yang terpasang. Jadi dari nilai kapasitas HDD maksimal dan saat ini terpakai berapa. Dan terpaksa melihatnya lewat command prompt lewat System Recovery.

Dan caranya sendiri sungguhlah mudah. Anda tinggal aktifkan cmd kemudian masuk ke tool manajemen storage Windows yang bernama DiskPart. Ketik saja diskpart dan ENTER. Tunggu sesaat sampai bisa mengetikkan perintah selanjutnya.

cmd-diskpart-list-disk

Kemudian untuk menampilkan seluruh media penyimpanan yang terpasang ketikkan perintah list disk. Ikuti gambar diatas kalau bingung. Dan hasilnya pada komputer saya dideteksi ada 2 harddisk terpasang. Sudah cukup jelas karena ditampilkan dalam bentuk tabel statusnya, ukuran disk, berapa GB yang kosong, dan tipenya apakah Dynamic atau tidak.

Tapi DiskPart ini tidak hanya digunakan untuk melihat harddisk/SSD yang terpasang saja. Kita bisa melakukan format ke filesystem lain kalau diperlukan seperti FAT atau NTFS. Bisa juga memberi label drive baru seperti drive K dan L. Menghapus partisi juga bisa. Apalagi mengatur ukuran partisinya. Karena itu anda harus berhati – hati dalam menggunakannya, salah – salah nanti kena format harddisk anda semuanya. Gunakan seperlunya saja.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...