Mengetahui penyebab dan solusi Error (509) di Dropbox

Jika link file yang dishare Dropbox bermasalah atau anda pada saat sedang ingin mengunduh file tersebut tidak bisa diakses dengan pesan Error (509), apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi error dari Dropbox ini?

Pesan kesalahan ini secara lengkap sebagai berikut :

Error (509)
This account’s public links are generating too much traffic and have been temporarily disabled!

dropbox-error-509

Arti dari error diatas adalah bahwa file yang dishare tersebut memiliki traffic yang sangat tinggi sehingga kuota bandwidth dari akun Dropbox telah habis dan dimatikan sementara. Kode error yang digunakan Dropbox diadaptasi dari kode error HTTP 509 Bandwidth Limit Exceeded yang memiliki fungsi yang sama.

Batas bandwidth Dropbox

Setiap akun gratis Dropbox memiliki jatah bandwidth sebesar 20GB per hari, ini berlaku total untuk seluruh link yang anda punyai. Sedangkan untuk versi Pro dan Business batas kuotanya adalah 200GB per hari.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengupgrade akun Dropbox untuk meningkatkan batas bandwidth traffic Dropbox, tapi cara ini berbayar. Kalau pemilik akun Dropbox tidak ingin membayar maka tidak banyak yang bisa dilakukan.

Cara kedua untuk akun gratis Dropbox yang bisa dilakukan bila menemui pesan error ini adalah menunggu sampai esok hari atau tiga hari bila ini pesan pertama yang dialami oleh si pemilik akun Dropbox, atau mencari lokasi alternatif tempat penyimpanan file yang lebih besar jatah bandwidthnya.

Mengetahui statistik akses link publik Dropbox

Kalau anda penasaran bahwa link file Dropbox yang dibagikan memiliki traffic yang tinggi, ada cara yang bisa anda lakukan tapi hanya berlaku untuk link yang baru atau anda memodifikasi link yang dishare sebelumnya dengan yang baru.

Gunakan layanan pemendek url dari bitly untuk link Dropbox yang dishare, kelebihan dari url shortener bitly adalah anda bisa melihat informasi dan statistik dari link pendek tersebut tanpa perlu mendaftarkan akun baru. Jadi anda bisa mengetahui seberapa populer file yang dishare tersebut tanpa perlu repot.

bit-ly-link-info-stats-overview

Bila anda merasa link Dropbox anda dimatikan dengan alasan yang tidak jelas atau anda tidak menerima email peringatan, sebaiknya anda membuat support ticket di Dropbox dan utarakan masalah anda. Respon mereka biasanya dalam satu sampai tiga hari kerja.

Tulis komentar...