Mengetahui penyebab komputer mati mendadak dan solusinya

Komputer tiba – tiba mati saat bermain game, kejadian ini baru saja menimpa saya. Walau setelah itu dinyalakan kembali tampaknya normal, tapi kalau dipakai bermain beberapa jenis game akan terulang kembali. Kalang kabut tentunya kalau sampai ada kerusakan pada hardware, selain merepotkan juga bisa jadi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Matinya komputer secara mendadak tidak dibatasi pada saat bermain game, tapi bisa juga terjadi saat penggunaan komputer normal. Setelah berusaha mencari apa penyebab dan juga solusinya yang akan saya tuliskan dalam artikel ini.

CPU oh CPU…

Mayoritas penyebab komputer yang mati mendadak di tengah penggunaan adalah masalah panas atau suhu prosesor yang berlebihan. Panas ini bisa berpengaruh pada suhu CPU atau GPU. Bagaimana anda tahu kalau panas adalah penyebabnya? Anda bisa menggunakan program CoreTemp untuk memantau suhu prosesor komputer anda.

CoreTemp

Setelah anda yakin bahwa panas adalah penyebabnya, maka anda bisa mengatasinya dengan membersihkan kipas dan ventilasi komputer anda dari debu. Gunakan kuas yang halus, lap kering, vacuum cleaner, blower atau kaleng compressed air. Bersihkan secara teliti terutama pada bagian heatsink dan kipas supaya panas dapat dengan mudah tersebar. Jika anda yakin dengan kemampuan teknis anda, silahkan ganti thermal paste pada socket prosesor anda.

Memory? Bisa saja.

Penyebab kedua adalah kerusakan pada bagian tertentu RAM, hal ini hanya akan muncul bisa bagian tertentu pada memori diakses oleh sistem operasi. Cara mengujinya adalah dengan melepas salah satu modul RAM bila terdapat lebih dari satu dan gunakan komputer seperti biasa. Kalau tidak ada masalah berarti modul memori yang sedang anda tidak gunakan bermasalah. Anda juga bisa menggunakan program untuk menguji modul RAM anda, yaitu memtest86.

Harddisk… Jangan sampai deh.

Penyebab lainnya adalah adanya kerusakan pada harddisk anda, bila rusaknya harddisk disebabkan oleh panas yang berlebihan anda bisa menggunakan DiskAlarm untuk memantaunya. Tapi kalau kerusakan bukan karena suhu, anda bisa melihat data harddisk anda dengan program CrystalDiskInfo? untuk memantau informasi SMART dari harddisk anda.
crystaldiskinfo

Power Supply? Yang penting data tidak hilang.

Kalau komputer anda langsung mati dan tidak dapat dinyalakan kembali, maka masalah terdapat pada power supply unit komputer anda. Solusinya ganti dengan PSU yang baru, juga perhatikan watt dari PSU sudah mencukupi kebutuhan komputer anda. Demikian beberapa penyebab komputer mati mendadak, semoga artikel ini membantu anda.

15 pemikiran pada “Mengetahui penyebab komputer mati mendadak dan solusinya”

  1. bos cpu saya mendadak mati tp lampu stanby masih nyala tau-tau mati aja dan setiap kali aku coba nyalakan hanya tombol power aja yg nyala itu disebabkan apa??? trimakasih

    Balas
    • Halo Anas, ini tampaknya antara:
      1. PSU anda sudah rusak sehingga daya yang masuk kurang “ngangkat”.
      2. VGA rusak.
      3. RAM rusak.
      4. Kadang terlewat tapi monitor rusak juga bisa.

      Biasanya sih saya coba pinjam komponen – komponen diatas dari PC lain, milik teman kalau tidak ada. Jadi langsung tahu masalahnya dimana.

  2. PC bs mati sendiri bila yang rusak motherboadnya mungkin kerusakan pada Southbridge atau pun Nothbridge nya bermasalah, paling sering kerusakan pada ELCO klo malasah teganggan arus lisitrik

    Balas
  3. gan konsul dong
    spec cpu ane
    i5 2400 heatsink maelstrom watercool
    mbo ics h61
    gtx 1060 6 gb
    ram 8
    psu corsair cx600 bronze
    monitor lg ultrawide lg 34
    hdd longgar jaya
    stavol 1000 wat
    ? saat mail game awlanya lancar,5 bulan, setelah itu main game homefrontevolution,tiba2 monitor no signal..cpu ttp nyala?
    udah dibbongkar?
    ganti pasta cpu dan vga
    bersihakan slot ram dan vga
    bersihkan psu
    instal win 7 ulang dan drivernya
    tetep masih monitor no signal,,saat angkat game berat,,saat awal nyala bisa lancar muter mp3 dan film, cuma kalau buat game berat langsung monitor no signal cpu nyala?kipas vga tiba2 kenceng??

    Balas
    • Ventilasi/kepanasan itu mas. Coba solusi primitif: Arahkan kipas angin duduk ke dalam casingnya, sisi sampingnya lepas saja.

    • saya punya masalah ke gitu juga gan
      tp saya cek temperaturny rata 50 derajat

      spec ane
      gtx 1060 oc armor 6gb
      ryzen 7 1700
      ram 16
      psu seasonic 650w gold
      monitor lg ultrawide
      ssd toshiba 256
      tanpa stavol

    • Suhu motherboard atau RAM/GPU/CPU mas? Beda – beda soalnya.

      PSU juga kuat? Maksud saya mungkin sudah bermasalah.

      Sudah coba pakai kipas angin duduk?

  4. gan..laptop jadul ane knapa gak bisa instal game apapun yah,bahkan game we09 aja gak mau tampil di layar hitam semua layar nya..laptop ane hp compaq nc 6400,procie core to duo 2.0ghz ram 2 gb ddr3, hdd80gb mau instalasi software ppspp pun gak bisa…mohon solusi nya pliss…soal nya mo upgrade ke spek yg lebih tinggi pun gak ada dana…trims sebelum nya

    Balas
    • Layar hitam ini masih hidup mas? Ya kemungkinan kena di VGAnya, sudah install drivernya?

      Coba jalankan di safe mode bisa? Pakai Windows apa?

  5. mas… mau tanya. komputer tiba2 mati, tapi kipas procie masih putar. semua komponen, seperti PSU, Ram, HDD, VGA, bahkan baterai CMOS udah ganti baru. tapi masalahnya tetap sama. dihidupkan, kemudian mati lagi. kenapa ya mas? mohon pencerahannya. saya pakai mobo biostar a55ml2 fm2, procie a4 5300. apakah masalahnya ada pada procie? atau mobo?

    Balas
  6. mass pc sayaa kadang tiba tiba saat mainn terus kadang kipas fan motherboard mati tapi kipas supplyy hidup itu apanya mass, monitol juga no signal

    Balas
  7. Bro, pc ane tiba2 aja mati saat main pes 2018, sebelumnya sih aman2 aja, kalau di coba main game lain aman bro..
    Udah coba install ulang gamenya sama aja.
    Mohon pencerahannya dong..

    Balas

Tulis komentar...