Mengetahui peringkat situs universitas di Indonesia dengan Webometrics

Penasaran ingin tahu berapa peringkat (ranking) dari situs universitas anda di dunia? atau dibandingkan dengan website – website universitas lain di Indonesia? Anda bisa menemukan semua itu di Webometrics yang merupakan situs ranking website universitas, sekolah tinggi atau institusi pendidikan tinggi dari seluruh dunia.

Webometrics bukan ranking desain website universitas, melainkan sistem penilaian performa website universitas di internet. Korelasinya adalah dengan seberapa populer institusi pendidikan tersebut. Semakin tinggi berarti akan semakin dikenal secara global di internet.

Anda bisa melihat seluruh informasi ranking universitas dimulai dari halaman utama Webometrics, silahkan pilih benua terlebih dahulu dan setelah itu pilih negaranya.

webometrics

Kalau anda ingin langsung melihat data mengenai institusi pendidikan di nusantara, pilih saja Indonesia.
webometrics-indonesia-ranking

Ada 4 sistem penilaian yang menentukan berapa peringkat situs universitas:

  • Presence Rank – Jumlah halaman website yang diindex Google dan search engine lainnya.
  • Impact Rank – Dihitung dari berapa banyak link yang menuju domain universitas. Digunakan untuk menilai konten yang berkualitas. Menggunakan bantuan MajesticSEO dan ahrefs.
  • Openness Rank – Seberapa terbukanya universitas tersebut membuka penelitiannya. Setiap file dokumen (.doc, .docx, .xls, .xlsx, .ppt, .pptx, .pdf, dan sebagainya) yang bisa diakses melalui internet dan apakah ada repository khusus untuk memudahkan pencarian. Menggunakan bantuan layanan Google Scholar.
  • Excellence Rank – Dinilai dari kualitas jurnal ilmiah dan penelitian yang dilakukan institusi pendidikan tersebut.

Bila anda ingin mengetahui detail dari setiap universitas di Webometrics, klik saja icon >> yang terletak pada kolom Det. (Detail). Dalam contoh adalah Universitas Gadjah Mada.

webometrics-universitas-gadjah-mada

Sistem ranking Webometrics akan diupdate setiap bulan Januari dan Juli, kalau nama universitas anda belum ada maka daftarkanlah. Jangan sampai kalah bersaing dengan website institusi pendidikan lainnya.

2 pemikiran pada “Mengetahui peringkat situs universitas di Indonesia dengan Webometrics”

    • Tidak mas Adi, ini hanya untuk melihat seberapa populer atau reputasi dari situs resmi pendidikan tinggi di internet.

Tulis komentar...