Mengetahui program yang telah dijalankan di Windows

Di kantor saya ada larangan untuk menjalankan program selain yang digunakan untuk kerja, jadi game dan program chatting misalnya jelas tidak diperbolehkan. Kalau kita tidak bisa memblokirnya maka alternatifnya kita harus mengecek program apa saja yang telah aktif sebelumnya.

Karena Recent Files sudah saya matikan maka harus mencari cara lain, dan seperti biasanya untuk mencari tool semacam ini memang NirSoft menyediakannya. Ya, kita tinggal menggunakan aplikasi yang bernama ExecutedProgramsList. Saat anda menjalankannya maka akan dijalankan proses deteksi dan akan muncul daftar program yang sebelumnya dijalankan, jadi anda bisa melihat history dari seluruh aplikasi yang telah dibuka.

executedprogramslist

Anda bisa mengetahui apa nama programnya, dimana lokasinya, kapan dijalankannya, berapa ukuran filenya, versi program dan sebagainya. Secara default hasilnya akan diurutkan berdasarkan lokasi programnya.  Oh ya, isinya juga akan bercampur antara yang dijalankan pengguna komputer dengan yang dijalankan otomatis oleh Windows, jadi harus diperhatikan secara seksama.

Jadi data yang ditampilkan oleh ExecutedProgramsList cukup lengkap dan ternyata data ini tidak bisa dibersihkan menggunakan program pembersih file sampah di Windows seperti CCleaner, tapi kita bisa mengaksesnya secara manual melalui registry.

Tulis komentar...