Mengganti lokasi penyimpanan Windows Photo Gallery

Salah satu user di kantor masih secara rutin menggunakan Windows Photo Gallery untuk mengelola gambar dan foto di PCnya. Ada satu pertanyaan yang masuk soal lokasi penyimpanan untuk Original Images yang kurang bersahabat. Defaultnya ada di C:\Users\[nama_user]\AppData\Local\Microsoft\Windows Photo Gallery\Original Images. Intinya ingin mengganti lokasinya supaya mudah diakses.

Sebenarnya shortcut ke folder diatas sudah bisa menjadi solusi. Tapi tampaknya kurang cocok karena kapasitas drive C sudah kritis jadi ingin mengganti secara default sekalian kemana menyimpan gambarnya. Dan ini setahu saya tidak ada settingnya dalam aplikasi Photo Gallery.

Setelah mencari – cari alternatifnya ternyata bisa walaupun tidak sejelas itu. Kita bisa secara manual mengubahnya dengan membuka folder C:\Users\[nama_user]\AppData\Local\Microsoft\Windows Photo Gallery\ dan cari folder yang bernama Original Images dan klik kanan.

Pada menu yang muncul pilih Properties, nanti akan ada tab Location. Klik Move… untuk memilih dan memindahkan tempat gambar – gambar olahan Windows Photo Gallery akan disimpan. Selesai.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...