Menghapus file dengan ekstensi tertentu secara massal di Windows

Kasusnya kali ini dalam satu folder tidak sengaja tercopy ribuan file JPG dan saya ingin membersihkan isinya karena telah tercampur. Memilih satu per satu walaupun bisa dipilih secara massal memang mudah tapi agak repot saja. Ada resiko salah menghapus file penting lainnya tapi. Untungnya bisa dengan mudah dibedakan berdasarkan ekstensinya. Tapi kalau ada cara yang praktis, cepat dan mudah tentu sebaiknya digunakan bukan?

Alat yang akan kita manfaatkan kali ini hanyalah sebuah command prompt saja. Misal kita ingin menghapus file dengan ekstensi JPG tadi maka perintahnya adalah:
del nama_direktori\*.jpg
Pastikan command prompt sesinya aktif pada lokasi file yang ingin dihapus.

cmd-hapus-file-ekstensi-tertentu

Langsung jalankan saja dan prosesnya akan dimulai. Kalau banyak maka bisa agak lama baru selesai. Kalau muncul pesan Could Not Find setelah mengeksekusinya berarti file – file dengan ekstensi tersebut tidak ditemukan.

Saya ingatkan sebelum menekan ENTER agar selalu memperhatikan apakah lokasi direktorinya sudah tepat dan jenis filenya juga benar. Kalau sampai salah bisa fatal akibatnya dan nanti malah kebingungan ingin memulihkan file – file yang salah terhapus tadi.

Selesai sudah dan semua file yang berlokasi di D:\ pada folder uTekno dengan ekstensi jpg akan dibersihkan tidak bersisa. Selesai. 🙂

Oh ya, perintah ini juga bisa dieksekusi pada PowerShell. Bahkan untuk menggantikan perintah del ada alternatifnya rm karena sama – sama alias dari cmdlet Remove-Item.

2 pemikiran pada “Menghapus file dengan ekstensi tertentu secara massal di Windows”

Tulis komentar...