Menghapus riwayat browsing di Internet Explorer

Di kantor browser yang paling populer digunakan adalah Internet Explorer, ini disebabkan divisi teknologi informasi memang membatasi dan tidak bisa menginstall program tanpa seijin mereka. Yang jadi agak problematis adalah penggunaan komputer kantor untuk kepentingan pribadi, selain biasanya dilarang karena alasan keamanan juga ada resiko keamanan. Tapi kalau terpaksa ya mau bagaimana lagi, kita harus tahu bagaimana menghilangkan jejak browsing yang tersimpan di browser.

Selain penggunaan di lingkungan kerja bukan berarti dalam pemakaian pribadi kita tidak perlu melakukan penghapusan history browsing, biasanya dilakukan untuk melindungi privasi – tidak semua aktivitas online kita perlu diketahui orang lain. Walaupun tujuan dari adanya riwayat browsing ini untuk membantu kita menemukan situs yang pernah dikunjungi tapi lupa alamatnya apa.

Langsung ke fokus cerita kali ini, bagaimana caranya menghapus riwayat selancar internet kita di Internet Explorer? Silahkan tekan tombol Ctrl+Shift+Del untuk memanggil jendela Delete Browsing History, cara ini jauh lebih cepat dibandingkan alternatifnya.

internet-explorer-11-delete-browsing-history

Nah… dalam jendela ini ada beberapa opsi untuk menentukan data mana saja yang akan dihapus:

  • Preserve Favorites websites data – Menyimpan data dari website yang dimasukkan favorit.
  • Temporary Internet files and website files – File sementara dan file yang berasal dari website (gambar, audio, video) akan dibersihkan.
  • Cookies and website data – Kuki dan data mengenai preferensi website.
  • History – Riwayat browsing yang tersimpan di Internet Explorer.
  • Download History – Riwayat file yang pernah didownload.
  • Form Data – Data untuk mengisikan formulir otomatis.
  • Passwords – Menghapus password yang tersimpan di dalam browser.
  • Tracking Protection, ActiveX Filtering and Do Not Track – Data mengenai perlindungan dari pelacakan website.

Beri atau hilangkan centang untuk memilih data apa saja yang akan dibersihkan atau dibiarkan. Jika sudah yakin maka klik saja Delete dan seluruh data history yang sudah anda tentukan akan lenyap semuanya.

Tulis komentar...