Cara menghapus riwayat pencarian Instagram

Instagram merupakan layanan berbagi foto dan sekaligus media sosial yang cukup sering digunakan saat ini di Indonesia. Fokusnya memang mengabadikan momen dan berbagi ke pengikut kita. Mencari profile tertentu dan melihat hasil jepretan mereka adalah hal yang sangat mudah. Tapi semua kata – kata yang kita gunakan dalam pencarian akan dicatat dan disimpan oleh Instagram, ini berfungsi untuk mengenali minat anda dan memperbaiki akurasinya. Bagus bukan?

Akan tetapi resikonya adalah hal – hal yang anda cari dalam kotak pencarian akan muncul semuanya, kalau cuma anda sendiri yang mengeceknya sih tidak bermasalah. Namanya juga privasi. Tapi kadang yang kita cari kan tidak ingin diketahui teman, keluarga atau pacar kan? Bisa runyam nantinya.

Karena itulah ada baiknya setelah menelusuri akun orang lain dan foto – fotonya kita menghapus riwayat pencarian yang digunakan di Instagram. Caranya sendiri sebetulnya gampang, cuma agak tersembunyi saja. Saya mendemokan metode berikut menggunakan aplikasi Instagram untuk Android dengan menggunakan ASUS Zenfone 5 Kitkat (4.4.2). Dari jendela utama aplikasi Instagram langsung saja anda buka halaman profil anda (icon manusia di kanan bawah), dan tap icon Opsi (Options) di kanan atas. Bentuknya adalah tiga titik vertikal.

android-instagram-bersihkan-riwayat-pencarian

Langsung saja perhatikan di bagian paling bawah akan ada pengaturan bernama Bersihkan Riwayat Pencarian (Clear Search History). Tap saja untuk menjalankan proses penghapusannya dan akan muncul jendela konfirmasi apakah sudah yakin. Bisa anda lanjutkan dengan Ya atau sebaliknya dibatalkan.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...