Cara menghapus akun Instagram

Advertisements

Instagram merupakan layanan media sosial berbasis gambar yang nge-hype saat ini di Indonesia, dan mungkin tidak banyak yang tahu kalau ini dibawah naungan The Facebook Company juga seperti WhatsApp. Hampir di semua sektor internet ada mereka rasanya.

Dibandingkan media sosial biasa maka IG unggul dalam penyampaian informasi yang singkat karena cuma gambar, juga menarik sehingga bisa langsung dipahami. Karena itulah cocok dengan gaya hidup jaman ini. Tidak ada aksesoris aneh-aneh untuk mengkonsumsi konten, juga bisa disisipkan video singkat apabila perlu. Bisa dikatakan Instagram itu fast foodnya medsos.

Kenapa menghapus akun Instagram?

Di IG sendiri untuk memasang iklan perlu akun FB Ads, jadi dari dulu sudah berbagi data sebenarnya. Agak berbeda pada kontroversi WhatsApp dengan Facebook bisa jadi sensitif karena sifatnya ini layanan WA lebih ke komunikasi pribadi.

Jelas alasan utama untuk menutup akun IG adalah perlindungan data pribadi atau privasi, yang tidak ingin disambungkan dengan aktivitas WA dan FB. Kadang dapat rekomendasi koneksi baru dari orang yang dikenal, padahal belum follow siapa-siapa kan? Ya ini data pribadi anda sudah dibandingkan dengan akun-akun yang saling berbagi.

Tapi penyebab lain jelas tidak kalah kuatnya, seperti ada stalker yang selalu memata-matai setiap kegiatan anda. Ini bisa cuma mengganggu atau malah berbahaya kalau sampai tahu lokasi anda. Juga melihat cerita yang dishare orang lain bisa membuat kita secara tidak sadarkan diri membanding-bandingkan, ini apabila jadi motivasi bagus tapi sisi negatifnya bisa membuat iri atau down. Toxic jadinya.

Advertisements

Jadi kalau mau total privasinya, ya memang sebaiknya hapus akun IG kita. Keputusan di tangan anda.

Mau cuti atau pensiun IG?

Tergantung bagaimana kasus anda maka jawabannya adalah relatif. Instagram sama seperti Facebook memberikan fasilitas cuti, atau nonaktifkan akun sementara. Efeknya informasi profil IG, foto, komentar dan suka akan hilang. Tidak bisa dicari oleh follower anda juga. Cocok yang ingin beristirahat dari lingkungan medsos dan masih ragu untuk pensiun selamanya. Untuk mengaktifkan kembali tinggal login saja.

Cek dulu data pribadi yang tersimpan di Instagram

Sebelum memutuskan ingin diapakan akun IG anda, ada baiknya melakukan backup data yang ada disana. Nanti selain akan tahu bahwa aktivitas kita semuanya dicatat juga apa saja yang disimpan dalam akunnya.

Cara backup data Instagram

    1. Untuk aplikasi Android/Apple bisa langsung ke langkah berikut. Sedangkan lainnya perlu login ke akun Instagram via browser dulu: https://www.instagram.com/
    2. Klik pada menu di kanan atas, dan pilih Pengaturan.
    3. Geser ke Keamanan.
    4. Pilih Unduh Data. Atau bisa langsung akses link ini: https://www.instagram.com/download/request/
    5. Nanti akan diminta mengisikan alamat email untuk mengirimkan link downloadnya. Juga pilihan format salinannya, bisa HTML atau JSON.
    6. Konfirmasi password akun, cek inbox email dan tidak lama akan ada surat elektronik dengan judul Data Instagram Anda.
  1. Silahkan diunduh.

Memilih cuti Instagram

Untuk cuti pada IG maka hanya bisa lewat browser, baik komputer atau handphone bisa digunakan. Tidak ada opsinya di aplikasi. Jadi ikuti saja link di langkah panduan berikut.

Advertisements

Cara menonaktifkan sementara akun Instagram

  1. Sebelumnya bisa login dulu ke akun IG di browser, kemudian akses link ini: https://www.instagram.com/accounts/remove/request/temporary/Secara manual ada di halaman profil di Pengaturan.
  2. Kemudian pilih alasan kenapa ingin menonaktifkan akun, dan kata sandi akun IG.
  3. Klik Nonaktifkan Akun Sementara.

Sesaat setelahnya profil anda dan informasi di dalamnya akan disembunyikan. Sekali lagi, untuk aktivasi ulang tinggal login saja.

Tuntas dengan pensiun pakai Instagram

Ini adalah opsi nuklir, kalau sudah gerah segala kejadian di Instagram maka penghapusan akun permanen bisa dipertimbangkan. Sama seperti cuti, setting ini hanya bisa dibuka dari browser tidak aplikasi Android/Apple.

Cara menghapus permanen akun Instagram

  1. Buka link berikut: https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/
  2. Langsung pilih alasan anda. Dan isikan kata sandi akun IG anda.Beberapa alasan yang disediakan: Tidak dapat menemukan orang untuk diikuti, Masalah privasi, Masalah memulai, Terlalu Banyak Iklan, Ingin menghapus sesuatu, Membuat akun kedua, Terlalu sibuk/terlalu mengganggu, dan Hal lainnya. Silahkan pilih yang sesuai kondisi anda.
  3. Kemudian klik Hapus akun saya secara permanen.
  4. Dan.. selesai.

Tapi perjuangan kita tidak berhenti disini. Sistem hapus akun IG persis FB, dimana proses pemusnahan data pribadi yang tersimpan bisa mencapai 90 hari sejak diajukan. Jadi sabar saja dan tahan godaan, karena begitu kita login kembali maka akan dibatalkan otomatis proses penutupan akun IG permanen ini.

Advertisements

Tinggalkan komentar