Cara menghapus situs dari Internet Wayback Machine

Last Updated on Januari 11, 2021

Mungkin Google Cache sudah ada kenal, apabila situs yang diakses bermasalah maka tinggal kembali ke hasil pencarian dan klik cache. Tampilan halaman sesuai yang disimpan Google akan muncul. Kekurangannya hanya versi terbaru yang disimpan. Alternatifnya adalah Internet Wayback Machine yang menyimpan riwayat situs selengkap mungkin dan malah bisa dibuat browsing langsung dari arsipnya.

Nah… kasusnya kali ini konten – konten situs lama masih bisa diakses dari sana, dan oleh teman saya tidak ingin disalahgunakan. Dan aslinya solusi untuk masalah ini cukup mudah.

Cara menghapus website dari Archive.org

  1. Kita tinggal mengirimkan email ke [email protected] atau [email protected] dan dengan judul Site Removal Request: nama^domain.com. Tapi tentu saja tidak langsung minta dihapus semua kontennya, kita harus memberikan bukti memang yang memohon adalah pemiliknya dan alasannya.Kalau kesulitan menulis apa, bisa copas email yang pernah saya gunakan. Pakai bahasa Inggris tentunya, dan ini yang saya kirimkan:

    Hi Internet Wayback Machine Team, I want to request a site removal from archive.org. Here is the url: nama^domain.com and this the archive.org link: https://web.archive.org/web/*/nama^domain.com

  2. Dalam seminggu biasanya akan dibalas, ya memang ga fast response. Dan biasanya akan diminta verifikasi kepemilikan situs/domain.Paling mudah dengan sistem pembuatan konten, bisa dengan upload file TXT ke websitenya. Isikan teks berisi konfirmasi penghapusan situs dari Internet Archive. Atau membuat halaman baru dengan informasi serupa. Nanti kirimkan URLnya sebagai balasan. Alternatifnya kirim email dari domain situs anda, dan ini saya yakin ga semuanya punya atau bisa dipakai.
  3. Kalau berhasil nanti akan ada email balasan bahwa permintaan kita diproses. Seperti berikut:

    Hello,

    The site/URL referenced in your email below has now been submitted for exclusion from the Wayback Machine at https://www.archive.org:

    nama^domain.com

    Please allow up to a day for the automated portions of the process to run their course and for the changes to take effect. If you have any other questions or concerns, please let us know.


    The Internet Archive Team

  4. Sekian

Kalau dirasa kirim email itu repot bisa mencoba solusi lainnya, kita menginstruksikan ke bot Internet Archive bahwa konten kita tidak ingin diindeks bot mereka.

Cara pasif blokir konten disimpan Archive.org

  1. Buat atau edit file robots.txt pada web hosting anda. Lokasinya nama^domain.com/robots.txt
  2. Kalau kosong langsung isikan kode berikut, tapi kalau edit maka tambahkan di posisi paling bawah jadi kode yang sudah ada tidak perlu dihapus atau diganti.
    User-agent: ia_archiver
    Disallow: /
  3. Dalam waktu 2 mingguan biasanya sudah bersih konten anda di archive.org

Kurang lebih begitu dan mohon maaf bahasa Inggris saya belepotan. Tapi intinya seperti itu. Antara akan langsung dituruti permintaan anda untuk membersihkan simpanan arsipnya atau akan diminta bukti lebih lanjut. Jangan lupa gantikan nama^domain dengan domain yang ingin anda hapus.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...