Cara menghapus situs dari Internet Wayback Machine

Mungkin Google Cache sudah ada kenal, apabila situs yang diakses bermasalah maka tinggal kembali ke hasil pencarian dan klik cache. Tampilan halaman sesuai yang disimpan Google akan muncul. Kekurangannya hanya versi terbaru yang disimpan. Alternatifnya adalah Internet Wayback Machine yang menyimpan riwayat situs selengkap mungkin dan malah bisa dibuat browsing langsung dari arsipnya. Nah… kasusnya kali ini konten – konten situs lama masih bisa diakses dari sana, dan oleh teman saya tidak ingin disalahgunakan.

Dan aslinya solusi untuk masalah ini cukup mudah. Kita tinggal mengirimkan email ke [email protected] dan dengan judul Site Removal Request: nama^domain.com. Tapi tentu saja tidak langsung minta dihapus semua kontennya, kita harus memberikan bukti memang yang memohon adalah pemiliknya dan alasannya.

Pakai bahasa Inggris tentunya, dan ini yang saya kirimkan:

Hi Internet Wayback Machine Team, I want to request a site removal from archive.org. Here is the url: nama^domain.com and this the archive.org link: https://web.archive.org/web/*/nama^domain.com

The contents are to be deleted permanently from internet. My website had blocked internet archive bot but the saved pages are not affected by this.

Kurang lebih begitu dan mohon maaf bahasa Inggris saya belepotan. Tapi intinya seperti itu. Antara akan langsung dituruti permintaan anda untuk membersihkan simpanan arsipnya atau akan diminta bukti lebih lanjut. Jangan lupa gantikan nama^domain dengan domain yang ingin anda hapus.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...