Menghilangkan icon Network di Windows Explorer

Di sisi sebelah kiri Windows Explorer anda akan menemukan icon shortcut ke beberapa fitur di Windows, ini dinamakan Navigation Pane untuk akses cepat. Salah satunya isinya adalah untuk mengakses jaringan yang sudah terdeteksi.

Kalau anda tidak ingin icon Network ini muncul di Navigation Pane maka bisa menyembunyikannya dengan memodifikasi registry Windows, mudah kok. Disini saya mendasarkan panduannya di Windows 7.

windows-7-explorer

Bagaimana caranya mematikan icon Network ini di Windows Explorer? Pertama silahkan panggil registry editor (tekan Windows+R dan isikan perintah regedit) dan kemudian akses lokasi berikut: HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{F02C1A0D-BE21-4350-88B0-7367FC96EF3C}\ShellFolder.

regedit-network-icon-navigation-pane-explorer

Selanjutnya perhatikan di bagian sebelah kanan akan ada Attributes dengan tipe DWORD, lakukan double-click untuk mengubah nilainya menjadi b0940064 untuk menghapus Network dari Windows Explorer. Kalau anda bingung membedakan karena lokasinya menggunakan kode – kode huruf dan angka maka bandingkan dengan gambar diatas. Bila sudah maka anda bisa logoff atau restart komputer anda supaya perubahan konfigurasi ini diterapkan.

Setelahnya silahkan cek di Navigation Pane, pasti sudah tidak ada. Tentu saja jika di kemudian hari anda ingin mengembalikan ke semula maka silahkan ubah kembali nilai atribut DWORD tadi ke b0040064.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...