Menghitung asuransi JNE

Kalau anda mengirimkan barang lewat JNE pasti diminta mengisikan berapa nilai barangnya dan untuk beberapa jenis tertentu bisa diwajibkan menggunakan asuransi. Memang hal ini terserah anda sebagai pengirim atau malah si penerima meminta tidak memakai asuransi supaya ongkirnya tidak bertambah. Niat menghemat ini kadang malah merugikan kalau barangnya berharga.? Berdasarkan pengalaman saya ini karena banyak yang menganggap asuransi JNE tidak ada gunanya karena tidak pernah ada masalah, dan mungkin kalau ada kerusakan atau kehilangan diikhlaskan. Ini letak kesalahpahamannya dan saya ingin sedikit meluruskan apa fungsinya.

Misal anda mengira tidak bisa meminta ganti rugi pada paket yang dikirimkan karena kelalaian JNE disebabkan tidak memakai asuransi maka ini salah besar, bisa kok tapi maksimal nilai ganti ruginya adalah 10 kali dari ongkos kirim. Kecil kan kalau barangnya mahal? Nah… fungsi asuransi adalah menjamin ganti rugi penuh bila nilai barangnya lebih besar dari 10 kali tarif pengirimannya.

Rumus perhitungan asuransi JNE aslinya sangatlah mudah: 0.2% dari nilai barang ditambahkan biaya administrasi sebesar Rp.5.000. Misal anda mengirimkan sebuah handphone ASUS Zenfone 5 seharga Rp 1.800.000 maka cara menghitungnya adalah: (0.2% * 1.800.000) + 5.000, hasilnya adalah 36.000 dijumlahkan 5.000 = Rp. 41.000. (koreksi dari mas Asep) 3.600 + 5.000 = Rp. 8600.

Sedangkan kalau mau lebih aman lagi pengirimannya maka disarankan memakai packing kayu, tarifnya adalah sebesar 2 kali ongkos kirim yang digunakan. Semisal pengiriman dari Jakarta ke Malang adalah 22 ribu per kgnya untuk jenis REG maka dengan packing kayu menjadi 44 ribu.?Koreksi dan update dari mas Tamam:

halo mas admin.
Sekedar sharing(/ mungkin yg ditulis peraturan JNE lama.)
mengenai biaya packing kayu, untuk jne cabang cirebon berbeda dengan yg ditulis pada artikel.
saya sering mengirim laptop dan berbagai produk elektronika dengan packing kayu.
jika disini perhitungannya: total berat produk sebelum dipack + ( berat produk dibagi 2) + biaya packing untuk laptop 20.ribu.

jadi misal berat barangnya 8 KG, maka: 8 + ( 8/2) = 12 KG. ditambah biaya packingnya 20 rbu.

dan untuk biaya perKGnya tidak dikalikan 2. tetap sesuai standart tarif jne.

Kalau ukurannya terlalu besar maka akan menggunakan hitungan volume barang (rumus berat Volumetrik: Panjang (cm) * Lebar (cm) * Tinggi (cm) / 6000) dan dibandingkan dengan beratnya diambil yang paling tinggi hasilnya. Kabarnya kalau tidak dipacking kayu klaim ganti rugi karena kerusakan lebih sulit.

Pada dasarnya saya sangat menganjurkan asuransi kalau yang dikirimkan adalah barang yang nilainya lebih dari 10 kali ongkir, apalagi kalau mudah rusak walau sudah dikemas sebaik dan seaman mungkin. Kita sendiri tahu kadang perlakuan bagian angkat – angkat barangnya kurang bagus jadi ada resiko rusak saat disortir. Hasil cek resi JNE pun sering tidak menyertakan bagaimana kondisi paket dan isinya, baru tahu setelah diterima dan kalau ada asuransi misal ada masalah akan lebih mudah mendapatkan ganti rugi sesuai nilai barangnya. Tinggal agak sedikit repot saja saat mengurusnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

94 pemikiran pada “Menghitung asuransi JNE”

  1. ada tambahan syarat dari JNE (saya telpon kantor pusat di jakarta)

    kerusakan harus bisa dilihat secara fisik kalau fisiknya utuh tidak bisa di claim
    berdasarkan pengalaman pribadi kirim printer A3 pakai packing kayu plus asuransi
    ternyata dalamnya rusak – rolnya printer jatuh (kemungkinan kena goncangan hebat)

    akhirnya gak bisa di claim garansi dan masuk authorized service kena 1 jutaan betulinnya

    kesimpulan : mending gak pake asuransi / packing kayu toh kalo rusak tapi gak terlihat cacatnya bakalan gak bisa nuntut !

    Balas
    • Iya mas, sekarang lebih ketat lagi syaratnya untuk klaim asuransi. Tapi kalau tidak pakai packing kayu untuk jenis barang elektronik, gadget, komputer akan langsung ditolak. Jadi serba salah sebagai pengirim. 🙁

  2. saya liat di beberapa web dan blog untuk rumusnya itu ada yg panjang + 8cm atau +12cm itu gimana ya?

    terus untuk asuransi misal yang diasuransikan barang2 seperti handcraft atau kerajinan tangan dll harganya ngikut darimana?

    Balas
    • Oh, pengiriman barang berukuran besar mas? Pakai Volumetrik terus ditambahkan jadinya.

      Senilai transaksi anda dengan pembeli mas, kadang diminta notanya.

    • Betul mas Danny, aslinya tidak terlalu memberatkan juga tarif asuransinya. Dan sebaiknya memang wajib kalau nilai barang yang dikirimkan diatas 10 kali ongkirnya.

  3. Saya beli barang online, dan di kenakan asuransi, tapi ketika menerima paket di resi tidak ada biaya asuransi yg tertulis hanya biaya kirim, dan saya konfirmasi kepenjual katanya mereka udah ikut asuransi bulanan dan tidak tertulis lagi di resi, apakah bener begitu? Trims

    Balas
    • Halo Apank, sampai saat ini saya tidak tahu adanya layanan asuransi bulanan dari JNE. Nanti klaimnya gimana kalau di slip pengiriman tidak ditandai adanya asuransi? Apalagi nilai barang yang dikirim selalu berubah, kalau pas murah semua ya tidak masalah.

      Yang saya tahu ada program cashback kepada pengirim yang sering menggunakan JNE, dihitung per bulan.

  4. parah ini jne.. saya kirim barang pake asuransi + packing kayu. Sampe ditujuan penerima komplen katanta paketnya diambil sendiri ke JNE plus tidak pake packing kayu.

    Balas
    • Halo Agus, isi barangnya utuh mas? Kalau diminta mengambil sendiri biasanya karena alamat penerima diluar jangkauan agen JNE terdekat mas.

  5. Mas kemarin saya belanja online dri batam,itu barang nya berupa 2 unit laptop dan 1 unit printer,apa benar kalau tidak membayar asuransi,maka tidak mendapatkan no resinya?tolong informasikan secepatnya,

    Balas
    • Ekspedisi apa mbak? Saya kok jadi ragu kenapa minta uang asuransi untuk mendapatkan nomor resi…

      JNE 0.2% dari nilai barang untuk tarif asuransinya, bisa dicek sendiri di Google. Kantor pos juga sama.

    • Iya,saya jg begitu mas,,saya diharuskn bayar 1jt unt pembelian 8karpet,,klo mau resinya keluar,saya nda mau.Memangnya yg harus membayar ansuransi itu pihak yg mana sih mas,,saya sbg pembeli.Harga karpetnya skitar 3,2jt.

    • O ya ada yg lupa,bagian pengiriman jg bilang klo uang 1jt itu akn dikembalikn dlm waktu 10mnt,,cuma unt mengeluarkn no resi nya aj.Mmg prosedurnya demikian kah?saya tinggal d gresik,beli barangnya d bekasi,via online

    • Ga ada hubungannya mbak. Saya kok curiga ini usaha penipuan ya. 🙁 Selain asuransi itu nilainya cuma 0.2% dari harga barang, juga tidak ada prosedur dikembalikan setelah 10 menit.

      Mbak beli barang semahal itu lebih baik ke BukaLapak atau Tokopedia saja. setidaknya uang anda dijamin. Atau ajak penjualnya transaksi lewat kedua situs diatas.

  6. halo mas admin.
    Sekedar sharing(/ mungkin yg ditulis peraturan JNE lama.)
    mengenai biaya packing kayu, untuk jne cabang cirebon berbeda dengan yg ditulis pada artikel.
    saya sering mengirim laptop dan berbagai produk elektronika dengan packing kayu.
    jika disini perhitungannya: total berat produk sebelum dipack + ( berat produk dibagi 2) + biaya packing untuk laptop 20.ribu.

    jadi misal berat barangnya 8 KG, maka: 8 + ( 8/2) = 12 KG. ditambah biaya packingnya 20 rbu.

    dan untuk biaya perKGnya tidak dikalikan 2. tetap sesuai standart tarif jne.

    Balas
    • Halo mas Tamam, terimakasih banyak sudah mengingatkan. Memang ini sudah lama mas dan saya lupa mengkoreksinya. 🙂

    • Hmm… bisa mbak dilaporkan tapi jangan berharap terlalu banyak. Dari pengalaman… ditampung saja, kecuali mbak benar – benar tahu siapa orangnya dan dimana alamatnya. Paling blokir rekening bank saja bisanya, tapi ini harus dapat surat dari kepolisian.

  7. Halo mas chandra..
    Aku ingin menanyakan.
    Jika harga Electronic ya misalnya HP s7 edge harga nya mencapai Rp.10.500.000..
    Jadi nilai asuransi nya (10.500.000 x 0.2%) + 5rb jadi 21rb + 5rb jd total 26rb..
    Nahh jika barang tsb hilang / rusak pas pengiriman.
    Apakah pihak JNE akan mengganti unit baru atau dengan uang tunai.

    Terima kasih

    Balas
    • Halo, setahu saya selalu diganti uang tunai mas. Eh mas, jangan lupa packing kayu. Ada JNE yang tidak mau mengganti karena tidak dikemas kayu.

  8. mas tanya dong kalo total harga barang tidak memenuhi kriteria perhitungan asuransi JNE yaitu harga barang > (10 * ongkos kirim), apa barang saya ttap dikirim ya?

    Balas
    • Halo Pals, tetap dikirimkan kok mas. Asuransi ini secara umum ga wajib kecuali jenis barang tertentu atau nilai barangnya tinggi.

  9. Dear all,
    Just sharing… Sy sering kirim k jne & tidak pernah pake asuransi. Faktanya 2x komplein ganti rugi ke jne atas kehilangan & kerusakan barang semua dibayar full 100%, nilainya lumayan, yg pertama 12jt, dan yg kedua 7jt. Intinya kita berani ngotot dan konsultasi Ama org yg ngerti hukum, dan gunakan UNDANG-UNDANG No. 8 Tahun 1999 Tentang PERLINDUNGAN KONSUMEN sbg dasar hukumnya. Klo mrk ngotot jg ancam diselesaikan di Pengadilan, mrk pasti takut Krn 99% mrk akan kalah.
    Krn menurut hukum acara perdata si tergugat akan dibebankan utk membuktikan kalau mereka tidak lalai. Nah… utk membuktikan itu mrk ga akan bisa, kecuali sogok hakim… sementara utk sogok hakimpun tidak semudah spt dulu…. hehehe…. ini pengalaman pribadi Sy, semoga bermanfaat. Cheers…

    Balas
    • Wah… terimakasih banyak mas Deni buat share pengalaman dan pasal yang berhubungan. Terus terang saya dari dulu ada kecurigaan mestinya ada perlindungan konsumen untuk hal seperti ini, tapi karena awam masalah hukum dan hak konsumen dan tampaknya alurnya memang asuransi.

      Lain kali akan saya coba kalau ada masalah serupa terjadi. Semoga saja tidak perlu.

    • Hai mas, gmn dl prosesnya. Saya jg sama mas ini brg ud sebulan lbh,. Sy ud 3x tlp jne g digubris, stlh sy bikin sttus di fb yg sy tag JNe dan para media, mrk lgsg tlp akhirny mengabarkan brg sy. Sptny mesti digebrak ya jne. N skrg mrk nyatakan brg sy hilang. Bnyk tmn yg ingin mmbantu mengkasuskan ke jalur hukum.

    • Bisa dibantu dibagi kiatnya? Soalnya saya barusan mengalami kehilangan paket (Saya selaku penjual dari Shopee)

  10. Satu lagi mas pertanyaan saya. Nah untuk hitung asuransinya kan dikalikan dengan harga barangnya, untuk membuktikan harga barangnya tentunya pihak JNE pasti minta invoice barang tersebut. Apabila saya sudah tidak ada lagi invoicenya gimana yah?

    Balas
  11. tadi saya kirim hp lewat JNE
    pas sampe JNE di tanya prlu di packing ulang apa gk (karna sudah saya packing sendiri pke kayu)
    trs saya jwb gk usah mbk
    trs suruh ttd asuransi dengerku ya saya ttd saja
    eh sampe rumah saya baca pernyataan tidak asuransi/packing kayu
    semisal klo di tarik minta di asuransikan saja boleh apa gk gan?
    pihak jne gk omong perlu di asuransi apa nggak sih
    takutnya barang kiriman gk nyampai ke alamat yg di tuju

    Balas
    • Halo Asep, ada nomor resinya kan mas? Lacak saja. Tidak ada asuransi ya tetap sampai kok mas. Mungkin mas diminta tanda tangan supaya tidak perlu paketnya dibongkar saat diperiksa di gudang.

  12. Mas, apakah informasi asuransi paket ini bisa dilihat dari resi JNE atau tidak ya?
    Jadi saya bisa tahu kalau paket saya diasuransikan / tidak oleh pengirim.

    Balas
  13. Besarnya biaya asuransi itu, misalkan barang sampai tujuan/penerima tidak terjadi masalah/kerusakan,apakah biaya asuransi itu menjadi hak jne/penerima/pengirim?

    Balas
    • Yang bisa klaim asuransi itu pengirim mas karena secara posisi/pihak merekalah yang bayar/pelanggannya.

      Halah saya salah paham. Ya jadi milik JNE mas kalau tidak terpakai.

  14. K2 chandra q dah mngajukn asurnsi tv sy yg pcah,sdah 10 hri nih g da kbar,sy tx kn tunggu tlpon srby,biasax brpa lma a k2?trus ap mngjukan asuransi in bsa dpat uang sepadan dengan harga tv yg aq bli,,mohon jwbnx,trimksih

    Balas
  15. siang pak chandra sy ada beli barang olshop dari bandung,uangx uda sy transfer sesuai harga promo barang tp sy ditlp dari pihak JNE minta uang asuransi jaminan barang sebesar Rp.1.500.00 nanti klw uang uda dikirim baru resi barang dikirim sm sy nanti uang sy kembali dalam 15 menit katax,apa benar itu krn bukan kali ini sy pakai JNE.

    Balas
  16. Mas nanya donk , sya kmrin ngirim dokumen berisi ijazah stnk dan tanda sidik jari, trus ilang dri pihak jne, waktu sya mau ngirim barang sya gak d tanyain buat asuransi pdahal sya udah bilang ijazah, trus ganti rugi nya cuma 10x lipat gitu dri harga kirim, ? Mohon info nya

    Balas
    • Ganti ruginya maksimal 10 kali lipat dari ongkos kirim mas. Kalau nilai barangnya lebih rendah ya patokannya itu.

      Untuk surat berharga yang diganti cuma biaya pembuatannya saja sesuai nilai maksimal tadi.

  17. Mas mau tanya,,,kmaren saya kirim cabe pake jne,,,,berat 21kg,,,biaya 756000,,,setelah pulang saya di sms pihak jne untuk datang ke kantor untuk bayar biaya administrasi 60.000,,katanya untuk biaya surat jalan,,,benarkah jne punya aturan baru,,kalau ngirim barang harus pake surat jalan

    Balas
    • Ini saya belum tahu mas, mungkin karena belum pernah kirim sampai semahal itu. Pakai JTR tidak mas? Mahal kalau kirim biasa.

  18. Saya mau kirim barang, pembeli minta diincl. Asuransi, misal harga barang 2juta jadi brp tarif asuransinya? Dan apabila terjadi kerusakan atau hilang apakah akan diganti 100%, mohon penjelasannya, trims

    Balas
    • Betul akan diganti kalau ada masalah dalam kirimannya.

      Rumusnya: 0,2 % x nilai barang + Rp. 5.000 ( biaya administrasi )

  19. Kata pihak jne gini gan, agar barang agan bisa terkirim hari ini kak harus sahkan ASURANSI Jaminan sementaraya (ASURANSI JNE ACROSSNATION) sebesar Rp. 785.866,-  dana itu bukan u/ diambil kataya mas. Tapi hanya bersifat sementara aja. Hanya bersifat 15 mnt aja kak nnt dana kak akan dikembalikan lagi tanpa ada potongan 1% pun, ASURANSI INI u/ jaminan uang kembali jk trjadi ap2 dgn brg anda, apalagi barang mudah pecah gtu mba. Jd agan transfer dana itu lansung di rek pihak asuransinya. Dipahami gan. Jgn sampai slh paham..

    Apa itu benar mas? Sya sdah transfer 1,5jt bli camera, tpi kta pnjualnya bilang bgtu… Mohon djawab mas, mkasih

    Balas
  20. Salam mas Chandra,
    Saya dapet cerita teman saya juga ada nih, baru kemaren katanya kirim kamera, waktu masukin di agen tidak ada masalah. Tapi sehari setelahnya dihubungi bahwa barang belum dikirim dan harus melunasi pembayaran asuransi dulu 800ribu. Sementara harga kamera sekitar 7 juta dan kalau pake rumus 0.2% tidak masuk akal. Saat didatangi lagi dan mau ditarik, katanya sudah dikirimkan, dan jika tidak dibayar akan ditarik pihak asuransi. Agen beralasan kalau tidak pake melanggar uu perdagangan dalam negeri. Teman saya bingung dan akhirnya bayar. Kedengarannya kok tidak masuk akal ya. Bagaimana ini mas?
    Terimakasih.

    Balas
  21. saya klaim kehilangan barang dari tanggal 17 april, sampai saat ini belum di ganti, padahal saya pakai asuransi,
    setelah 3 minggu saya di nego hanya di ganti 25% nilai asuransi,., saya jelas menolak,
    sampai skrg belum ada kontak dari jne bekasi, hanya jne pusat yang telfon saya untuk konfirmasi dan push jne bekasi,.,.

    Balas
  22. Saya mau tanya kalo asuransi hp sony seharga RP.3.100.000 apakah nilai asuransinya sampai RP.700.000? Tolong jawab ya kak

    Balas
    • Mas. Saya beli handfond dengan harga 1jt500. Terus saya di suruh oleh penjual untuk di asuransikan sebesar 550 ribu. Kata si penjual uang asuransi itu bakal kembali utuh dengan barang yg saya beli? Apa itu benar mas.

  23. aku mau tanya

    aku order Dslr dr jogja dan mau dikirim ke jakarta
    td aku d tlpn sm pihak Jne nya trs dimintakan uang asuransi sebesar 2.350.000 ko mahal ya ? apa ini penipuan atau tdk ? mohon d jelaskan

    Balas
  24. Mas saya juga sama kena asuransi kyk gitu beli kamera harga 1.8 trus pihak jne minta asuransi 1.5 juta ya jelas saya nolak..kira2 barang saya hilang atau gimana ya krna blm ada nmor resix

    Balas
  25. Mass saya beli hp secound samsung a7 harganya 1.7jt masa di kenakan asuransi 1.4jt mas?? Itu beneran atau gmna ya mas saya masih bingung katanya kalau ga di bayar asuransinya barang hangus.. apa benar kalau barang belum di bayar asuransinya sudah di bawa kurir ke pusatnya? Mohon dijawab mas saya bingunh sekali ini

    Balas
    • Asuransi dibayar pengirim. Sekian mbak. Untuk perhitungannya sudah saya share asli dari sumbernya JNE Pusat diatas. Selain dari itu patut dicurigai.

  26. Halo mas Chandra,
    Syarat untuk mengajukan asuransi di JNE apa ya? karena saya ditolak ketika mengajukan asuransi dari paket yang dikirim, kata petugasnya harus bisa menunjukkan nilai dari barang tersebut terlebih dahulu. Trims

    Balas
  27. Mohon bantuan nya ya saya beli camera canon 700d dari denpasar dan kata costumernya bayar asuransi 1.455.000 rbu apakah benar ini saya Lgi bingung Knpa bisa besar begini

    Balas
  28. Mas Candra saya mau tanya, saya kirim alat kesehatan dengan nilai 65.000.000 dari bekasi ke medan, mengunakan peti dan asuransi, setelah barang sampai di pihak penerima dengan keadaan retak retak, apakah bisa di klaim ke pihak JNE dan bagaimana caranya ? berapa nilai yang saya terima ? apakah mesin harus kami serahkan ke pihak JNE ?
    Terimakasih.

    Balas

Tulis komentar...