Menguji performa harddisk dan SSD dengan CrystalDiskMark

Kembali memperkenalkan salah satu software buatan CrystalMark, aplikasi kali ini yang akan dibahas lebih lanjut berfungsi untuk menguji kemampuan (benchmark) harddisk dan SSD (Solid State Drive).CrystalDiskMark adalah aplikasi yang akan diperkenalkan sekarang. Tampilan software ini cukuplah sederhana, anda akan mendapati berapa kali tes ini akan dilakukan(nilai awalnya adalah 5), berapa ukuran file yang akan diuji(ukuran awalnya adalah 1000MB) dan drive mana yang akan diuji kemampuannya(pilihan drive awal adalah C:/). Semakin tinggi nilai tes dilakukan maka hasilnya akan lebih akurat, tetapi juga akan menambah waktu pengujian.
crystaldiskmark-interface

Klik pada tombol All untuk menjalan tes dengan semua parameter(Seq, 512K, 4K, 4K QD) atau menjalankan salah satu pengujian saja, fungsi dari masing – masing parameter akan dijelaskan lebih lanjut.
Seq akan menguji kemampuan baca dan tulis secara sekuensial atau berurutan, ukuran blocknya adalah 1024KB.
512K akan menguji kemampuan baca dan tulis secara acak dengan ukuran block sebesar 512KB.
4K akan menguji kemampuan baca dan tulis secara acak dengan ukuran block sebesar 4KB.
4K QD akan menguji kemampuan baca dan tulis secara acak dengan ukuran blocknya adalah 4KB dan Queue Depth sebesar 32. Pengujian yang ini lebih difokuskan pada fungsi NCQ (Native Command Queuing) dan AHCI (Advanced Host Controller Interface).
crystaldiskmark-run-test

Ciri khas software buatan CrystalMark adalah terdapat CrystalDiskMark Standard edition dan Shizuku edition, apa perbedaanya? Anda bisa mengetahui perbedaan diantara kedua edisi dalam posting sebelumnya mengenai mengawasi kesehatan harddisk.

crystaldiskmark-shizuku-edition
Software ini akan membantu dalam memastikan performa dari harddisk atau SSD yang anda miliki apakah sudah sesuai dengan spesifikasi yang tertulis, jangan sampai anda mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan kemampuan yang diberitakan.

Tulis komentar...