Cara menyambungkan Harddisk/SSD ke handphone

Media penyimpanan di handphone itu relatif kecil tapi cukup untuk penggunaan sehari-hari, apalagi saat ini untuk kelas mid-end sudah lazim ditanam internal storage 128GB. Tapi kalau butuh yang lebih besar untuk menyimpan video atau foto resolusi tinggi maka harddisk masih jadi juaranya. Keunggulannya di harga utamanya.

Untuk menyambungkan harddisk maupun SSD SATA sendiri aslinya sangatlah mudah, asalkan ada konektor yang kompatibel. Khusus HDD ini yang ukuran 2.5 inci atau untuk laptop ya.

Kita cuma perlu beli satu alat yang fungsinya konversi konektor USB Type A yang dipakai harddisk eksternal ke Micro USB atau USB Type-C. Tergantung tipe hpnya. Nama alatnya yang perlu dibeli: USB Converter atau USB Adapter. Harganya juga murah, mulai dari Rp. 10.000-an.

Kalau butuh spesifik bisa diberikan tipe yang dibutuhkan, misal USB to Micro USB converter atau USB to Type C adapter. Niscaya di marketplace manapun seperti Shopee atau Tokopedia akan muncul banyak barangnya. Saran saya beli yang 3 in 1 sekalian: Mendukung USB biasa yang besar, Micro dan Type C. Supaya praktis kalau dipasang beda gadget.

Yang di gambar saya mengkombinasikan HDD Seagate 500 GB 2.5″ dengan casing Orico transparan USB 3.0, sedangkan adapternya pakai Vention (yang terpasang di ujung kabel USB harddisknya) yang lupa tipenya.

Terakhir, ini jarang sebenarnya tapi pastikan handphone atau tablet anda mendukung OTG (On The Go). Fungsinya agar bisa membaca perangkat eksternal seperti Flashdisk dan Harddisk ini. Rasanya semua hp keluaran baru sudah bisa OTG, jadi ga perlu khawatir kecuali terlalu jadul.

Tinggalkan komentar