Meningkatkan resolusi kamera di Android

Saat saya sering membuat foto menggunakan handphone Android (Lenovo A369i) baru saya tersadar kalau resolusinya adalah 1MP (Mega Pixel) padahal menurut spesifikasi resminya adalah 2MP. Ini sempat membuat saya bingung dan kecewa kenapa tidak menyadari adanya perbedaan antara spesifikasi handphone dengan kenyataannya.

Setelah berusaha mencari informasi mengapa resolusi kamera di Android bisa lebih kecil dari seharusnya, dan ternyata masalah ini tidak hanya terjadi di jenis handphone yang saya pakai saja. Banyak merek yang secara default resolusinya dibawah kemampuan sesungguhnya, dan tidak ada cara jelas untuk mengubah atau meningkatkannya.

Seperti yang anda lihat saat mengubah resolusi kamera Android tidak ada pilihan resolusi lain pada saat mengakses Camera Settings Android di Picture Size.
android-camera-picture-size-1mp

Bagaimana cara mengatasinya? Kok resolusi kamera yang bisa digunakan tidak sesuai spesifikasi hardwarenya? Ya, saya juga sempat bingung kenapa tidak ada opsi menggunakan resolusi maksimal kameranya (HP saya 2MP), terbersit bahwa ada setting rahasia dan takutnya harus diroot.

Solusinya? Ternyata oh ternyata resolusi yang dituliskan tersebut berdasarkan ukuran rasio layar 4:3, sedangkan Android defaultnya menggunakan 16:9 atau Full screen. Jadi anda harus mengubah Preview Size menjadi Standard (4:3).
android-camera-preview-size

Kemudian buka kembali settings Picture Size, dan akan muncul pilihan resolusi lain mulai dari VGA sampai resolusi maksimal kamera HP anda.
android-camera-picture-size

Selesai! 😀 Gara – gara masalah ini sempat menyesal beli merek Lenovo dan memikirkan bagaimana cara returnya, untung saja tidak.

Tulis komentar...