Menjalankan kode PHP dalam WordPress

Kasusnya saya ingin menghapus baris Website URL dari form komentar WordPress. Karena saya tidak menggunakan child theme dan plugin yang saya temukan ternyata tidak sesuai yang diharapkan maka solusinya terpaksa secara manual disisipkan dalam kode functions.php milik tema yang digunakan. Hal ini sangat tidak disarankan kecuali terpaksa dan setelah mencari – cari ternyata ada cara yang lebih aman dan elegan untuk menjalankan potongan kode PHP dalam WordPress.

Saya perkenalkan sebuah plugin yang cocok yaitu Code Snippets: https://wordpress.org/plugins/code-snippets/ tinggal anda install dan tambahkan kode PHP yang anda inginkan kedalamnya. Klik Add New untuk yang masih baru.

wordpress-plugin-code-snippets

Tugas anda mengisikan apa nama dari kode tersebut, jadi kita bisa dengan mudah mengetahui apa fungsinya di kemudian hari. Dan tepat dibawahnya baru isikan kode PHP yang akan dieksekusi. Pilih ingin dijalankan dimana saja. Bisa di tampilan websitenya saja (frond end), bagian administrasi, atau di semua bagian WordPress. Dan setelah itu simpan saja,  dan potongan kode tadi otomatis dieksekusi sesuai kriteria anda.

Jadi fungsi Code Snippets ini membantu kita mengedit functions.php tanpa perlu secara manual karena sudah disediakan editornya. Apalagi setiap kode yang dibuat bisa diekspor untuk backup misal ingin digunakan pada situs WordPress lainnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...