Cara menutup asuransi Prudential

Dengan berbagai macam pertimbangan yang tidak bisa saya sebutkan disini akhirnya saya memutuskan untuk menutup polis asuransi Prudential. Dari pengalaman saya hampir pasti oleh agennya disarankan untuk membiarkan saja tagihan atau pembayaran preminya yang jatuh tempo setiap bulan karena sama saja diputus. Padahal niat saya bukan itu. Jadi ini sekedar share pengalaman saja kalau anda ingin tahu apa yang dibutuhkan dan bagaimana prosedurnya. 🙂

Menurut saya pribadi kalau dibiarkan maka namanya bukan berhenti tapi menunda saja karena seingat saya ini masuk ke status lapse (semacam tidak aktif) dan bisa berfungsi kembali dengan membayar semua tunggakannya. Apalagi premi yang kita bayarkan sebelumnya – mungkin – digunakan juga untuk membayar tagihan berikutnya sampai dana yang tersimpan habis. Jadi tidak langsung masuk lapse tapi akan diperpanjang terus sampai tidak bisa lagi.

Niat saya menutup polis asuransi kesehatan itu selain tidak memperpanjang lagi kontraknya juga berharap ada dana yang dikembalikan. Entah berapa tapi setidaknya mungkin bisa kembali. Daripada dibiarkan malah habis sendiri. Beda kan? Jadi lebih baik kalau serius kita mengajukan permohonan secara resmi lewat jalur yang disediakan.

Bagaimana prosedur penutupan polis asuransi Prudential? Aslinya mudah kok, anda tinggal minta form penebusan polis (Surrender) ke kantornya di kota anda atau bisa lewat agen. Silahkan diisi sesuai data yang diminta.
form-penebusan-polis-surrender-prudential

Nanti syarat – syaratnya (anda siapkan dulu sebelum kesana):

  1. Fotocopy KTP nasabah.
  2. Fotocopy buku tabungan (yang bagian dalam menunjukkan nomor rekening dan tanda tangan anda biasanya itu).
  3. Buku Polis asli untuk dikembalikan ke pusat.
  4. Kartu PruHospital & Surgical Cover / Privileged Membership tidak diminta sih, tapi saya kembalikan sekalian karena jelas tidak terpakai.

Semuanya langsung saya masukkan kedalam map plastik yang diberikan pas buka polis barunya biar rapi dan mudah menemukannya.

Buku Polis Prudential beserta kelengkapannya

Oh ya form surrender ini juga tersedia online dalam bentuk PDF: Download. Tinggal cetak saja. Cocok buat anda yang sibuk dan ingin mengisi sendiri di rumah, jadi disana tinggal cek sudah lengkap dan tepat belum data – datanya dan minta tanda tangan.

Yang kita butuhkan dari kantor atau agennya adalah tanda tangan resminya. Kalau agen anda berhalangan bisa langsung ke kantornya saja untuk mengurusnya.

Setelah itu tinggal serahkan ke kantornya di kota setempat dan jangan lupa surat tanda terima pengajuan berkas penebusan polis tadi. Pastikan sehari sebelum jatuh tempo sudah di kantor pusat (di Jakarta?) dokumen – dokumennya sudah diterima, jadi kalau bisa jangan mepet sekali kalau tidak ya masuk bulan berikutnya terpotong lagi. Juga jangan sampai tanda tangan di formulir dan sampai di kantor pusat lewat 30 hari karena tidak diproses. Prosedurnya seperti itu.

Kapan pembayaran/pengembalian dananya dilakukan? Katanya sih 14 hari sejak permohonan disetujui. Entah benar atau tidak karena yang saya ceritakan sekarang prosesnya masih berlangsung. Nanti akan saya update. Tapi belum tentu juga ada dana yang akan dikembalikan baik penuh atau sebagian karena masa bergabungnya saya masih singkat, dibawah setahun. Kalau saya pahami masa awal pembayaran preminya untuk administrasi dan sebagainya, jadi jangan berharap banyak saja.

Ya, demikianlah ceritanya dan mungkin kalau anda ada pengalaman lain bisa dibagikan disini.

118 pemikiran pada “Cara menutup asuransi Prudential”

    • Kalau saya tebak nihil mbak. Untuk perhitungannya sendiri saya kurang paham, tapi dari share di internet rata – rata yang masih awal lama preminya antara nol atau sangat kecil sekali,

    • gak ada yg kembali,saya saja yg sudah 4th premi 500 cuma bisa kembali 2.000.000 dari total storan 24jt…itupun blm potongan lain2 jadi mohon ikhlas….

    • Kebetulan saya juga mau mencairkan masa bergabung sama seperti mba/mas kholi. Kok rugi banget ya…sedih

    • Ada kok mbak produk asuransi syariah, tinggal kontak ke perusahaan asuransinya kalau ingin spesifik tipe ini.

    • persis saya. 4,2tahun, 500rb sebulan. cuman bawa pulang 3jutaan. mohon ikhlas…mohon ikhlas…. ya ampun… saya sedih. Ini baru mau submit form-nya.

    • Mba.. Mohon maaf bisa minta wa atau email. Saya ingin menutup lolis saya. Tp saya bingung caranya. Agen saya sudah tidak aktif. Saya ikutvpolis sudah 4 taunan..

    • Polis Saya 1 tahunan uang nya ga kembali sama sekali ;(
      Nah skrg mau tutup polis anak saya tang sudah 7 tahun dan uang nya cuma dapet 8juta 2ratusan.. sangat merasa sedih kecewa.. apalagi dgn agen nya.. omongan nya tidak sesuai dgn yg awal.. dia blg 70 buat tabungan 30%buat kesehatan tapi nyata nya semua kebalilakannya… sangat2 kecewaa dan merasa tertipu..

    • Serius nih mbk? Saya rencana mau tutup sih premi 500rb udh jalan 5,3th.. kalo dikalikan kan skitar 30jutaan.. kemungkinan senasib dong nih ga sampe 10jt?? :”))))

    • Ini kurang tahu saya mas. Karena perlu tanda tangan petinggi di kantornya. Apa harus asalnya atau bisa lintas cabang entah, tapi dicoba dulu saran saya.

  1. Saya punya umur polis 1 tahun 5 bulan. Nanti tidak ada kembalian ya? Hehe…. rencana mau buka polis pru edu saja. Minta pendapatnya pak…

    • Kalau alasan nya mau buka polis pru edu berarti bapak/ibu berharap memiliki tabungan yang lebih besar dari pada asuransi nya. Kalau saya boleh menyarankan, tidak perlu ditutup yang polis saat ini, hanya saja komposisi tabungan dan asuransi nya minta diubah. Jadi porsi asuransi nya dikecilkan dan saver nya diperbesar dengan konsekuensi manfaat asuransi yang saat ini ada pasti akan dihilangkan atau dikurangi.

      Dengan tidak ditutupnya polis yang dimiliki saat ini maka bapak/ibu tidak dibebankan biaya akuisisi dari awal permulaan polis lagi dan potongan2 nya pun jadi lebih kecil sehingga porsi tabungan akan lebih besar.

    • Trus produk apa yg tepat dr pruden agar nilai investasiny lebih tinggi.anak sy pny polis udh jln 4 thn.tp nilai tunainya msih kecil

    • Kalau dari pengalaman saya dan baca – baca di internet memang tidak ada sisanya. 🙂

      Sudah dijelaskan oleh yang lebih ahli oleh mas Hendra. Saya ikut nyimak. 😀

    • Wah… ini syaratnya mas. 🙁 Saya juga kurang tahu kalau buku polisnya ga ada, coba datangi kantornya saja?

    • Kalau sudah dianggap hilang dan ibu masih menginginkan lanjut asuransi nya lebih baik memang menghubungi agen ibu dengan sebelumnya mempersiapkan surat laporan kehilangan dari kepolisian dengan mencantumkan nomor polis yang hilang di surat laporan tersebut dan kemudian diproses ke agen nya.

      Kalau ibu mau berhenti asuransi nya cukup lampirkan surat laporan kehilangan dari kepolisian yang mencantumkan nomor polis yang hilang di surat laporan tersebut tanpa perlu proses pencetakan polis terlebih dahulu.

    • Kalau sudah dianggap hilang dan ibu masih menginginkan lanjut asuransi nya lebih baik memang menghubungi agen ibu dengan sebelumnya mempersiapkan surat laporan kehilangan dari kepolisian dengan mencantumkan nomor polis yang hilang di surat laporan tersebut dan kemudian diproses ke agen nya.

      Kalau ibu mau berhenti asuransi nya cukup lampirkan surat laporan kehilangan dari kepolisian tadi tanpa perlu proses pencetakan polis terlebih dahulu.

    • Mestinya masih ada mbak sisanya, entah berapa. Yang paling tahu hitungannya ya Prudential. Coba kontak saja mbak. 🙂

  2. Mas, wktu berenti itu memang download form prudentialnya atau disuruh menghubungi prudential pusat yah?
    Karna waktu sy download dan sy kirim ke prudentialnya kok dibilang salah yah… Katanya mesti hubungi nomor prudential pusat gt.
    Soalny pengalaman nelpon boros pulsa

    • Mbak kalau telepon malah dihimbau agar jangan berhenti. 😀

      Langsung datangi kantor Prudential di kota anda mbak, bisa pakai form yang didownload atau minta dari kantornya saja sekalian isi. Nanti mereka yang ngirimkan ke pusat. Tinggal minta followupnya saja.

    • lebih baik telpon kantor nya mbak , nnti di kirmkan formulir lewat email nnti ada no referensi karna kalo lewt formulir dari internet gaberlaku mba .. soalnga baru kmrn saya menutup polis

    • Mbak saya mau tutup polis jg, formulirnya sdh dikirim via email, No referensinya yg mana ya mbak? Agen saya sdh tdk aktif lg, utk tanda tangan Agen gmn ya mbak
      Trims

  3. Mas.. Mau tanya.. Sy jg mau berhenti sdh 3 thn. Sudah tlp cust care dan sdh di kirim email permohonan berhenti. Agen saya hilang entah kemana. Kalo dr cust care bilang bisa langsung di kirim berkasnya ke pusat sudirman. Apakah prosesnya bisa cepet kalo langsung ke kantor pusat. Soalnya kemarin Br ngobrol sm yg pencairan 10 tahun. Yg antri banyak banget. Jadi sangsi uangnya bisa cair apa engak. Gak seberapa tp berarti banget. Suwun

    • Mbak ngurus ke kantor kota setempat, setahu saya tetap saja berkasnya dikirim ke Jakarta untuk acc. Seingat saya prosedurnya memang begitu.

      Uangnya cair setahu saya lewat transfer otomatis sih mbak, dan ada batas waktunya. Tidak instan juga.

    • Bos saya mau menutup asuransi,tapi dah kami krm emailx sampai skrg blm jg dpt no refrensix kira2 berapa hari kerja

    • Biasanya dibalas dalam 24 jam mbak. Ikut jam kerja tampaknya.

      Saran saya kalau mau cepat minta bantuan agen yang dulu prospek atau datangi langsung kantornya.

  4. Nambah nanya lagi mas. Agen saya di bandung. Saya di majenang perbatasan jabar jateng. Kalo semisal sy samperin kantot cabang terdekat gimana? Lebih efektif langsung kirim berkas ke sudirman atau ke kantor cabang terdekat?
    Suwun la

    • Saya milih titip ke kantornya di kota saya sih mbak. Lebih enak begitu sudah dipegang orang Prudentialnya daripada kirim lewat ekspedisi, entah mengapa saya takut agak masalah nantinya.

  5. mba mau nanya saya baru 6 bulan sih… tp skarang jd nyesel dan mau d tutup aja… premi saya 500 ribu… apa kemungkinan saya gaha akan dapet sama sekali uang saya?

    • Pak saya mau tutup polis asuransi tapi kantor cabang di tambun ngak mau ngelayanin soalnya saya masuk asuransi dari kantor tersebut dan agen saya juga ngak mau bantu gimana ya kok ribet amat sih

    • Saya orang susah pak ngak sanggup bayar premi lagi usaha bangkrut saya mau tutup polis kok susah banget sih prosedurnya..itu kan hak saya pak uang saya tolong jgn dipersulit pak kantor cabang ngak mau ngelayani

    • Premi saya 300 ribu perbulan udah dua tahun setengah. Saya mau uang saya atau hak saya dilembalikan. Kalau sampai tidak saya akan sebarkan ke medsos bahwa asuransi prudential adalah penipuan

    • Untuk nominal yang dikembalikan jangan berharap banyak mas. Saya ga kembali sepeserpun, tapi sudah fix ditutup polisnya.

    • Wah… coba laporkan ke Prudential Pusat mas, biar dibantu cari solusinya. Nanti dihubungi dari csnya disana kalau laporannya sudah masuk.

  6. Suami sudah tutup polis dari bulan lalu, tetapi ternyata dapat surat dari Prudential kalau pengajuan Penebusan Polis ditolak krn tidak ada no referensi yg dikeluarkan dari kantor pusat dan tidak ada Surat Pernyataan Tambahan Pengajuan Penebusan Polis Prulink Syariah/Non Syariah. Disarankan untuk mengisi kembali form denvan benar dan jelas serta memenuhi seluruh persyaratan dan ketentuan yg berlaku, padahal posisi suami sudah pindah ke luar negeri. Sebaiknya gimana yah?

    • Wah… ini sebaiknya mbak langsung datang sendiri ke kantor Prudential buat konsultasi. Mungkin bisa diwakilkan asalkan dokumen/syaratnya bisa dilengkapi.

  7. Apakah diperlukan tanda tangan agen yang dulu?
    karena di Formulir Penebusan Polis ada tanda tangan agen.
    Atau tanpa tanda tangan agen masih tetap dapat menutup Polis.
    Tks

    • Tampaknya bisa diwakilkan orang di kantornya mbak. Saya yakin banyak yang kasusnya mirip, antara agen tidak responsif atau sudah pindah.

  8. Saya sudah ikut Dua 7 tahun,1.350 per bulan,rasanya waktu jualnya agent pintar amat just kecapnya,sekarang menyesal banget ikut Prudential (Prudential)siapin mental nih
    .uang nggak kembali,tapi kalau sampai nggak kembali,moga Aja boss Dan agent agent nya yang kena penyakit kanker stadium 4 supaya habis bayar pakai uang nasabah! Kalau iklas sih nggak akan pernah di iklasin! Tapi Saya mau tutup…Mana agent nya sudah keluar lagi!!! Jangan pernah ikut Prudential lagi! Uang Kita di pakai main di saham,mendingan Kita yang main saham sendiri!!!

    • Langsung ke kantornya mas, biar diwakilkan kepala/managernya disana untuk menutupnya.

      Bukan membela Prudential. Tapi semua asuransi memang mengelola dana yang berasal dari nasabah, diputar ke saham dan reksadana. Investasi lah. Sama seperti bank yang memberikan kredit/utang.

  9. Saya sudah ikut 5 tahun premi 500rb, waktu diawal (waktu nawarin ke saya) sama agent pruden bilang kepesertaan hanya 10 tahun setelah itu berhenti ngga perlu bayar lagi…
    eh ngga taunya kata temen2 yg ikut asuransi pruden, setelah 10 tahun ikut seterusnya bayar sampai akhir hayat….
    akhirnya saya tanya2 ke bagian informasi pruden, ternyata benar setelah ikut 10 tahun tetap harus bayar admin nya sampai kepesertaan / bisa sampai akhir hayat, setelah saya lihat biaya admin nya gede juga diatas 150rb / bulan, bener2 nih kecewa berat………………
    wwwwoooowwww edan ini namanya beda sama kesepakatan di awal, kok bisa ya ??? parahhhh…

    saya mau tutup, mau tanya kalau hari sabtu kantor pruden buka ngga ya ???

    • Thanks bro Chandra untuk info nya…

      Pesan aja untuk agent Pruden siapapun itu, tolong agar dijelaskan ke calon nasabah / sekarang yg sudah menjadi nasabah anda secara jelas dan transparant, jangan ada yg ditutupi atau parah lagi kalau anda ada yg kurang menguasai….

      Informasikan diawal sebelum calon nasabah anda joint, jelaskan adanya biaya admin (jelaskan estimasi besarnya) yang harus dibayar tiap bulan nya sampai masa kepesertaan sebagai nasabah pruden, jangan bilang setelah ikut 10 tahun tidak ada bayar2 lagi, kenyataannya ada biaya admin yg terus menerus harus dibayar dan besaran biaya admin cukup besar juga, saya yakin biaya adminnya bakal ada kenaikan…

      Jangan sampai nasabah merasa tertipu dan akhirnya ini jadi terbawa menjadi hutang di akhirat, yang akan ditagih oleh para nasabah anda kelak…

      Tks

    • Aslinya saya baru tahu kalau setelah 10 tahun (atau kesepakatan masa asuransinya) masih perlu bayar lagi. Asumsi saya juga sama dengan pemahaman mas Jhoni sebelumnya. Tapi sudah ga bisa ngecek ketentuannya lagi, buku polisnya sudah saya kembalikan.

  10. Aku udah ikut prudential 3tahun an dan selama 2 tahunan bayar rutin, sejak satu tahun yg lalu q berhenti bayar ,krna q jdi pngangguran ,, abis itu kok ga ada kabar gak ada uang tabungan q yg balik ya,,,

    • Mas durasi preminya berapa lama? Biasanya ditawarkan (default) 10 tahun. Dan kalau belum lewat masanya harus tutup dulu asuransinya, dan itupun tidak ada jaminan dikembalikan semuanya.

      Untuk kasus mas, itu setoran preminya yang tersimpan masih aktif untuk dibayarkan ke premi setiap bulan.

  11. Saya mau nanya nih, saya sudah ikut prudential sudah 2 tahun 8 bulan, dan sekarang saya sudah cuti pas 2 tahun, jadi sudah 8 bulan sy sudah tidak membayar preminya, sekarang saya sudah membaca keluhan2 konsumen prudential, dan saya akan mulai menutup polis saya , jadi apakah uang yg saya bayar perbulannya sebanyak 500 ribu selama 2 tahun akan dikembalikan ? trims

    • Tidak akan mbak. Itu yang sudah disetorkan akan digunakan untuk membayar preminya sampai lapsed. Jadi bukan dibiarkan saja seperti tabungan di bank.

    • Ada yang share lewat telepon juga bisa sih mbak, tapi dari pengalaman diarahkan prosedur normalnya.

      Mbak minta tanda tangan ke kantor cabangnya disana saja.

  12. Ikut bantu menjawab mengenai berapa sih nilai pengembalian premi kita selama ikut Asuransi. sepengetahuan saya juga sebagai nasabah polis asutansi Prudential . pengembalian nilainya dipotong dengan asuransi kesehatan. maka sebelumnya coba di perhatikan apakah polis ybs ada mengenai premi kesehatan (rawat inap dll) ga? karena, itu dianggap hangus dan tidak ada nilai pengembalian. nah saya kebetulan ambil produk yang investasi (itupun jangan di harap pengembalian full ). Jadi persentasenya 65 % investasi dan 35 % kesehatan (bukan rawat inap dan ini dianggap hangus dan wajib ikut atau diambil walau kita cuma butuh investasi -_-). kenapa saya akhirnya hanya mengambi product investasi saja? karena untuk layanan kesehatan sudah di cover Asuransi di kantor suami plus BPJS..CMIIW

  13. Saya mau tanya, dulu ibu saya 2009 sebelum meninggal memiliki polis prudential dimana saya sbg tertanggung (15th saat itu), setelah ibu saya meninggal prudential dan tetap membayarkan premi saya sampai umur 25, saat ini saya blm umur 25 baru 22, polis pruden sudah 8th, nilai tabungan pruden sekitar 20jt, saat saya mau ambil sebagian agen bilang tidak bisa diambil krn saya parent payor atau krn pemegang polisnya sudah tidak ada
    -apakah mungkin saya utk mengambil uang tabungan prudential nya?
    -Apa karena parent payor baru bisa diambil saat 25th?
    -Kalau saya tutup polis/surrender dana dalam tabungan prudential akan bisa saya claim?

    Terimakasih

  14. Mas mau tanya dong, kalau kita mengembalikan dokument2 yg di mnta langsung ke kantor pusat, qta ada tanda terimanya atau gmn ya mas,,, soalnya agent saya ng bisa di hubungi,

  15. Saya mau nayak, saya ikut di frudencial 4tahun dengan premi 350/bln, dan kebetulan saya mau tutup, karena denger cerita dr teman, dia ikut juga udh 3 tahun dengan premi 500/bln, tp dia hanya dapat 500rb,
    Kira2 kalau saya tutup masih dapat gak yah??
    Terimakasih

  16. Pak sy mau nanya,kenapa sekarang sy udh ga bisa lagi bayar prudent lewat ATM BRI,selalu GAGAL terus,dari abis lebaran kemarin sampe skrng,padahal sebelumnya bisa,dan q coba bayar lewat indo Maret,tapi di situ ada tulisan TIDAK DI TEMUKAN katanya,apakah ada masalah sama polis saya,mohon di jawab terimakasih

    • Langsung kontak agen asuransinya mbak.

      Walaupun sudah lapsed seingat saya masih bisa dilanjutkan polisnya.

      Mungkin metode pembayarannya lewat BRI sudah dihentikan.

  17. Saya ikut 3
    1 udah 5 tahun 500rb/bulan (Syariah)
    2 baru 2 tahun 750rb/bulan

    Kalo ditotal, sudah 60jt masuk. Argent nya sepupuku sendiri, tapi nggak mau ngurusin tutup polis

    Antara ikhlas nggak ikhlas setelah baca-baca pengalaman teman-teman. Masihkah ada nilai tunainya

    Nomer customer servicenya berapa ya? Soalnya sudah E-mail, belum dapat balasan form surender nya. Terima kasih

  18. Aduh lihat komentar kawan2 disini saya merasa kasihan sekali. Saya pun lagi 1 th ikut langsung pengen berhenti. Tahunya saya ya uang e kembali. Dengan harapan bisa saya tabung. Tapi lihat komentar disini saya sakit hati dan merasa sangay bersalah setahun yang lalu. Dan mulai pelan2 ikhlas dengan uang yang hilang

  19. Saya ada pengalaman. Ortu udah ikut 8 tahun tapi tahun ini tadi bapak sakit jadi ibu berencana ngambil uang yang selama ini udah dibayarkan, untuk pengobatan saja, ternyata bpjs lebih digunakan dari pada prudential, uang yg udah seharusnya terkumpul sekitar 120jtan lebih tapi yang dikembalikan cuma 50jt an, udah ditanya kenapa cuma segitu jawabannya ntah apa. Yaudah iklasin aja semoga rezeki dikembalikan Tuhan :’)

  20. Keluarga saya udah ikut 8 tahun prudential, tapi bulan kemarin bapak sakit jadi nggak sanggup bayar bulanan dan biaya rumah sakit. Saya kira biaya rumah sakit ditanggung prudential karena ada asuransi jiwa nyatanya bpjs lebih digunakan di rs, uang yg seharusnya didapat 120jt an yg dikembalikan malah 50jt, kalo dipikiri sedih banget sih, untungnya gak ada juga, uang juga lenyap, modal udah banyak kebuang :'( tapi harus di ikhlasin semoga Tuhan mengembalikan dgn rezeki yang berlimpah ?

  21. maaaf saya juga ada niatan tutup polis..
    bisa ga kita mengurusnya di cabang? awalnya saya daftar di tangerang.. tp skrg sy pindah ke semarang

  22. Lebih baik JANGAN Ikutan yng Nama nya Asuarsi Prudential…
    Tutup aja,,,,,daripada Semakin RUGI .Klo mau Investasi jangan di Asuransi (karna Asuransi Bukan Untuk Investasi).

  23. Mau tanya mas..saya sudah ikut 10 thn dgn premi 833rb/bln..kl saya cek melalui hp nilai tunai saya ada di angka sekitar 60jt an..apakah nilai tunai tsb adalah jumlah uang yg akan saya terima kl saya tutup asuransinya ? trim’s

Tulis komentar...