Cara menutup asuransi Prudential

Advertisements

Dengan berbagai macam pertimbangan yang tidak bisa saya sebutkan disini akhirnya saya memutuskan untuk menutup polis asuransi Prudential. Dari pengalaman saya hampir pasti oleh agennya disarankan untuk membiarkan saja tagihan atau pembayaran preminya yang jatuh tempo setiap bulan karena sama saja diputus. Padahal niat saya bukan itu. Jadi ini sekedar share pengalaman saja kalau anda ingin tahu apa yang dibutuhkan dan bagaimana prosedurnya. 🙂

Menurut saya pribadi kalau dibiarkan maka namanya bukan berhenti tapi menunda saja karena seingat saya ini masuk ke status lapse (semacam tidak aktif) dan bisa berfungsi kembali dengan membayar semua tunggakannya. Apalagi premi yang kita bayarkan sebelumnya – mungkin – digunakan juga untuk membayar tagihan berikutnya sampai dana yang tersimpan habis. Jadi tidak langsung masuk lapse tapi akan diperpanjang terus sampai tidak bisa lagi.

Niat saya menutup polis asuransi kesehatan itu selain tidak memperpanjang lagi kontraknya juga berharap ada dana yang dikembalikan. Entah berapa tapi setidaknya mungkin bisa kembali. Daripada dibiarkan malah habis sendiri. Beda kan? Jadi lebih baik kalau serius kita mengajukan permohonan secara resmi lewat jalur yang disediakan.

Bagaimana prosedur penutupan polis asuransi Prudential? Aslinya mudah kok, anda tinggal minta form penebusan polis (Surrender) ke kantornya di kota anda atau bisa lewat agen. Silahkan diisi sesuai data yang diminta.
form-penebusan-polis-surrender-prudential

Nanti syarat – syaratnya (anda siapkan dulu sebelum kesana):

  1. Fotocopy KTP nasabah.
  2. Fotocopy buku tabungan (yang bagian dalam menunjukkan nomor rekening dan tanda tangan anda biasanya itu).
  3. Buku Polis asli untuk dikembalikan ke pusat.
  4. Kartu PruHospital & Surgical Cover / Privileged Membership tidak diminta sih, tapi saya kembalikan sekalian karena jelas tidak terpakai.

Semuanya langsung saya masukkan kedalam map plastik yang diberikan pas buka polis barunya biar rapi dan mudah menemukannya.

Advertisements

Buku Polis Prudential beserta kelengkapannya

Yang kita butuhkan dari kantor atau agennya adalah tanda tangan resminya. Kalau agen anda berhalangan bisa langsung ke kantornya saja untuk mengurusnya. Istilah ke atasannya saja.

Setelah itu tinggal serahkan ke kantornya di kota setempat dan jangan lupa surat tanda terima pengajuan berkas penebusan polis tadi. Pastikan sehari sebelum jatuh tempo sudah di kantor pusat dokumen – dokumennya sudah diterima, jadi kalau bisa jangan mepet sekali kalau tidak ya masuk bulan berikutnya terpotong lagi. Juga jangan sampai tanda tangan di formulir dan sampai di kantor pusat lewat 30 hari karena tidak diproses. Prosedurnya seperti itu.

Ada komentar yang masuk katanya cukup bingung memahami caranya. Anda tidak salah, karena Prudential sendiri kurang kooperatif saat saya tanya customer servicenya. Tanya A dijawab B kemudian diabaikan, tapi akhirnya berhasil juga.  Tapi berikut rangkumannya.

Cara menutup asuransi Prudential

Advertisements
  1. Cetak formulir surrender/penebusan polis Prudential. Filenya ada di akhir artikel.
  2. Isi formulir sesuai data nasabah.
  3. Siapkan fotocopy KTP dan buku tabungan sesuai syarat. 1 lembar saja masing-masing.
  4. Buku polis dan kartu anggota.
  5. Kontak agen Prudential yang menangangi anda. Minta tanda tangan.
  6. Kalau tidak tersedia atau menghindar. Langsung datang ke kantor cabang Prudential minta penanggung jawabnya saja.
  7. Sebenarnya dokumen tadi bisa dititipkan untuk dikirimkan ke pusat.
  8. Tapi kalau anda ragu atau ingin cepat selesai, bisa dikirimkan sendiri ke alamat Prudential Tower,
    Jl. Jend. Sudirman kav.79 Jakarta 12910 INDONESIA
  9. Sampaikan ke cs Prudential bahwa formulir sudah dikirimkan. Call Center Prudential di nomor telepon 1500085 atau email customer care di [email protected].
  10. Lacak nomor resinya, dan apabila sudah diterima harap segera konfirmasi kembali ke csnya.

Kapan pembayaran/pengembalian dananya dilakukan? Katanya sih 14 hari sejak permohonan disetujui. Entah benar atau tidak karena yang saya ceritakan sekarang prosesnya masih berlangsung. Nanti akan saya tambahkan. Update, tidak ada saldo yang kembali. Ya hangus semuanya.

Tapi belum tentu juga ada dana yang akan dikembalikan baik penuh atau sebagian karena masa bergabungnya saya masih singkat, dibawah setahun. Kalau saya pahami masa awal pembayaran preminya untuk administrasi dan sebagainya, jadi jangan berharap banyak saja.

Tambahan lagi, kalau gerah kena potong terus (auto debit) saldo banknya dan proses pembatalan asuransinya dirasa lama. Bisa mencoba ke customer service bank untuk mematikan/blokir tagihannya.

Oh ya form surrender ini juga tersedia online dalam bentuk PDF: Download. Tinggal cetak saja. Cocok buat anda yang sibuk dan ingin mengisi sendiri di rumah, jadi disana tinggal cek sudah lengkap dan tepat belum data – datanya dan minta tanda tangan.

Ya, demikianlah ceritanya dan mungkin kalau anda ada pengalaman lain bisa dibagikan disini.

Advertisements

127 pemikiran pada “Cara menutup asuransi Prudential”

  1. Saya juga mau bertanya saya pemegang polis aktif 5thn dari 1 apr 2011, sekitar bulan november tahun 2015 saya ingin menutup polis tp disarankan tidak usah, ditawarkan dana sebagian sebesar 3jt, lalu say ambil, sejak itu sampai sekarang saya tidak pernah menyetorkan asuransi saya sehingga lapse, dikasi waktu sampai mei 2020 utk bisa pemulihan polis dgn biaya tanggungan sekitar 11jtaan bisa saja bayar tapi saya gk mau rugi dan tanya berapa uang yg bisa saya ambil jika biaya sdh dibayarkan? Ternyata jawabnnya hrs bayar dlu yang 11jtaan itu baru ketauan nilai investas yg bisa saya ambil, masa asuransi tidak ada rumusnya? yg ingin saya tanyakan apakah saya bisa mengambil dana sebagian saya yg sisanya wlpn status polis saya lapse?
    Dan apakah saya lebih baik membayarkn 11 jtaan itu dan meneruskan asuransi saya sampai tahun ke 10?
    Mohon pencerahannya, terima kasih sebelumnya

    Balas
  2. Iy ni saya juga mau nutup asuransi,yang perbulan nya,750, saya ikut nya baru 8 bulan kira kira bisa d ambil uang g ya mohon bantuan nya

    Balas
  3. Saya dulu pernah ikut sudah 18 bulan yg 750 tpi tidak bisa melanjut kan dikarnakan ekonomi memburuk , tpi dari agen tidak menyarankan berhenti dan hanya membiarkan saja , apakah masih bisa di urus

    Balas
  4. Mau tanya kak, kalo mau tutup polis tapi nomor Hp yg dulu didaftarkan Prudential berbeda dgn nomor Hp sekarang, apakah bisa? Dan apakah penutupan polis dikenakan biaya jika melalui agen? Mohon balasannya

    Balas
    • Bisa mbak. Yang penting data nasabah persis, validasinya lewat telepon atau email.

      Setahu saya tidak dikenakan biaya. Tapi pengalaman buruk saya agen tidak mau bekerja sama. Jadinya harus urus sendiri semuanya. Keluar biaya kirim dokumen ke Jakarta.

      Lebih mudah penutupan asuransi Cigna, bisa lewat email atau telepon langsung.

Tinggalkan komentar