Cara menutup asuransi Cigna

Sebelum pakai asuransi kesehatan Cigna, saya sebelumnya menggunakan Prudential. Bedanya di asuransi lama itu gabung dengan investasi (unit link), maka di Cigna saya hanya ingin perlindungan murni untuk kesehatan. Tapi sama seperti sebelumnya, saya ingin menutup polis asuransi Cigna yang alasannya akan saya jabarkan di akhir.

Saya yakin anda yang mencari di Google dan membaca tulisan ini ingin langsung to the point saja. Jadi ya silahkan ikuti langkah-langkah berikut, dan bagusnya proses pembatalan polis asuransinya ga perlu datang ke kantor cabang Cigna sama sekali. Semuanya bisa online. 🙂

formulir pembatalan polis asuransi cigna

Cara menutup polis asuransi Cigna

  1. Silahkan email ke [email protected] dengan judul permintaan pembatalan/penutupan/pemberhentian polis asuransi.
  2. Dalam balasannya akan ditanyakan informasi lebih detail soal polis dan keanggotaan anda. Nama lengkap, nomor polis, nama ibu kandung, nomor kartu kredit dan sebagainya.
  3. Balasan berikutnya dari cs Cigna ada formulir permintaan penutupan polis dalam format file PDF. Kalau ada yang kesulitan mendapatkan/download form PDF ini silahkan request di komentar.
  4. Silahkan dicetak (hitam putih atau warna terserah), kemudian isi data-data yang diminta.
  5. Selanjutnya foto atau scan 3 lembar dokumen tadi. Jangan lupa KTP pemohon juga.
  6. Kemudian kirimkan ke cs cigna sebagai attachment/lampiran dalam email.
  7. Kalau tidak ada yang kurang maka akan dapat email balasan bahwa kita sudah sukses membatalkan polisnya.

Sekian

Sebagai catatan, walau kelihatannya singkat tapi waktu pembalasan email itu kurang lebih sehari setelah kita kirimkan. Dalam 24 jam akan direspon selama waktu operasional. Jadi kalau hitung kasarnya saya butuh waktu sekitar 4-7 hari total.

Buku polis, kartu nasabah dan sebagainya yang telah diberikan oleh Cigna ke anggota juga tidak perlu dikembalikan.

Ini kontras sekali dengan pengalaman saya dulu ingin menutup asuransi Prudential, selain balasnya lama juga berbelit-belit. Harus kirim fisik lagi. Benar-benar gampang masuknya, susah keluarnya.

Apakah berarti saya tanpa asuransi? Tidak, sebelum berhenti saya sudah pindah ke jasa asuransi kesehatan lain. Penting soalnya. Tidak saya sebutkan disini karena saya bukan sales. 😀 Dan belum tentu pilihan saya cocok bagi kebutuhan anda. Pakai BPJS Kesehatan pun tidak salah, yang penting ada jaminan kesehatan. Sakit itu mahal soalnya dibandingkan biaya asuransinya.

Semestinya tagihan Cigna yang autodebet ke kartu kredit saya akan berhenti untuk bulan depan Agustus. Tapi saya masih menantikan berapa lama prosesnya. Ini saya sukses membatalkan polisnya kemarin 19 Juli 2019. Dan semestinya charge ke cc sekitar 1-10 tiap bulan.

Semoga saja benar sudah distop semuanya, jangan hanya data saya di sistem mereka, tapi di kartu kredit juga.

Update 1: Tambahan, ya saya bisa konfirmasi kalau setelah dapat balasan bahwa permintaan pembatalan polisnya sudah disetujui maka tidak ada lagi yang ditagihkan. Autodebet sudah tidak aktif.

Update 2: Ada yang menghubungi saya bagaimana tahunya kalau memang sudah sukses keluar dari Cigna sebagai nasabah. Bisa dilihat dibawah adalah cuplikan dari email dengan subjek Pengakhiran Program Asuransi.

pengakhiran program asuransi cigna


Alasan saya berhenti menggunakan asuransi Cigna

Nah.. di akhir saya baru ingin cerita sedikit salah satu alasan yang mendorong saya berhenti memakai Cigna. Faktor utamanya malah ga ada hubungan dengan bagaimana layanan asuransinya, kebetulan belum pernah klaim. Tapi disebabkan telemarketingnya sangat-sangat mengganggu. Walau saya sudah minta agar tidak ditelepon untuk penawaran lagi, eh paling lama cuma awet sebulan. Disini saya cuma merasa risih.

Puncaknya ketika ada satu telemarketer/spammer cigna yang mengawali kalau ingin mengecek polis saya yang aktif dan mengupdate datanya. Disini saya ada kesan positif, masih diperhatikan ternyata. Dalam selingan perbincangan dikatakan kalau saya belum memanfaatkan secara maksimal polis asuransinya (Cigna Eazicare Platinum) dan ditawarkan untuk adanya refund/cashback premi.

Yang tentu saja saya ingin klaim dong, lumayan kalau bisa dikembalikan walaupun dapat berapapun. Disini letak pintarnya si agen Cigna, dengan sangat cepatnya menyatakan syarat dan ketentuan polis. Untungnya saya masih ingat nama polisnya, kok beda jauh. Tapi besaran preminya mirip makanya diawal saya ga terlalu sadar ini produk lain.

Langsung saya semprot ini menawarkan dengan kedok update data dan membantu nasabah. Yang ada menjebak. Sungguh tidak etis sekali cara mainnya.

Singkat cerita. Saya ini sudah bayar polis, masih kena spam. Eh juga mau dijebak. Cari untung ga segitunya lah.

BTW, ini link download formulir pembatalan polis asuransi Cigna: https://www.mediafire.com/file/uiddvcudjzzpej2/Formulir_Pembatalan_Polis_Asuransi_Cigna.pdf/file

Link backup atas request: https://www.dropbox.com/s/88pgl5wc2mlg1l7/Formulir%20Pembatalan%20Polis%20Asuransi%20Cigna.pdf?dl=0

140 pemikiran pada “Cara menutup asuransi Cigna”

  1. Orgtua sy tidak tahu no polisnya itu gmn ya, karna waktu itu dia dihubgungi lewat telpon dan dia iya2 saja…ternyata itu dr asuransi cigna, setelah di cek udh 2 kali pemotongan saldo…gimana cara berhentinya ya…sdgkn mau tutup rekening gaji dll sudah didaftarkan lewat sistem karna PNS dr pusat.

    Balas
    • Ini pakai autodebit ke tabungan?

      Solusi sementara kosongkan dulu saldo rekeningnya biar tidak terpotong otomatis.

      Kemudian telepon ke call center Cigna dan minta nomor polis berdasarkan profil nasabah anda. Jadi verifikasi seperi nama lengkap, nomor ktp, alamat, nama ibu dan seterusnya. Bilang saja lupa. Baru kemudian proses penutupan polis asuransi cignanya.

  2. orang tua saya udah ikut, setiap bulan bayar. dia dihubungi via telpon, dan iya iya saja. ini dh 3 tahun lebih, pertanyaanya klo di berhentikan/di akhiri. kita dapat uang nya kembali gak ya? mohon informasinya kak

    Balas
  3. Besok saya juga mau ke bank kak , buat Matikan auto debit semoga aja bisa aamin . Trus saya mau bertanya di kolom formulir bagian B tidak usah diisikan kak saya enggak paham?? soalnya saya Tidak wajib pajak dan gak punya NPWP

    Semoga dijawab terimakasih

    Balas
    • Ini nanti di asuransi istilahnya lapsed bu.

      Mereka akan memotong iuran polisnya dari uang yang ibu auto debet tiap bulan sebelumnya.

      Tapi bukan jadi hutang, nanti akan ditutup asuransinya kalau sudah habis saldo yang sudah terkumpul sampai habis. Bukan di rekening bank, tapi di rekening nasabah Cignanya.

  4. Terima kasih banyak ya mas… Sangat membantu sekali informasi nya… Saya barusan saja juga mengalami hal yang sama… Baru di telp mengatasnamakan pihak BRI dan bodohnya saya setuju setuju saja… Kalau masih baru seperti ini apakah bisa langsung saya cancel seperti cara diatas ya mas? Soalnya saya masih belum membayar apa pun dan masih belum ada nomor asuransi nya

    Balas
  5. Saya sudah dapat notifikasi bahwa asuransi cigna saya sudah di stop oleh mereka. Tapi per hari ini kenapa saya masih ditagihkan biaya auto debet ke cc saya ya? Apa baru efektifnya bulan depan tidak tertagih lagi?

    Balas

Tinggalkan komentar