Menyambung proses download di Google Chrome

Browser default saya adalah Mozilla Firefox karena itulah saya sebelumnya tidak tahu kalau proses download file di Google Chrome tidak bisa dilanjutkan kata teman saya. Jadi kalau terputus entah karena koneksi internet bermasalah, dari servernya, atau tidak sengaja menutup jendela browser. Proses unduhan akan diulangi dari awal. Wah… jelas buang – buang waktu dan bandwidth internet yang berharga.

Hal ini malah membuat saya penasaran dan mencari solusinya, karena saya sendiri malas menggunakan download manager untuk mengunduh file – file kecil karena memakai browser saja sudah cukup. Ternyata cukup mudah solusinya, cukup satu langkah saja. 🙂

Nah… sebenarnya kita bisa melanjutkan proses download yang terputus di Google Chrome dan ini membutuhkan kita mengubah setting internalnya. Kita akan mengakses alamat chrome://flags/#enable-download-resumption dan secara otomatis akan diarahkan ke opsi ini.

google-chrome-flags-enable-download-resumption

Cukup klik Enable saja pada opsi Enable Download Resumption untuk mengaktifkan fitur penyambungan proses download dan restart programnya. Setelah ini semua proses pengunduhan file akan bisa dilanjutkan asal server asal file tersebut memang mendukung. Fitur ini bisa dihidupkan pada browser Chrome di sistem operasi Mac, Windows, Linux, dan Chrome OS – sayangnya Android tidak ada.

Semoga bermanfaat. 🙂

30 pemikiran pada “Menyambung proses download di Google Chrome”

    • Halo Evie, settingnya baru diterapkan untuk download setelahnya mbak. Kalau yang sebelumnya dan sudah gagal ya tidak berlaku.

  1. kalau saya sedang download file lalu saya shut down komputer saya, apa masih bisa dilanjutkan kembali ketika saya nyalakan komputer saya lagi ? thx

    Balas
    • Loh iya, sudah lenyap. Seingat saya dulu ini fitur eksperimental, mungkin sudah jadi setting defaultnya Chrome. Saya cari informasinya belum ada.

  2. kalo ngelanjutin download an yg 0 b/s itu giman aya, buat download yg baru itu bisa tp ini udha tinggal dikit lagi kok tiba2 0/s

    Balas

Tulis komentar...