Modus penipuan asuransi JNE

Last Updated on Oktober 22, 2017

Sedikit share saja salah satu modus penipuan yang mengatasnamakan JNE dan memanfaatkan ketidaktahuan buyer terhadap perhitungan asuransi JNE. Kadang dikombinasikan dengan adanya pajak dari barang elektronik yang dikirimkan dari Batam.

Sebelumnya bandingkan dulu, apakah belanjaannya memenuhi syarat berikut:

  • Harga barangnya kelewat murah. Malah masuk ke ranah ga masuk akal. :ballot_box_with_check:
    Tips: Bandingkan dengan yang paling murah di Tokopedia/BukaLapak.
  • Dihubungi oleh oknum yang mengatasnamakan petugas JNE bahwa untuk menjamin ini bukan barang ilegal/black market (atau alasan apapun) maka perlu asuransi. Ini cuma proses verifikasi, dan dalam 15 menit akan dikembalikan. :ballot_box_with_check:
  • Atau dengan alibi bahwa ada pajak yang perlu dibayarkan untuk barang tersebut, karena ini barang Batam yang terkenal murahnya. :ballot_box_with_check:
  • Transfernya menuju rekening pribadi bukan atas nama perusahaan. :ballot_box_with_check:

Pesanannya sudah memenuhi 1 atau lebih dari ciri – ciri diatas? Kalau begitu saya hanya bisa menyampaikan kabar buruk bahwa ini kemungkinan besar adalah penipuan.

Kenapa? Akan saya jelaskan satu per satu.

  • Barang elektronik di Batam memang murah, tapi tidak semurah itu juga. Rata – rata paling 30% lebih murah dari pasaran. Tidak percaya? Bisa cek Tokopedia/BukaLapak dan cari seller yang domisili Batam.
  • JNE tidak pernah menghubungi penerima untuk meminta uang atau dana tambahan. Pembayaran adalah tanggung jawab penuh pengirim, dan tidak ditagihkan oleh JNE ke buyer. Ingat JNE itu ekspedisi, mereka tidak peduli barangnya itu transaksi apa, yang penting ongkir dibayar dan barangnya akan dikirimkan.
  • Berapa biaya asuransi JNE? Termasuk murah: Yakni 0.2% dari nilai barang + Rp. 5.000. Ya, cuma nol koma dua persen dari harga barang yang dibeli. Kalau anda ditagihkan sudah ke angka ratusan ribu maka patut curiga. Tidak percaya? Ini sumbernya asli dari JNE: https://www.facebook.com/JNEPusat/posts/773354692715242
  • Dan tidak ada ceritanya asuransi dibayarkan akan dikembalikan dalam 15 menit. Mohon tarik nafas dulu dan menenangkan diri. Buat apa uangnya kalau akhirnya (katanya) dikembalikan segera?
  • Pajak. Di Batam memang ada FTZ dan pengiriman keluar wilayah Riau akan dikenai pajak sebesar 17.5% dari nilai barang. Kalaupun buyer terkena ini, dari seller yang terpercaya sudah menjumlah berapa total tagihannya ke buyer. Bukan dari JNE yang menagihkan, tugas mereka cuma mengirimkan barang. Ingat, klien JNE itu pengirimnya karena mereka yang bayar, bukan penerimanya.
  • Apalagi kalau sudah diminta transfer ke rekening lain dan milik pribadi. Ini sudah lampu merah.

Bagaimana kalau sudah terjadi? Tidak ada cara mendapatkan uangnya kembali sayangnya. Cuma bisa diikhlaskan dan diterima jadi pelajaran.

Untuk mencegah resiko penipuan, lebih baik seller diminta membuka lapaknya di Tokopedia/BukaLapak. Bukan promosi atau kenapa, tapi pembayaran pakai sistem escrow (rekber), dimana uangnya baru diteruskan ke seller kalau barangnya sudah diterima buyer akan menjamin keamanan belanjanya.

54 pemikiran pada “Modus penipuan asuransi JNE”

  1. Sy juga sama kena tipu sebesar 3.500.000 rekening penipu atas nama Ridwan Arvenda. Buat yang udh terlanjur kena tipu buat laporan aja ke kantor polisi kalo banyak korban pelaku nya cepat ditangkap. Meskipun uang kita gak balik yang penting pelaku segera tertangkap biar gaada korban selanjutnya

    Balas
  2. Saya juga kena tipi saya udah transfer 2 juta untuk asuransi lalu sore.nya saya ditelpon lagi untuk bayar surat perintah jalan (spj) 3.750.000 katanya akan dikembalikan dalam waktu 30 menit setelah barang dalam proses pengiriman..tapi ketika saya tagih malah dia alasan saldo bendahara sedang limit atau offline itulah saya ketika langsung sadar kalau itu motif penipuan…haduh uang tabungan ku habis 5.750.000 tidak kembali…ya Allah semoga penipu.nya tertangkap dan dapat hukaman yang setimpal…ya menyesal telah membeli smartphone online dari batam

    Balas
    • Sama kak saya juga kena tipu 5.750.000 pagi.nya lagi disuruh bayar bea cukai yang katanya barang nya di tahan bandara dan disuruh bayar pengganti pelaporan 10 juta untung ya saya sudah gak percaya..tapi uang 5 juta saya lenyap semoga penipu.nya dapat hukuman yang setimpal atas apa yang ia perbuat

  3. Gmna gan ngrespon nya sampai saat ini jam sekarang saya msh whatsap an sama yg diatas td suruh transfer transfer katanya barang yg saya beli ditahan pihak JNE mau pengurusan kantor badan perlindungan konsumen katanya barang yg saya beli BM ni si pihak JNE nunggu nanti mlam stelah sholat isya’ nunggu konfirmasi nya,,, gmna gan cara mengatasi nya( mgkin q udah ditipu sekarang saat ini) si pihak mengancam mau dibawa ke tindakan jalur hukum… TOLONG GIMANA MENYINGKAPI NYA GAN? Tolong balas gan…

    Balas
  4. Saya juga kak tadi pagi saya di telpon oleh pihak JNE kata nya saya di suruh bayar asuransi sebesar Rp.1750 rb karena hp yang saya beli ilegal kata nya..kalau tidak di bayar akan di tidak lanjuti oleh pihak yang berwajib….ini penipuan atau beneran kak?tolong di jwb kkk²

    Balas
  5. Barusan aq jg kena tipu,beli hp 2 ktnya 300 rb + gratis 1 jd semuanya 3,1 buah disuruh byr asuransi dr JNE 500 rb per hp,tp blm aq kasih Krn TDK punya uang,aq telpon Mohan aq diancam

    Balas
  6. ka jdi kelanjutan kaka gmna? karna ku baru ngalamin tapi yg wa aku sipenjual katanya dia dpt info dri pihak j&t sblmnya dia udah ngirim ktp sma kaka dan bukti video kalo barangnya udah dikirim ke jne

    Balas
  7. jadi gini aku beli HP murah 400 k terus disuruh bayar 800 k lagi buat asuransi jaminan sama packing itu penipuan bukan sih soalnya aku udah transfer yg 400k masa asuransi lebih mahal dari harga barang si

    Balas
  8. Saya kemarin beli hp seharga 120 K dan hari ini dapat wa dari pihak JNE katanya disuruh bayar asuransi sebesar 2,5jt tapi saya belum transfer sekarang saya bingung saya harus bagaimana?

    Balas
  9. Sama kayak kasus saya. Kemarin saya beli hp dari Batam seharga 250k. Uang sudah saya tf bilange barang datang paling lambat 2hari. Keesokan harinya saya di telfon sama pihak JNE semarang (ngakunya sih gitu) dia bilang kalau barang yg saya beli itu BM dan harus mengurus asuransi brang tersebut. Saya di suruh tf 1.950.000. Kalau nggak saya tf saya di seret di meja hijau. Alhasil saya tf. Gk ada 10menitan tiba” ditelfon lagi katane ada petugas dri kantor PPN untuk ngecek barang. La saya kena denda 3.500.000 dan di suruh tf. Tp yg 3.500.000 belum saya tf dan saya di WA trs.

    Tolong konfirmasinya pak

    Balas
  10. Sama cerita kakak di atas saya jg beli hp dr bali udh smpe bea cukai saya di tlp dr pihak j&t ( maaf jika beda pengirim ato beda pembicaraan) ktanya brg ilegal hrz di aaman kan saya di srh tf 2.5 jt shbs di krm sya dpt tlp lg srh tf lg sbgi peresmiaan brg trsebut 5jt jika saya tdk bayr ato menyelesaikan sya bkl di denda dan di tahan.. itu solusinya gimana kak??

    Balas
  11. Saya jga mengalami hal tersebut tpi untungnya saya nggak transfer lgi awalnya saya jga takut nanti bakal d lapor ke pihak berwajib tapi kata saudara saya itu penipuan jadi saya tidak mempercayainya dan merelakan uang yg sudah d transfer sebelumnya sebesar Rp. 163.000

    Tapi itu membuat saya sadar bahwa jangan tergiur dengan barang yang murahan dan menjadi pelajaran buat saya agar tidak mengulanginya lgi

    Balas
  12. Saya juga kena kasus macam seperti itu saya sdh mentransfer 2juta dan dia bilang barang SDH di kirim dari tiga hari yang lalu tapi nyata sampai saat ini barang juga blm sampai ke saya tpi dia juga mengirimkan foto paketan barang sama KTP dan SIM dan selanjutnya saya harus bagai mana ya kk😭😭😭

    Balas
    • Saya juga..brusan aj sy kena tipu
      Nominlny lmyan kk 6300..stlah sy mlkukan transaksi pmblian android BM seharga 600
      tp stlah saya di ksih konfirmasi bhwa pket udah di JNE
      SY di tlfon phak JNE dn harus bayar biaya jminan yg ktnya brang yg aku bli brang ilegal sbsar 1900
      Stlah dia blang ad prsdur lgi yg ktnya harus d slsai kan prosesnya biar brang bsa sgra di kirim snilai 3700
      Dia blng itu adalah prosedur yg trkhir
      Dgn chtan dia bilang uang itu akn di km blikan dri tangan ke tgan pas pesanan nyampek ke almtku.
      Tp stlh itu dia mnt d tf lgi bwt proedir yg trkhir kli.. Selain 5300
      Mereka
      Jg blang klo gk di slesaikn pesanan saya akn d proses menmpu jalur hukum
      Seakan2 akan dia itu tau isi rekening aku. Tp yg 5300 sy tdK tranfer.
      Di stu sy bgung dn akhirny sya pun blang sm suami
      Klo sy itu kn tidur
      Suami blng rel kn saja uang segitu suatu saat psti akn ad bisanya
      Dari sini sya akn jdikn semuatu suatu pelajaran agar tdk trlalu trfiur dgn harga murah yg d twrkn di medsos.

  13. Saya juga hari ini tepatnya tanggal 3 – April – 2021 kena tipu hasutan bazar hp murah,.. Kena tipu 1.100.000 awlnya lancar2 saja dan beberapa menit dari situ saya di wa sama tukang JNEnya di bilang paket ilegal suruuh bayar uang asuransi 1.500.000 seperti di hipnotis bodohnya saya di situ mau saja di perbudak

    Balas

Tinggalkan komentar