Modus penipuan barang kiriman dari luar negeri

Seperti biasa saya diminta bantuan oleh pengunjung blog untuk menjawab pertanyaannya, dan saat itu yang masuk adalah mengenai cara cek paket yang dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi Rex International Service. Saya pikir ini ada hubungan dengan Rex Indonesia tapi ternyata bukan, bahkan hasil pencarian di Google bisa dikatakan minim.

Berikut adalah isi email yang dikirimkan beserta foto dari resi yang ingin dilacak:

Selamat pagi,,
Saya [anonim], tanggal 19 Agustus teman saya dari London mengirim paket untuk saya tapi sampai hari ini saya belum juga menerima paket tersebut padahal saya sudah transfer clearance fee.
Berikut saya sertakan Airway Bill.
Terimakasih

rex-international-service-airwaybill

 

Setelah korespondensi yang berlanjut setelah email ini, saya mendapatkan informasi bahwa berkenalan dengan seseorang di London melewati jejaring sosial (Facebook), dan temannya ini ingin memberikan hadiah yang cukup wah berisi Samsung Galaxy, ponsel BlackBerry, laptop Apple (MacBook), iPhone 4, berlian, tas wanita, parfum, harta keluarga dan semacamnya. Sungguh rejeki besar kalau dilihat – lihat apa pemberian teman baru ini.

Setelah ia dikabari bawah barangnya sudah dikirimkan ke Indonesia menggunakan jasa ekspedisi Rex International Service tidak lama kemudian nomor handphone anda akan dihubungi oleh jasa ekspedisi bernama Cella Cargo di Batam, Indonesia yang akan mengabarkan kalau barang tersebut sudah sampai. Kabar gembira tentunya.

Tapi anda akan diberitahu juga bahwa ini perlu membayar tebusan, dan nominalnya bervariasi tapi dari si sumber mencapai total 16 juta rupiah (6 juta untuk clearance fee, dan 10 juta untuk free money laundry certificate). Kalau dibandingkan dengan apa isi paketnya tentu masih untung besar. Tapi disinilah letak penipuannya karena barang yang dikatakan tersebut tidak akan diteruskan ke anda, bahkan saya berani bilang memang tidak pernah ada atau terjadi.

Dari hasil pencarian saya malah menunjukkan ini adalah salah satu modus penipuan menggunakan pengiriman luar negeri. Nama ekspedisi yang digunakan pun bisa berlainan, tapi intinya sama. Sebelumnya saya sempat terpikir bahwa barangnya tertahan bea cukai.

Saya salut terhadap korban yang sudah melapangkan dada terhadap kejadian ini, dan semoga mendapatkan rejeki yang lebih baik di kemudian hari.

Mungkin juga kurang sesuai kalau saya memberikan nasehat karena saya sendiri pernah mengalami kasus penipuan online, tapi kalau dipertimbangkan hal inilah yang membuat saya menjadi lebih berhati – hati dalam setiap transaksi atau hadiah tidak terduga.

Sebagai penutup ada satu kutipan yang saya kira cocok untuk situasi ini: “If it’s too good to be true, then it probably is.”. Kalau terlalu bagus apapun tawarannya anda harus waspada.

253 pemikiran pada “Modus penipuan barang kiriman dari luar negeri”

  1. Ya ampun untung sy buka blog ini..ada bule london katanya ceo sebuah hotel dan duda 1 anak ..baru kenal 3hari saja udah mau ngirim uang hp dan barang mahal..dan buat ambil barang itu sy harus bayar 50$ pajak beacukai namanya james ini no tlpnya +447979711589

  2. saya baru alami hari ini ,,di minta trs 6,8 jta,,telp ke 2 ,,minta trs 9,modus sama persis dgn mba intan ajeng
    nama bule trrsebut richard no tlp +447716 114239

  3. alhamdulillah sayalihat postingan ini kejadiannya hari ini juga dari Inggris juga,..soalnya saya juga mendapatkan seperti mbak intan dan mbak lisa persis kl saya si bulenya profesi manager perusahaan minyak dan gas duda beranak 1 dia maksa mengirimkan hadiah padahal saya sudah menolaknya tetap di kirim sebelumnya dia bilang nanti perusahaan expedisi akan menghubungi…persis seperti yang di atas….saya bilang nggak punya uang,..di minta sama orang bule nya segera di bayar nanti uang yang didalam takut hilang…ternyata lagi hits ya modus seperti ini…….

  4. Seperti yg di katakan di atas tadi, Aku juga sama dapat kiriman,, lalu dapat pangilan Dia bilang Aku kena bayar cukai 7 juta tapi Aku pikir pikir ada yg aneh APC cargo di Batam orang tersebut sudah tau kalau korbanya akan hantar uang,, di rekening Bri lalu sang bule tersebut matikan HP atau WA nya, Aku jga bilang ke bule tersebut Aku akan kirim uang itu nanti tapi Aku minta bantuan polisi buat cek ada nya barang tersebut, ,kalau memang ada saya terus bayar cukai itu,, tk lama kemudian,, cargo tlp ke saya Kapan mau kirim uangnya bu, saya bilang aku tunggu bule itu kirim uang ke saya baru saya ambil barang itu dia terus matikan tlpn itu ,sangat bagus Cara dia buat pangilan atau Cara kirim barang Semua sudah di atur dengan cermat, tapi sayang sipenipu itu gk tau kalau aku kerjain juga,, biar kapok,, biar gk meraja lela,, semoga kawan, kawan ku di luar sana baca apa yg aku alami hari ini , dan tidak jadi korban penipuan lagi jangan percaya modus seperti ini , akan merugikan kita sendiri saat aku tulis ini Aps cargo tlpn lagi aku bilang tunggu bule itu kirim dulu ya mbak dia bilang Ok gk apa nanti aku bilang atasan dulu

  5. Saya yonnia. sepupu saya baru baru tertipu mentah mentah. Bule duda anak satu, sepupu saya telah transfer 8 juta, pihak cargo batam bernama cintya nelpon sepupu saya lagi minta di transfer lagi 15 juta karena barang paketnya ada masalah. Sepupu saya bilang tidak punya uang sebanyak itu lagi. Sepupu saya WA bule itu nanyain untuk apa lagi uang 15 juta di transfer. Di bilang bule itu untuk uang loundry. Sepupu saya curhat sama saya,bahwa dia telah transfer 8 juta ke BNI atas nama sunaryo. Suami sepupu setelah tahu sepupu saya transfer uang 8 juta, suami sepupu saya langsung ke batam ke cargonya. atas nama cintya sama sunaryo di cargo batam tidak ada. Paketnya pun tidak ada, padahal bukti Airway Bill dari si bule ada. Tapi pihak kargo mengatakan buktinya tidak sesuai yg dilampirkan. Si bule itu namanya Mr henry Brown Patrick ini no hp bule itu + 44 7586 147917. No hp cintya dari pihak kargo 087780551794 – 087877317665.

  6. mama saya juga belakangan ini sedang dekat dengan seseorang yang ia kenal melalui facebook dan orang itupun berasal dari london ,dan dia juga berkata kalau dia ingin mengirimkan paket dan akan memasukin sejumlah uang sebesar $25.000, awalnya saya mengira orang ini hanya benar2 menyukai mama saya ,tapi tiba2 satu hari setelah dia mengirimkan foto oroginal copy airway bill ,ada yang menelpon nomornya xl dan dia bilang kalau barangnya sudah dibali dan saya harus bayar pajak sebesar 15.000.000rupiah. tapi orang tersebut yg menelpon meminta uang pajak hanya berbicara kepada mama saya ,karena setelah telponnya saya yang ambil alih dia bertanya siapa saya setelah saya bilang saya anak mama saya dia langsung menutup telponnya. saya harap kita semua bisa waspada ,apalagi dengan bermain dan berkenalan dengan seseorang di media sosial secara random. puji Tuhan sya belum masuk ditahap ditipu tpi baru saja hampir ditipu hehehe….
    just for sharing !

  7. Wahwahwah…sama ya sama kisah saya hari ini… kenalan ama bule.. trus mau ngirim barang buat aku.. isinya baju sepatu tas LV..jam tangan kalung iphone X dan uang… untung aja saya ngga kena… ni barusan saya juga di tlf ngakunya ada kiriman barang dari mr james eric from london.. trus saya disuruh tf uang 7juta buat ambil barangnya… pas konfirmasi ke jamesnya bilang ini itu…suruh pinjem kantor..teman dll… lahh ini mau ngirim apa mau nipu maksa bgt… hati2 deh kalo kenalan tp ngga mau vicall dan ngga mau tunjukin wajah asli… mrk pikir (bule) wanita indonesia mudah dibegoin… be a smart girl… waspadalah…

    • Subhanallah…. Ternyata sama persis kejadiannya, pengiriman paket dari London,untung saya baca google… Jadi yakin 100/sen kalau ini penipuan dan modus. Saya juga berpikir mana ada sih orang yang tiba tiba mau memberikan uang dan perhiasan begitu mewahnya hanya lewat post… Masyaalloh… Just be carefull for everyone okay…

  8. Beruntung sekali saya tidak termakan oleh bule tersebut, pas saya tanya apakah anda tidak menipu saya? Dan jika benar anda menipu saya maka anda salah orang. Trus si bule maki2 saya, bahasanya kasar banget’ marah2 trus bilang jangan chat lagi. Hahaha bodo amat’
    Hati-hati yaa semua… tetap waspada’

  9. Wah untung saya baca postingan ini. .. Jadi bisa waspada karena saya juga dapat kiriman paket kemarin dari London dan paket akan tiba hari senin.. Jadi bisa sedia payung sebelum hujan deh dan bisa lebih waspada

  10. Cowok gue biasanya malah kirim 10 juta perbulan, kasihan katanya disini kerja sebulan digaji 1,5 juta doang, buat yang lain hati2 kalau dia ngaku jadi tentara dll, tentara disana itu gajinya lumayan, tambah benefit dll, walaupun baru masuk pendidikan. Kalo bisa minta video call, trus kalo grammar nya jelek walaupun dia tinggal di negara eropa, hati-hati. Jangan percaya tiba2 mau dikasih uang gitu, too good to be true

  11. Aku jg mengalami hal yg sama,sebulan yg lalu aku knlan sm bule,dia duda dan bln punya anak dan dia juga mengaku tentara amerika dan sedang tugas di Afghanistan.masa baru knl 1 minggu dia udh mau nitip uang sm aku dgn jumlah yg ckup besar sekitar 3m,dan katanya itu uang pensiunan dia.awalnya aku gk mau to ada rasa kshn jg,akhirnya aku terima tawaran dia stlah itu dia bilang paketnya sdh di kirim,dia jg mengirimkan bukti pengirimannya padaku.
    Eeh…besok paginya aku dpt e-mail dr perusahaan cargo,bhwa aku dikenakan biaya lokal sbsar 1500us dollar,aku bilang gk punya uang sebanyak itu dan aku jg bilang,kirimkan saja paket itu padaku nanti aku akan byr cash setelah paket itu dtg…eeh sampe skrg udh 2minggu gk ada blsan dr perusahaan.bule itupun trus2an menyuruh aku untuk membayar biaya lokal supaya paketnya cpt sampe padaku tp aku bilang sm bule itu,klu kamu ingin aku membayar biaya lokal,silahkan kamu transfer uang padaku dan setelah uang kmu smpe padaku baru aku akan membayarnya.tp bule itu diem z dan untungnya aku membaca berita tentang penipuan yg modusnya pengiriman paket dr luar negeri,jadi aku blm smpe tertipu deh.
    Intinya mh hrs hati2

  12. Maaf saya mau tanya saya juga berkenalan dengan seorang pria bule, dia mau mengirim uang ke saya sebesar 10.000 pounds, dia menyuru saya membayar biaya pengiriman $ 2000, saya kaget biaya pembayaranya sebesar itu, apakah itu modus penipuan juga, mohon balasanya?…

  13. bagus, saya juga nih klo dah gini brarti penipuan,, saya di kirim uabg sebesar
    $ 3,500,000 dri Afganistan,,, bru kmren dia kirim,, kta dia rabu nympe,,,

  14. Sama saya juga seperti ITU , malahan c bule nya th keukeuh bgt harus kirim uang srcepatnya , ke orang yg di batam , setau saya kalo ada kiriman Dari luar , trs sudah nyampe ke indo , kita hrus menerima tanda bukti pembayaran pajak trsbut , INI mh gga ada ,,

    • Ibu saya juga sama ngalaminnya malahn ibu sya hampir percya dn mau minjam uang saya buat bayar.tp saya ga langsung percaya dn alhamdulillah liat blog ini saya merasa ketolong banget makasih ya.. nama bulenya kenneth sam +1(402)5126991

  15. Saya juga barusan mengalami hal yang sama. Ai bule itu bernama james rodriguez dia ngajak berkenalan lewat instagram, mengaku dari london sebagi pilot. Ini nomor teleponnya +1(334)4686052 dan +1(317)2047263. Dia mengaku dari london mudah untuk mengeceknya lihat kode telponnya (334) adalah kode alabama di US dan (317) adalah kode indianapolis di US. Dia bilang mau beliin mobil n mau ngirimin uang, perhiasan, hp lewat FedEx dan minta tf buat bayar pajaknya 9jtan. Itu udah jelas penipuan hati hati ya jangan sampe teripu. Pokonya kalo orang baru kenal minta transfer untuk alasan apapun jangan mau.

  16. Hari ini saya juga di minta uang 8 juta buat tebus barang dari luar negeri dari london tapi harus bayar klaim barang transfer ke turki. Ini penipuan atau bener ya. Saya jadi takut. Mohon kasih solusinya terima kasih

    • Saya juga ada kenalan sama bule di london, katanya duda beranak 1 dan untuk merayakan ultah anaknya dia kirim hadiah mewah, dan dia kirim resinya, tgl 27 dia kirim barang tgl 29 uda sampai, di sini ada cewek yg telp minta sejumlah uang untuk mengirim paketnya, dan bule jg ngotot suruh cepat bayar. Yang anehnya seharusnya kalau paket masuk dari luar negeri itu masuk ke bea cukai tp di situs bea cukai ngk ada no resi yg di kasi bule, dari situ saya yakin komplotan penipuan, yang saya salut bule sempat videocall sama saya untuk buktikan mereka bukan penipuan jd untuk teman2 yang lain tolong hati2

  17. Mas ya allah ada juga bule kekeh dia mau ngrinmn saya bermacm barang dan lain tapi saya hrus bayar cukai $ 500 dolar,saya takut skli dia selalu mengkatn jngn tkut,di dlm tu ada uang sbnyak 15000 pon akhir saya pnasaran smpai saya buka gogle trus,

  18. Wah,aq jg baru kenal bule namanya phill william.dia add aq di fb.trus chat aq di massenger.truss mnt no wa.aq kasi no wa utk bisnis ol yg di Pc sy.trus dia kasi no wa ny +44 7776 012046.trus tb2 chat yg di massenger hilang dan prtemanan di fb hilang.foto palsunya di galeriku pun hilang.Nah,di situ sy udh curiga aj.Trus dia waa sy.dn sy ikuti aj prmainanny.2 hari brturut2 dia wa sy dgn kata2 romantis.Tiba2 td pagi dia blg mw kasi kejutan dan minta no hp dan alamat.sy kasihllah yg palsu.pdhl dia kirim video isi paketny dan blg ada uang jg 80rb dollar.pokokny yg wah2lah.Ha..ha…ha….penipu kena tipu.biar sampai capek si penipu telpon2,ga akan nyambung.cari alamt palsu,biar ketemu sama sarang buaya..😂

  19. Terima kasih teman2 yang sudah sharing pengalamannya. Karena aku baru saja mengalaminya, bule turkey yg tinggal dilondon hari ini kirim banyak hadiah buat aku. dan yang buat aku aneh tuh barang besok pagi sudah sampai indonesia, aku terus berpikir dan buka google trs untuk cari tahu informasi. Alhamdulillah atas izin Allah aku temukan blog ini, jd sekarang aku tahu harus berbuat apa,,, to be smart ya friends,,, trnyata penipuan modusnya macam2,,, 🙂

  20. Kejadiannya sama kayak aku. Hari ini si bule ngirim banyak barang dan menurutku itu mewah sekali ada emas, sepatu, tas, laptop dan uang sekitar 30 juta katanya. Tapi, aku disuruh bayar 10 juta untuk biaya izin dan pengirimannya gtu deh. Aku jga dikirim bukti pengirimannya. Dan akan sampai besok katanya. Tapi, pas baca artikel ini, ternyata masalahnya sama persis. Berarti ini penipuan. Oh my god. Padahal udh berangan-angan jadi org kaya mendadak wkwk

Tulis komentar...