Bagaimana nasib akun Facebook kita setelah tiada?

Iseng – iseng saja lihat pengaturan keamanan Facebook dan saya menemukan satu opsi baru: Kontak Pewaris. Ya… benar juga, semisal kita sudah tidak ada di dunia ini akun Facebook kita nasibnya bagaimana? Dibiarkan? Dihapus? Atau diwariskan? Nah… Facebook memberikan anda opsi untuk mengaturnya. Ini adalah hal penting karena data pribadi dan bersifat privasi semua komunikasinya.

Anda bisa mengaksesnya langsung disini: https://www.facebook.com/settings?tab=security?ion=memorialization&view, dari deskripsinya: Kontak pewaris adalah seseorang yang Anda pilih untuk mengelola akun Anda setelah Anda tiada. Mereka akan dapat melakukan hal seperti menyematkan kiriman di Kronologi Anda, menanggapi permintaan pertemanan baru, dan memperbarui foto profil Anda. Mereka tidak akan mengirim sebagai Anda atau melihat pesan-pesan Anda.
facebook-kenangan-kontak-pewaris

Jadi didalam Kontak Pewaris Saya anda bisa menambahkan kontak teman yang akan menjaga profil Facebook setelah meninggal dunia. Mereka tidak akan diberitahu kalau memiliki hak untuk itu tapi kita bisa memberitahukannya.

Semisal anda tidak ingin profilnya tetap ada sebagai kenangan di Facebook maka bisa menghapusnya secara permanen juga dengan memberi centang di Penghapusan Akun. Ya, tidak semua orang merasa nyaman kalau akun FB yang sudah tiada masih aktif.

Terakhir, darimana Facebook tahu kalau si pemilik akun telah wafat? Kenalan atau teman yang harus melaporkannya dengan bukti disini: https://www.facebook.com/help/contact/651319028315841, jadi tidak asal saja mereka menentukannya.

Tulis komentar...