OpenClipArt: Sumber gambar gratis lisensi bebas

Seringkali saat saya ingin membuat ilustrasi di blog tidak ada yang pas, lebih tepatnya karena saya memang tidak ahli dalam bidang desain grafis. Asal mencari di Google Images Search tentu memberikan hasil yang bagus tapi belum tentu lisensinya memperbolehkan kita menggunakannya sendiri. Ya, saya tidak ingin melanggar hak cipta dan secara pribadi menghargai hasil karya orang lain sesuai lisensinya.

Bagaimana mendapatkan gambar – gambar dengan tema atau objek tertentu secara gratis dan lisensinya tidak membatasi kita? Saya akan sebutkan salah satu sumber gambar vektor yang sering saya gunakan yaitu OpenClipArt. Pada situs ini terdapat enam puluh ribu lebih gambar yang bisa kita download dan gunakan baik untuk kepentingan pribadi maupun komersial.

Anda tinggal mengisikan kata kunci untuk mencari gambar tertentu pada situs OpenClipArt dan akan muncul daftar gambar yang sesuai dengan kriteria anda. Nanti anda bisa mendownload gambar dalam format SVG (Scalable Vector Graphic) dan 3 gambar dalam ukuran berbeda (kecil, sedang, dan besar) menggunakan format PNG (Portable Network Graphic).
openclipart-guitar

Kalau anda ingin tahu apa lisensi yang digunakan dalam setiap konten atau aset di OpenClipArt maka jawabannya adalah Public Domain atau sederhananya kita bebas menggunakan dan memodifikasinya.

Semua gambar dibuat oleh para kontributor dan sebenarnya tidak diperlukan atribusi tapi saya terbiasa memberikan link ke sumbernya sebagai itikad baik dan timbal balik.

Tulis komentar...