OpenSignal: Cek jangkauan sinyal operator seluler di wilayah anda

Sinyal operator seluler jelas menentukan mana penyedia yang akan kita gunakan di handphone. Rugi dong kalau terlanjur membeli nomor cantik tapi sinyalnya di rumah atau kantor kita tidak stabil – banyak matinya daripada hidup, apalagi berharap adanya akses 3G atau 4G LTE. Karena itu ada baiknya kalau kita sudah melakukan survey bagaimana kekuatan sinyal seluler di wilayah tertentu, dan daripada bertanya sebaiknya kita melihat bagaimana statistiknya.

Ya, anda bisa menggunakan OpenSignal untuk mengetahui kekuatan sinyal dan coverage areanya di daerah tertentu. Tinggal anda isikan saja nama kota yang ingin dicek apakah kartu anda disana nanti ada sinyalnya atau tidak. Cocok digunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli nomor baru dan apabila anda sering berpergian keluar kota – jangan sampai anda tidak bisa dihubungi bukan?

opensignal-malang

Tidak hanya masalah jangkauan sinyal seluler, kekuatan sinyal (semakin merah semakin baik – kalau hijau berarti minimal) dan jenisnya juga bisa dilihat (2G, 3G, 4G), apalagi bandwidth internet juga ikut dibandingkan disini baik kecepatan download juga upload, semua tentu saja percuma kalau koneksinya tidak responsif – nah bisa dicek dari nilai ping kalau ini, dan terakhir penilaiannya apakah bisa diandalkan?

Dari situs OpenSignal saya baru tahu kalau yang terbaik di Malang dipegang oleh XL Axiata, kemudian 3 baru dan disusul oleh Telkomsel walaupun selisihnya antar operator tidaklah banyak. Rankingnya tidak hanya dari sinyal saja sih, jadi silahkan perhatikan dan pahami baik – baik mana yang terbaik di wilayah anda. Kalau anda menginstall aplikasi Android dan iOS (iPhone & iPad) maka anda bisa membantu meningkatkan akurasi layanannya.

Tulis komentar...