Paket yang dikirimkan lewat JNE diterima orang lain?

Sudah kita deg-degan menunggu datangnya barang mahal yang dibeli dari luar kota, alamat tujuan dan nama penerima sudah benar, bahkan menggunakan layanan YES (Yakin Esok Sampai), asuransi dan packing kayu tidak terlupakan. Eh… kok statusnya saat cek resi sudah Delivered dan nama penerimanya tidak dikenal? Wah… suram sudah. 🙁

Ini pengalaman kedua teman saya dan saat itu saya ikut serta dalam mengurus bagaimana nasib paketnya kok diantarkan ke orang yang salah. Saya tidak membahas kenapa masalah ini bisa terjadi (kurir teledor, buru-buru, tidak verifikasi identitas atau alamat) karena sekarang yang lebih penting adalah bagaimana mendapatkan paket tersebut kembali dengan selamat atau solusi alternatifnya.

Kasus pertama

Jadi ceritanya teman saya beli handphone (Lenovo S860 kalau tidak salah) waktu itu dari salah satu onlineshop (lupa namanya, dari Kaskus) karena memang harganya lebih murah dibanding beli disini walau termasuk ongkos kirim dan biaya -biaya? tambahan lainnya. Karena ini baru pertama kali bertransaksi online sehingga ia rutin mengecek resi JNE yang diberikan penjualnya setiap beberapa jam, mungkin karena khawatir.

Lama pengirimannya kurang lebih 3 hari dari Jakarta ke kota tujuan, awalnya sih hasil cek resi normal saja seperti pengiriman pada umumnya. Pada malam hari di hari kedua malah sudah sampai di kota tujuan, langsung sumringah teman saya karena dalam 1-2 hari berikutnya kemungkinan sudah diantarkan barangnya oleh kurir JNE ke rumah.

Tapi ternyata di hari ketiga saat cek lagi di sore hari kok malah sudah diterima (Delivered) oleh orang lain. Kaget dan galau jadinya, saat saya dilapori agak bingung juga harus bagaimana. Berusaha menelepon JNE katanya akan disampaikan dan difollow up, yang bagi pelanggan JNE sudah tahu ini jarang terjadi.

Akhirnya keesokan harinya inisiatif datang ke JNE di kantor perwakilan/cabangnya untuk menyelesaikan masalah ini. Setelah komplain ke petugasnya dan sedikit mendesak kemudian ditemukan oleh penanggung jawabnya. Setelah berdiskusi bagaimana enaknya karena marah – marah pun percuma, ternyata si kurir JNE yang salah mengantarkan sedang dicari dan ditemui secara baik – baik. Katanya sih akan diambilkan barangnya, tapi teman saya ingin segera dan diambil keputusan agar kurirnya mengantarkan ke lokasi untuk diambil kembali barangnya – teman saya menunggu didekatnya.

Selanjutnya? Ternyata lokasi tujuannya adalah kos-kosan (kok bisa nyasar kesana padahal lokasinya tidak bisa dibilang dekat dengan alamat rumah teman saya), dan begitu kurir tersebut menanyakan orang yang kemarin langsung diserahkan barangnya tanpa banyak komentar. Ini dari pengamatan saya sih.

Bagaimana kondisi barangnya? Dusnya sudah terbuka, handphonenya minimal sudah dipakai tapi kelengkapannya masih ada. Saat diujicoba masih normal dan langsung direset factory. Sampai sekarang pun teman saya masih menggunakan handphone tersebut tanpa ada masalah.

Kasus kedua

Ini pengalaman buruk yang menimpa teman saya yang lain tahun ini, saudaranya dari Bandung mengirimkan hadiah berupa pakaian. Saat cek resi tidak ada masalah. Tapi begitu statusnya menandakan kalau sudah diserahkan ke penerima yang dituju teman saya heran, walau nama penerimanya sama dengan yang dituju tapi dia tidak merasa menerimanya. Loh ya?

Kembali lagi saya ke kantor JNE dan melaporkan hal ini, sama seperti sebelumnya kita bicara secara baik – baik mencari solusinya. Karena kurirnya waktu itu sedang diluar akhirnya tidak sempat bertemu tapi akan dicek bagaimana nasib barangnya. Nomor handphone kurirnya juga tidak bisa diberikan, akhirnya kita pulang menanti kabar. (Selanjutnya adalah dari cerita teman saya)

Keesokan harinya teman saya menelepon JNE menanyakan apakah ada update mengenai kasusnya, tapi jawabannya customer servicenya masih belum. Nah… lewat 2-3 hari sejak interaksi terakhir baru teman saya datang kembali sendirian dan komplain lagi. Ternyata entah bagaimana barangnya antara dititipkan tetangga atau diletakkan di teras rumah belakang pot bunga. ??? Saya ikut heran sewaktu mendengarnya. Padahal setahu saya misal tidak ada orang akan dibawa kembali standarnya.

Akhirnya? Pihak JNE memilih memberikan ganti rugi karena barangnya dianggap hilang. Entah yang mengganti waktu itu adalah JNEnya atau kurirnya.

Kedua kasus diatas terjadi sewaktu mendekati lebaran tahun lalu dan tahun baru, biasa lah saudara dan kenalan saling mengirim parsel atau bingkisan. Mungkin karena banyaknya pengiriman barang diantara waktu – waktu tersebut sehingga membuat kurirnya kewalahan dan tidak banyak pertimbangan untuk menyerahkan barangnya.

351 pemikiran pada “Paket yang dikirimkan lewat JNE diterima orang lain?”

  1. Kak gini nih saya juga sperti itu skrg tp masalahnya saya salah menulis kan no rumah sseharusnya 145 tp malah 144 dan paket nya sudah delivered tp bukan ke saya ataupun tetangga saya yg rumahnya bernomor 144 sehingga saya sudah menghubungi toko online dmn saya beli dan delivered to namanya bukan nama saya atau nama tetangga saya tolong bantu

    Balas
  2. saya juga sekarang, barangku diterima orang lain, gimana ya? saya sudah telp customer servicenya katanya nunggu 4 hari ,- barang ku balik ke aku ga ya? trus apa aku harus ke jne terdekat? tapi udah tlp CS nya. telat bangt lagi aku cek nomor resinya, harusnya sudah datang tgl 28 tapi sekarang udah tanggal 4 T.T

    Balas
    • Aku juga semalem ngecek resi Uda tiba tapi yg terima org lain.. gmn sih kurir JNE krja nya.. harusnya pengantaran LBH hari2 jangan asal dong .. kan customer yg rugi ?

    • Kalau saya selama ini selalu dalam 1 hari langsung komplain.

      Telat tidak masalah mas, daripada tidak lapor sama sekali.

  3. gan kalau mau komplain soal kirimanan jne yang di terima oleh orang lain harus lapor ke jne terdekat di kabupaten atau yang terdekat saja?

    Balas
    • Kasus yang baru saya alami awal tahun ini, saya langsung ke JNE pusat setempat mas. Ini pada hari minggu.

  4. sama banget khasus yang pertama dengan yg saya alami. cuma harga produknya berbeda, saya lebih murah. tapi namanya konsumen berapapun harganya ya harusnya diantar dengan baik. mana dikirimnya juga ke kostan lagi. aduhhhh..

    Balas
  5. Paket saya juga diterima atas nama orang lain yang ndak saya kenal .. di cek paket sudah diterima pukul 21.30 dengan nama rita.. padahal saat itu saya juga di kos .. ditanyakan ke anak kos yang lain ndak ada yang namanya rita dan ndak ada yang nerima paket.. barang masih proses komplain …

    Balas
  6. Malam ini baru terjadi sma aku, lucunya aku udah telfon jne call center pusat medan, mereka gak punya nomor kurirnya, dan gak tau barang terakhir di jne mana-_- kacau sumpah!!!

    Balas
  7. JNE kacau……paketku juga hilang
    Padahal nama-alamat-no.hp jelas!!!
    Tapi kenapa paket diberikan orang lain???
    Kurir tidak konfirmasi tidak bertanggung jawab!!!

    Balas
  8. Kak. Mau tanya
    Kalau barang saya ya. Statusnya sudah di terima dg nama saya. Tapi belum sampai ke saya. Bagaimana ya

    Balas
  9. Saya juga begitu.. status nya sudah di terima tapi saya belom menerima apa2 alias salah orang padahal alamat nya sedah lengkap.. sudah saya complain ke kantor pusat nya katanya harus nunggu 2 minggu lagi.. padahal itu barang saya tunggu udah 12 hari.. apa nanti barang nya bisa kembali??..

    Balas
  10. Saya juga saya beli tv tetapi malah diterima orang lain, di kampung saya ga ada nama penerima tersebut
    hadehhh kok bisa dikasih ngasal gitu JNE

    Balas
  11. Saya juga krim pket jam sama charger tapi d terima y orang lain udh gitu krim paket y dari tgl28agustus dilevered y malah salah orang..trus gimna

    Balas
  12. Memang ngeselin jne..kurirnya pengen w gampar..masa ada nama penerima,alamat penerima,nomor penerima malah nyampe ke orang lain yg entah siapa orang itu..nomor yang ngesms klo uda diterima oleh orang lain susah bngt dihubungi lgi

    Balas
  13. Parah dah. Keterangan Barang dikasih ketetangga. logikanya Barang bisa dikasih ke tetangga bijimane ye. Pelanggan gak dianggep. gak ada telp kek. SMS kek. Wa kek. Tiba2 udh bilang terkirim tu notifikasi. Apa ada yg ngalamin key gitu

    Balas

Tulis komentar...