Paket yang dikirimkan lewat JNE diterima orang lain?

Sudah kita deg-degan menunggu datangnya barang mahal yang dibeli dari luar kota, alamat tujuan dan nama penerima sudah benar, bahkan menggunakan layanan YES (Yakin Esok Sampai), asuransi dan packing kayu tidak terlupakan. Eh… kok statusnya saat cek resi sudah Delivered dan nama penerimanya tidak dikenal? Wah… suram sudah. 🙁

Ini pengalaman kedua teman saya dan saat itu saya ikut serta dalam mengurus bagaimana nasib paketnya kok diantarkan ke orang yang salah. Saya tidak membahas kenapa masalah ini bisa terjadi (kurir teledor, buru-buru, tidak verifikasi identitas atau alamat) karena sekarang yang lebih penting adalah bagaimana mendapatkan paket tersebut kembali dengan selamat atau solusi alternatifnya.

Kasus pertama

Jadi ceritanya teman saya beli handphone (Lenovo S860 kalau tidak salah) waktu itu dari salah satu onlineshop (lupa namanya, dari Kaskus) karena memang harganya lebih murah dibanding beli disini walau termasuk ongkos kirim dan biaya -biaya? tambahan lainnya. Karena ini baru pertama kali bertransaksi online sehingga ia rutin mengecek resi JNE yang diberikan penjualnya setiap beberapa jam, mungkin karena khawatir.

Lama pengirimannya kurang lebih 3 hari dari Jakarta ke kota tujuan, awalnya sih hasil cek resi normal saja seperti pengiriman pada umumnya. Pada malam hari di hari kedua malah sudah sampai di kota tujuan, langsung sumringah teman saya karena dalam 1-2 hari berikutnya kemungkinan sudah diantarkan barangnya oleh kurir JNE ke rumah.

Tapi ternyata di hari ketiga saat cek lagi di sore hari kok malah sudah diterima (Delivered) oleh orang lain. Kaget dan galau jadinya, saat saya dilapori agak bingung juga harus bagaimana. Berusaha menelepon JNE katanya akan disampaikan dan difollow up, yang bagi pelanggan JNE sudah tahu ini jarang terjadi.

Akhirnya keesokan harinya inisiatif datang ke JNE di kantor perwakilan/cabangnya untuk menyelesaikan masalah ini. Setelah komplain ke petugasnya dan sedikit mendesak kemudian ditemukan oleh penanggung jawabnya. Setelah berdiskusi bagaimana enaknya karena marah – marah pun percuma, ternyata si kurir JNE yang salah mengantarkan sedang dicari dan ditemui secara baik – baik. Katanya sih akan diambilkan barangnya, tapi teman saya ingin segera dan diambil keputusan agar kurirnya mengantarkan ke lokasi untuk diambil kembali barangnya – teman saya menunggu didekatnya.

Selanjutnya? Ternyata lokasi tujuannya adalah kos-kosan (kok bisa nyasar kesana padahal lokasinya tidak bisa dibilang dekat dengan alamat rumah teman saya), dan begitu kurir tersebut menanyakan orang yang kemarin langsung diserahkan barangnya tanpa banyak komentar. Ini dari pengamatan saya sih.

Bagaimana kondisi barangnya? Dusnya sudah terbuka, handphonenya minimal sudah dipakai tapi kelengkapannya masih ada. Saat diujicoba masih normal dan langsung direset factory. Sampai sekarang pun teman saya masih menggunakan handphone tersebut tanpa ada masalah.

Kasus kedua

Ini pengalaman buruk yang menimpa teman saya yang lain tahun ini, saudaranya dari Bandung mengirimkan hadiah berupa pakaian. Saat cek resi tidak ada masalah. Tapi begitu statusnya menandakan kalau sudah diserahkan ke penerima yang dituju teman saya heran, walau nama penerimanya sama dengan yang dituju tapi dia tidak merasa menerimanya. Loh ya?

Kembali lagi saya ke kantor JNE dan melaporkan hal ini, sama seperti sebelumnya kita bicara secara baik – baik mencari solusinya. Karena kurirnya waktu itu sedang diluar akhirnya tidak sempat bertemu tapi akan dicek bagaimana nasib barangnya. Nomor handphone kurirnya juga tidak bisa diberikan, akhirnya kita pulang menanti kabar. (Selanjutnya adalah dari cerita teman saya)

Keesokan harinya teman saya menelepon JNE menanyakan apakah ada update mengenai kasusnya, tapi jawabannya customer servicenya masih belum. Nah… lewat 2-3 hari sejak interaksi terakhir baru teman saya datang kembali sendirian dan komplain lagi. Ternyata entah bagaimana barangnya antara dititipkan tetangga atau diletakkan di teras rumah belakang pot bunga. ??? Saya ikut heran sewaktu mendengarnya. Padahal setahu saya misal tidak ada orang akan dibawa kembali standarnya.

Akhirnya? Pihak JNE memilih memberikan ganti rugi karena barangnya dianggap hilang. Entah yang mengganti waktu itu adalah JNEnya atau kurirnya.

Kedua kasus diatas terjadi sewaktu mendekati lebaran tahun lalu dan tahun baru, biasa lah saudara dan kenalan saling mengirim parsel atau bingkisan. Mungkin karena banyaknya pengiriman barang diantara waktu – waktu tersebut sehingga membuat kurirnya kewalahan dan tidak banyak pertimbangan untuk menyerahkan barangnya.

363 pemikiran pada “Paket yang dikirimkan lewat JNE diterima orang lain?”

  1. saya pesan suatu product,dr slimebeautyproduct.
    alamat sy sdh benar,dan saya cantumi nmr tlfn,hrs nya dikirim yg bernama icahaikal,ini malah ke ibu mala,saya sdh tlf berkali2,balassannya lama.

    Balas
  2. Terlalu banyak agen yg ga becus, resi asal tempel , akibatnya paket kesasar,si kurirpun malas melihat alamat paket tertempel di paket, mereka hny lihat resi.shipper jd korban.
    Wahai JNE,,,,!!! sesuaikan Kemampuan dengan hasrat,
    Kurir yg bermutu lah, atau pada saat tiba di cabang utama petugas cek lagi, sesuaikah resi dgn paket.
    Saya sedang mengalami ini, masih belum selesai hari ini.
    Paket criss cross, agen sudah mengirim email. Mdh2an saya bisa mendapatkan hak saya, sebagai shiper yg telah mempercayakan paket saya ke JNE

    Balas
    • Padahal setahu saya gaji kurir itu cukup besar lho mbak. Tapi katanya beban kerjanya tinggi juga, ada target mengantarkan sekian puluh barang per hari. Ini yang bikin keteledoran atau ga sabaran dalam prosesnya, paketnya langsung diserahkan atau apabila alamat dicek tidak ketemu langsung ditinggal.

    • sama mba. paket sy juga sekarang statusnya criss cross. ktnya barang tertukar, dan minta alamat lagi ke sy, tp email nya ga dibalas lagi.
      entah kemana barang sy

  3. mas saya mau kan pesan barang di dua toko yang berbeda, yang pertama pengiriman dari surabaya dan yang kedua pengiriman dari tangerang. pas saya telusuri yang dari surabaya sudah nyampe semarang pada 07-12-2016 17:15 RECEIVED AT WAREHOUSE [SEMARANG]. sedangkan yang dari tangerang 08-12-2016 09:41 RECEIVED AT WAREHOUSE [SEMARANG].
    nah yang saya heran pengriman yang dari surabaya g bergerak2 padahal yang dari tangerang sudah ada keterangan 08-12-2016 10:09 WITH DELIVERY COURIER [SEMARANG]. itu bagaimana ya? qo g jadi satu gt dibawa kurirnya padahal warehousenya sama

    Balas
  4. 3 paket saya diterima oleh atas nama saya.. Tp saya tidak menerima paket tersebut.. Masa kejadian seperti ini terjadi secara berulang sii.. Telp k.cabang JNE cabang TANGERANG jg ga d.angkat.. Saya heran sm JNE ini pd kerja atau engga sii.. Untuk menanyakan no telp sii kurir kok ssh bgt ya mas

    Balas
  5. Alhamdulillah mas barang saya semuanya akhirnya d.antar ulang oleh kurirnya, walau keterangannya status deliverd tgl 7, dan tgl 9 baru sampai k.ruma.. It antara salah kirim alamat atau dr pihak kurirnya yg bohong masalah report.. Entah saya ga tau.. Tp saya bersyukur msh rejeki saya

    Balas
    • Sep mbak. Untung ga jadi masalah besar dan jadi repot ngurusnya seperti pengalaman saya. 🙂

      Setuju dengan tebakan mbak, mungkin karena ada target kiriman dan belum tercapai jadinya beberapa paket dilaporkan sudah diterima. Saya pernah tahu kasus seperti itu.

  6. saya sudah dua kali mengalami kasus barang tertukar. kasus pertama sudah selesai karena pihak penjual langsung kirim barang lagi dan dia yang minta ganti rugi ke JNE.
    kasus kedua ini, awalnya barang lama sekali sampai lalu sy coba email ke customer care, dan balasannya adalah “ADA INDIKASI BARANG TERTUKAR”
    sy terus follow up tapi email tidak dibalas lagi.
    kalau sy buat surat pembaca ke Kompas, kira2 bagaimana ya? apakah akan ada itikad baik dr JNE untuk menyelesaikan masalah? mohon saran teman2.

    Balas
    • Dari pengalaman kalau sudah dipublikasikan untuk umum lebih cepat penyelesaiannya mbak. Bisa dan sangat disarankan untuk dicoba. Memang pelanggan yang harus proaktif kalau mau cepat.

  7. Ada 4 paket saya ktnya dah deliver tpi penerimanya org lain. Saya udah lapor dan email ke jne pusat. Balasan mereka ktnya akan diinvestigasi. Klw di Medan, kntr cabang jne dimna ya atau bisa ngga kita dtg ke jne terdekat?

    Balas
    • Mas tahu barangnya dikirimkan darimana kalau tidak ada resinya?

      Mas bisa tanya ke agen JNE terdekat apakah ada kiriman untuk alamat rumahnya.

  8. Saya juga lagi kena masalah yg pertama mas katanya sih masih di selisiki dari kurirnya juga
    Tadi juga sempet di tanyain ada garansi apa engga soalnya kan yg hilang itu handphone
    Itu kalo gaada garansi tetep di carikan apa engga ya mas barang saya?
    Terus makaudnya garansi itu gimana?

    Balas
  9. mas, mohon info dan solusi.. hehe
    sy beli barang di tokped tgl 30/12/16, nah pas sy cek tracking jne status sudah “delivered” atas nama “isa” di tgl 02/01/17, padahal sy merasa ga terima paket tersebut dan saya jg sudah tanya ke semua keluarga saya, katanya pd tgl tsb tdk ada kurir jne yg datang dan tdk ada yg menerima paket. karena biasanya kalau ada paket langsung ditaro di kamar saya .. sy sdh tlp CS JNE katanya tunggu investigasi dl waktu 6-8 hari, itu sebaiknya sy tunggu kabar lagi dr pihak JNE apa datang ke JNE nya aja? saya kan jakarta selatan, kalau mau datang ke jne, ke perwakilan Jne jaksel apa kmn ya?? no resi saya BKIM800664253416
    tks

    Balas
    • Mas di Tokopedia kan ada konfirmasi penerimaan barang. Itu ada tombol yang menyatakan ada masalah pada pengirimannya. Sebaiknya mas laporkan lewat jalur yang disediakan oleh Tokopedia juga. Biar seller dan Toped tahu adanya masalah dan nanti dibantu followupnya.

  10. Kejadian saya juga sama. Barang ditracking sudah deliverit tp penerima atas nama org lain Al hasil barang ga sampe ditangan saya. Saya tau apa yg saya perbuat. Tp saya search kantor pusat JNE di Bekasi tuh banyak lokasinya. Itu gpp ya kalo saya datangi diantara 1 itu? Mohon pencerahannya?

    Balas
  11. saya juga sama barang udh delivered penerimanya agus ktanya security office, pdahal sudah jelas alamatnya alamat rumah, anggota kluarga dan ttangga g da yg namanya agus, kalo k jnenya langsung kira” bisa selesai hri itu ga yah mslahnya, takutnya prosesnya lama dan barangnya malah ga smpai k tangan saya

    Balas

Tulis komentar...