PC ini tidak bisa menjalankan Windows 11

Advertisements

Windows 11 lagi ramai-ramainya diperbincangkan di internet. Wajar sih setelah 6 tahun Windows 10 rilis dan katanya ini adalah versi terakhir sistem operasinya, jadi cuma update-update saja sampai akhir jaman. Saya memahaminya mirip dengan sistem rolling release di ArchLinux atau CentOS Stream.

Tapi ternyata Microsoft memberikan kabar baru bahwa sedang dikembangkan penerusnya dan akan rilis akhir tahun 2021 ini. Dan dari pengalaman sebelumnya dimana Windows 7 ke Windows 10 itu bisa update gratis, dan tentu saja saat dicek beneran sama ke Windows 11 bisa bebas biaya juga. Cuma modal bandwidth nantinya.

pemeriksa kesehatan pc

Sekarang masalahnya cuma satu, spesifikasi laptop atau PC kita sanggup ga mendukung Windows 11 nantinya? Saya ga banyak bicara soal teori, langsung praktek saja download aplikasi cek kesiapannya: Windows PC Health Check. Langsung install dan jalankan saja.

Advertisements

Kemudian saat programnya terbuka langsung saja klik Check now atau Periksa sekarang. Prosesnya hampir mendekati instan kok dan laptop Dell saya divonis gagal. Ya kecewa tapi gimana lagi.

Pesan lengkapnya.

PC ini tidak menjalankan Windows 11
Meskipun PC ini tidak memenuhi persyaratan sistem untuk menjalankan Windows 11, Anda akan terus mendapatkan pembaruan Windows 10.

Kalau anda klik Pelajari selengkapnya akan diarahkan kesini: https://www.microsoft.com/en-gb/windows/windows-11

Spesifikasi minimumnya:

  • CPU: Frekuensi 1 GHz dengan 2 core atau lebih.
  • RAM: Minimal 4GB.
  • Media simpan: Minimal 64GB. Bisa HDD/SSD/NVMe.
  • Grafis: DirectX 12.0
  • TPM: Minimal versi 2.0

Kembali ke fokus cerita. Sekarang kenapa kok komputer kita tidak bisa diupgrade? Setelah saya cek sederhana alasannya karena kecuali syarat spesifikasi yang lain yang sudah terpenuhi, ada satu yang tidak bisa yakni TPM (Trustes Platform Module). Minimal butuh TPM 2.0.

Fungsi TPM ini sederhananya untuk keamanan sistem operasi saat berjalan, biasa dimanfaatkan untuk enkripsi atau BitLocker.

Karena ini saya jadi pertimbangan ganti laptop baru. Waduh pengeluaran lagi, untung masih lama rilis resmi globalnya. 2022 keatas.

Sekian dan semoga membantu. 🙂

Advertisements

Tinggalkan komentar