PDF XChange Viewer : Aplikasi PDF Viewer yang lebih baik

Sebenarnya banyak aplikasi untuk membaca file PDF yang lebih baik dari Adobe Acrobat atau PDF Reader, bahkan Mozilla Firefox sendiri bisa digunakan membaca file PDF walaupun fiturnya sederhana. PDF sendiri sebenarnya ditujukan sebagai format dokumen yang permanen sehingga ini yang membuatnya populer sebagai format distribusi dokumen.

Sebelumnya saya pernah membahas Foxit PDF Reader yang juga lebih baik dari software keluaran Adobe dan dengan bonus memiliki kemampuan membuat dan konversi dokumen PDF. Kalau PDF XChange Viewer ini tidak memiliki kemampuan menciptakan PDF tapi bisa memproteksi PDF dari modifikasi dan memberi password pada dokumen PDF dan sudah saya bahas sebelumnya dengan mendetail.

Membuka file PDF

Cara menggunakannya tidaklah sulit, cukup unduh installernya dan lakukan instalasi ke komputer anda. Selanjutnya buka saja file PDF manapun, anda yang sebelumnya menggunakan Adobe PDF Reader akan langsung merasakan bedanya. Selain cepat dan responsif juga sangat ringan penggunaan resource komputernya.

pdf-xchange-viewer

Optical Character Recognition untuk PDF

Anda sebenarnya bisa menggunakan software ini untuk mengenali karakter atau tulisan dengan fitur OCR (Optical Character Recognition) yang disediakan secara gratis, bahasa yang dikenali secara default adalah Inggris, Jerman, Perancis dan Spanyol. Kalau anda membutuhkan bahasa lainnya bisa didownload pada halaman OCR languages files.

pdf-xchange-viewer-ocr-pages

PDF XChange Viewer juga disediakan dalam versi portable bagi anda yang tidak menginstallnya, kalau anda ingin menggunakan OCR dalam versi portable maka akan membutuhkan OCR Lang Files yang khusus untuk versi portable.

Bisa disimpulkan PDF XChange Viewer selain gratis, kecil juga menawarkan fitur – fitur yang menjadi keunggulan dibanding aplikasi sejenisnya.

Tulis komentar...