Pengalaman membersihkan karang gigi dengan BPJS Kesehatan

Saya akui bukan orang yang rajin merawat gigi selama ini. Bahkan saya mengira ada yang keropos giginya karena mulai menghitam, tapi ga pernah ada rasa sakit sama sekali. Berhubung saya sudah tergabung BPJS Kesehatan mandiri sejak tahun 2018, saya kira sudah waktunya dimanfaatkan.

November lalu saya meluangkan waktu ke klinik yang menjadi rujukan fasilitas kesehatan 1 dan poli giginya. Tidak saya sebutkan nama dan lokasinya, alasannya akan saya jelaskan nantinya. Saya datang siang, dan antri kurang lebih 30 menitan. Jadi pasien terakhir dokter giginya untuk jam praktek siang akhirnya.

Image by lalogargano from Pixabay

Dalam proses konsultasi, saya jelaskan ini pertama kalinya saya ke dokter gigi dan cuma ingin periksa saja apa-apa kurangnya. Ya langsung saja disuruh duduk di kursi/sofa untuk operasional gigi. Rebahan.

Intinya, tidak ada lubang maupun masalah yang parah. Cuma perlu tindakan scaling atau pembersihan karang gigi, karena sudah menutup banyak bagian gigi. Efek sampingnya gusi saya turun, saat sikat gigi berdarah, dan resiko goyah/lepas giginya. Untuk scaling sendiri ditanggung oleh BPJS Kesehatan setahun sekali.

Untuk proses pembersihan karang gigi rasa sakit sih tidak, cuma pada beberapa bagian cukup ngilu. Dan karena rontokan/pecahan karang giginya itu ditampung sementara dalam mulut, jadi bisa terasa ada kerikil. Nanti kalau sudah mau penuh/tumpah (karena proses pembersihannya pakai air) maka akan diinstruksikan berkumur dan membuang isinya.

Yang pasti memang bisa dikatakan “kotor” karena sudah menghitam saat saya lihat buangan kumur saya. Dan yang saya anggap keropos/lubang karena ga rata juga warnanya gelap ternyata itu karang giginya, aslinya masih mulus. Syukurlah. 😀

Proses scaling dan kumur-kumur ini berulang sebanyak 3 kali sampai dirasa tuntas. Katanya karena karang giginya cukup berat. Setelah selesai dokternya dengan baik dan jelas menginformasikan bagaimana terjadinya karang gigi, penanganan dan perawatannya. Cukup bagus dan memuaskan kalau bicara hasilnya.

Dan saya sela disini untuk melanjutkan kenapa nama poli giginya tidak saya sebut, saya anggap abu-abu. Dalam pertengahan prosesnya, ada obrolan dengan perawat di tempat apakah scaling berat itu ditanggung BPJS? Katanya yang ditanggung penuh cuma yang ringan dan sedang, sedangkan berat bayar sendiri selisihnya.

Terus terang saya ga paham, dan karena toh dokternya sendiri bekerja sesuai tujuan ya saya nurut saja bayar Rp. 100.000.

Tapi sepulangnya saya ada perasaan kurang sreg, dan akhirnya saya tanyakan ke customer service BPJS Kesehatan di Twitter apakah benar ada tingkatan soal pembersihan karang gigi?

Bisa anda baca sendiri balasan adminnya.

Dan itu dibuktikan oleh kakak dan keponakan saya Desember ini ke lokasi yang sama, tapi dokternya berbeda. Saat scaling tidak diminta biaya apa-apa, padahal juga sama-sama belum pernah kontrol ke dokter gigi.

Tapi ya ah sudahlah, setidaknya bukan malpraktik dan memang dikerjakan dengan benar.

Tulis komentar...