Periksa dan koreksi tulisan Inggris anda dengan ProWritingAid

Saya yakin banyak orang Indonesia yang bisa mengerti maksud tulisan dalam bahasa Inggris tapi kesulitan dalam menulisnya, ya membaca memang lebih mudah tampaknya. Sewaktu kuliah dulu jadi ingat sering diberi tugas menulis esai dalam bahasa Inggris, banyak yang mengakalinya dengan menggunakan TransTool atau Google Translate. Tapi sudah saatnya kita tinggalkan cara tidak baik ini terhadap kemampuan kita berbahasa Inggris.

Akan lebih baik kalau kita memakai ProWritingAid yang merupakan layanan online gratis untuk melakukan pengecekan tulisan Inggris anda. Setelah itu akan dibantu untuk memperiksanya dan tentu saja diberi bantuan untuk memperbaiki tulisan anda.

Anda tinggal mengcopy-paste teks anda kedalam kotak yang disediakan dan klik Analyze, prosesnya tidak lama kok.

Hasil analisanya akan muncul dalam bentuk laporan umum pada awalnya.

Disini anda bisa melihat penilaian dan statistik mengenai tulisan anda yang dibagi dalam beberapa kategori (Overused Words, Writing Style Report, Sentence Length Report, Cliches & Redundancies Report, Grammar Report, Sticky Sentences Report, Dialogue Tags Report, Repeat Words & Phrases, Paragraph Length Report, Corporate Wording Report, Diction Report, Vague & Abstract Words Report, Complex Words Report, Transitions Report, NLP Predicates Report, Eloquence, Pacing Report, House Style Report, Consistency Report, Alliteration Analysis, Pronoun Report, Homonym Report, Combo Report).

Tentu saja anda tidak harus menuruti semua saran yang diberikan ProWritingAid mengenai tulisan anda, tapi bisa anda catat apa kekurangannya dan kalau bisa dikoreksi.

Kalau anda ingin mengetahui secara mendetail apa kesalahan anda maka klik saja salah satu kategorinya di sidebar sebelah kiri, disini saya membuka bagian pemeriksaan grammar. Oh ya ProWritingAid jelas lebih baik dibandingkan SpellCheckPlus yang pernah saya bahas sebelumnya.

Bisa anda lihat akan diberi tanda dimana letak kesalahan anda dan juga diberi alasan kenapa salah, jadi kita tidak ditelantarkan begitu saja.

Singkatnya ProWritingAid bisa digunakan sebagai tool wajib dalam pembuatan naskah dalam bahasa Inggris karena mudah, cepat, gratis dan sangat membantu membuat tulisan Inggris sebaik – baiknya.

2 pemikiran pada “Periksa dan koreksi tulisan Inggris anda dengan ProWritingAid”

  1. Blog favorit saya dari dulu nih, postingannya tuh mencakup ke banyak topik, dan berdasarkan pengalaman pribadi penulis, jadi saya percaya dengan semua tulisannya.

    Sekarang lagi nyari alternatif grammarly yang mahal, eh ketemu lagi blog ini. hahaha
    Saya coba ProWritingAid deh, soalnya ada lifetime license.

    Saya akan pakai grammar checker jarang banget soalnya bukan penulis, dulu langganan Grammarly 1th palingan cuma login 5x, mubazir uangnya mendingan beli nasi padang.

    Tapi masalah akurasi, Grammarly menang sih, sejauh ini belum ada yang sebagus itu, dia databasenya terbesar dibanding semua. Cuma ya itu kalo ngga dipakai setiap hari bakalan rugi sih.

    Balas
    • Trims mas. 🙂

      Untuk cek tulisan Inggris memang spesifik alat-alatnya. Kalau paling dasar dan gratis sih malah bisa pakai Google, tapi per kalimat disearch saja. Nanti akan dikoreksi. Tapi repot banget. Hehe. 😀

Tulis komentar...