Pilih jasa ekspedisi yang mana?

Sekarang sudah biasa kita belanja online dan tentunya setelah mempertimbangkan barang yang dibeli selanjutnya adalah memilih jasa ekspedisi apa yang digunakan. Saya yakin langsung terpikir JNE karena memang sudah standarnya, tapi sebenarnya alternatifnya juga tidak kalah secara kualitas lho. 🙂 Jadi saya akan menjelaskan keunggulan dan kekurangan dari masing – masing ekspedisi yang saya pernah gunakan berdasarkan pengalaman

, baik sebagai pengirim atau penerima. Tapi harap ingat ini opini dan pengalaman saya dengan anda bisa berbeda jauh, gunakan sebagai referensi saja.

JNE

Tampaknya secara defacto ini adalah rajanya ekspedisi di Indonesia. Nama besarnya merupakan jaminan mutu, tarifnya termasuk lebih mahal dibandingkan saingannya. Jarang ada masalah terhadap pengirimannya, asalkan barangnya tidak mudah rusak (fragile).

Tapi sudah mulai ada pergeseran terhadap klaim ganti rugi semisal ada masalah seperti kerusakan isi paket, tergantung cabang di kota anda kadang akan ditolak kalau pengiriman tidak menggunakan packing kayu. Walaupun ada asuransi. Repot kan? Padahal kebijakan dari pusat (poin 7 dan 8) belum ada perubahan yang mensyaratkan hal itu.

Pos Indonesia

Nama lama dalam dunia kirim mengirim. Kelebihannya adalah selain ongkos kirim yang relatif murah juga jangkauan wilayahnya lebih luas dibandingkan jasa ekspedisi apapun. Jadi kalau lokasi tujuan pengiriman anda termasuk desa atau sulit diakses lebih baik menggunakan kantor pos saja. Kecepatan pengirimannya pun tidak berbeda jauh dengan yang swasta, cuma untuk pengiriman tercepatnya (Pos Ekspress) walaupun estimasinya 1 hari kok selalu lebih ya. Setidaknya barang aman sih.

Soal pelacakannya jangan bingung membacanya karena yang ditulis cuma status terakhir tapi sebenarnya sudah diproses ke tahap berikutnya. Untuk pengiriman internasional, baik menerima (EMS) atau mengirim juga lewat sini.

Wahana Express Logistics

Mau menggunakan jasa ekspedisi termurah? Maka Wahana adalah yang patut anda gunakan. Saya sendiri kaget karena ongkirnya bisa lebih murah dari kantor pos. Bagaimana kecepatan pengirimannya? Nah… ini yang agak resiko, saya sendiri cuma berani memakainya kalau kota asalnya berdekatan (misal: Surabaya ke Malang) atau setidaknya sesama Jawa dan barangnya tidak terlalu penting. Tapi rata – rata sampainya standar kok, 2-4 hari. Dari pengalaman orang lain untuk kiriman keluar pulau bisa sangat lama sampainya, repotnya lagi kontak cabang Wahana yang dicantumkan teleponnya sudah tidak aktif atau malah kantornya sudah pindah.

Dulu hasil cek resi Wahana sangat lengkap, bisa mendapatkan nomor handphone kurirnya juga untuk tanya sendiri bagaimana paketnya. Sekarang sudah tidak bisa lagi, sebagai pelanggan cuma bisa pasrah saja.

TIKI

Dulu nama TIKI ini adalah yang paling populer, pas SMP sih. Tiba – tiba pas kuliah kok ganti JNE ya. Haha. 😀 Nah… selama menggunakan TIKI aslinya kualitasnya sendiri cukup bagus, malah handling paketnya untuk barang yang mudah rusak lebih hati – hati dibandingkan JNE. Teman saya yang usahanya berjualan kue online (brownies, cupcake, cheesecake dan sebagainya) kapok memakai JNE karena kirimannya rusak tapi tidak mau bertanggung jawab, sejak beralih ke TIKI tidak ada masalah apapun mengirim makanan keluar kota.

Sementara sekian dulu sharing pengalaman saya dari berbagai jasa ekspedisi di Indonesia, saya batasi yang sering digunakan dan terutama lokasi agennya yang dekat rumah supaya lebih akurat. Ingin sih membahas First Logistics, RPX, dan sebagainya tapi selama ini cuma menerima saja dan belum ada kesan tersendiri. Haha. 😀 Akan saya koreksi misal ada kesalahan atau perubahan kualitas dan lengkapi dengan ekspedisi lain kalau sudah yakin standarnya.

4 pemikiran pada “Pilih jasa ekspedisi yang mana?”

  1. numpang share, saya selaku penjual di tokopedia dan bulalapak sudah bbrapa kali menggunakan jasa wahana, awalnya sih bagus aman aman saja walaupun lama waktu sampai paket nya ke customer, tetapi baru baru ini barang saya hilang berjumlah 3 paket total nilai barang1 juta ++.. urusan klaim sangat lama, dan customer service wahana tidak respon telepon maupun email..sejak saat itu saya sudah kapok menggunakan WAHANA, lebih baik saya arahkan ke JNE, TIKI DAN POS, keterlaluan emang JASA SERVICE INI

    Balas
    • Terimakasih banyak atas sharenya mas James. Memang pembeli ingin murah jelas kepincut tarifnya Wahana, kadang bisa sampai separuhnya ekspedisi lain. Tapi ya gitu… cocok – cocokan. Kalau pas ga hoki ya lama sekali dan parahnya bisa lenyap begitu saja atau rusak paketnya. Saya pernah mengalami kemasannya disobek tapi untung barangnya aman, mungkin karena tidak terlalu berharga jadi selamat sampai tujuan.

      Yang lebih bikin frustasi memang masalah komplain, customer servicenya sulit dihubungi dan followupnya bisa dikatakan tidak ada.

  2. Mlm mas mw tanya klw krm pkt k luar negeri sprti australia/UK yg pling murah via apa y?

    Klw dr bandung ke australia brp kira2 ongkir nya?

    Thanks..

    Balas
    • Pakai kantor pos paling murah mbak. Ini asumsi untuk 1kg:
      Layanan Estimasi Waktu (Hari) Tarif (Rp.) *
      Surat R LN 8 221,509
      EMS DOKUMEN 3 – 8 308,616
      EMS BARANG 3 – 8 373,908
      PAKETPOS CEPAT LN 8 386,322
      PAKETPOS BIASA LN 60 245,584
      APP e-Packet 8 182,703

Tulis komentar...