Cara pindah aplikasi Jenius ke HP lain

Keponakan saya masih pakai Jenius untuk tabungannya, karena males ngurus bikin baru di bank lain alasan utamanya. Ya sebenarnya fee 10 ribu itu termasuk standar saja, cuma cara Jenius memperkenalkannya seakan-akan ini hadiah ke nasabah. Eh ini sudah keluar topik tapi.

Nah… ceritanya hpnya akan ganti, tentu pasang aplikasi dan login di hp barunya kan? Yang terjadi malah error gagal login dan di perangkat lama ada peringatan soal usaha masuk ke akun Jenius yang gagal. Coba lagi kedua kali masih sama, akhirnya berhenti karena takut keblokir dan bakal repot nantinya.

Cara mandiri agar akun Jenius bisa login dari handphone lain

Setelah cari tahu ternyata ini fitur keamanan terbaru dari Jenius dimana tampaknya hanya boleh maksimal satu perangkat saja yang aktif aplikasinya. Kalau dulu bebas, cuma dibedakan utama dan tambahannya.

Jadi cara pindah aplikasi Jenius ke HP baru itu seperti ini:

  1. Jalankan aplikasi Jenius pada perangkat lama.
  2. Kemudian buka menu Tampilkan Profil, dibawah nama lengkap ini.
  3. Selanjutnya pilih Pengaturan.
  4. Klik Perangkat yang Terdaftar.
  5. Akan muncul daftar perangkatnya.
  6. Pilih hp yang ingin dilepas dengan tekan icon menu dan pilih Hapus Perangkat.
    jenius hapus perangkat
  7. Konfirmasikan Ya. Saat itu juga aplikasi yang sedang anda pakai otomatis logout.
  8. Kemudian di hp yang baru, silahkan coba login dengan akun anda. Dijamin lancar.

BTW kalau unlink lewat perangkat lama error atau gagal maka bisa dicoba lewat versi situsnya.

Cara mandiri agar akun Jenius bisa login dari handphone lain, lewat website

Kalau sudah terlanjur uninstall app Jenius masih ada kok solusinya tanpa perlu kontak cs, silahkan pakai versi web Jenius disini: https://2secure.jenius.co.id/. Langkah-langkahnya sama persis kok dengan yang diatas. Cuma bedanya pakai browser.

Mungkin ada yang terbiasa pakai layanan perbankan mereka di banyak aplikasi, ya sayang sekali harus berubah kebiasaannya nanti saat menambahkan perangkat baru. Alternatifnya ya pakai versi web karena tidak ada batasannya.

Solusi bantuan customer service Jenius untuk hapus perangkat

Ini saya update sedikit saja, per 2 Agustus 2021. Jadi keponakan saya tukar hp dan jelas pasang Jenius lagi kan, dipikirnya bisa pakai versi web Jenius diatas. Tapi sejak semingguan lebih lalu sampai saat ini websitenya maintenance.

jenius website dalam pemeliharaan

Website sedang dalam pemeliharaan
Untuk melakukan kegiatan perbankan pada Jenius, kamu dapat mengakses aplikasi. Kamu juga bisa menghubungi Jenius Help di 1500 365 untuk mendapatkan bantuan layanan.

Ya terpaksa kontak cs untuk membantunya.

Cara ganti perangkat aplikasi Jenius lewat customer service

  1. Telepon ke call center Jenius di 1500 365.
  2. Langsung tekan 1 untuk disambungkan menu hapus perangkat. Ini untuk melewati rekaman peringatan keamaan rekening, buang-buang waktu saja karena makan pulsa. Iya kalau gratis.
  3. Nanti tinggal bicara ke customer servicenya.
  4. Verifikasi data nasabah seperti nama, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor rekening, riwayat transaksi dan seterusnya.
  5. Dalam  2 hari akan diproses.

Yang bikin jengkel itu soal riwayat transaksi saat webnya maintenance, bank biasa ada buku tabungan dan tercetak. Tapi karena murni aplikasi dan ada kemungkinan kita sendiri tidak ingat pernah dipakai apa saja (misal ya topup OVO), transfer kecil-kecilan dan seterusnya. Sedangkan mau cek mutasi kita sudah tidak cek lewat web dan aplikasi lama sudah terlanjur dihapus. Kalau salah maka akan gagal verifikasinya. Hangus sudah pulsanya. Untung keponakan saya pakai Jenius hanya untuk topup Google Play, jadinya hapal beberapa transaksi terakhir.

Dan saya beri peringatan, layanan hapus perangkat cuma bisa dilakukan jam 8 pagi sampai 7 malam per hari kerja. Jadi tidak tersedia 24 jam. Sangat-sangat WTF, buat apa call center ditulis 24 jam. Misal anda telepon sesuai jam kerja pun antriannya bisa lama, pulsanya harap siapkan yang cukup dan sisanya bersabar.

Ini keluhan saja sih soal sistem yang “katanya” bank digital ini. Versi situs webnya kok jadi ga bisa diandalkan, pemeliharaan lama sekali. Akhirnya minta bantuan cs, ini buang-buang pulsa lagi. Apalagi layanan ganti hpnya ada jam kerjanya, masih mending HaloBCA kalau soal pelayanan ke nasabah.

Saya sudah nyaranin ke ponakan kalau rewel terus mending ganti bank saja, toh banyak alternatifnya sekarang.

Sekian dan semoga membantu.

Tinggalkan komentar