Prizm Image: Plugin untuk memperkecil gambar di WordPress otomatis

Gambar merupakan salah satu elemen penting dalam susunan konten posting di WordPress, selain memperjelas maksud tulisan juga tentunya memberikan unsur keindahan sendiri – tidak membuat bosan lah membacanya. Walau ukuran gambar atau foto kesannya sepele, biasanya dalam kisaran 100KB-an tapi kalau ada lebih dari satu gambar dalam satu halaman akan berat juga membukanya. Apalagi dengan kecepatan koneksi internet khas Indonesia. 😛

Sebenarnya kita memang sebaiknya memperkecil size gambar sebelum diupload dalam WordPress, ini bisa dengan mengatur ulang besarnya, mengoptimalkan file gambarnya dari elemen – elemen tidak penting (EXIF), mengkompress ulang, dan mengkonversi antar format gambar untuk mendapatkan ukuran gambar terkecil tanpa kehilangan kualitas yang berarti. Anda bisa menggunakan software seperti Caesium untuk membantu anda mengoptimalkan gambar dalam satu klik.

Tapi kalau anda malas repot – repot maka bisa dibalik prosesnya, saat anda upload file gambarnya ke blog WordPress anda baru dilakukan proses optimalisasi secara online. Nah.. saya ingin memperkenalkan Prizm Image yang tugas plugin ini adalah mengoptimalkan setiap foto atau gambar yang anda upload. Bisa juga digunakan sebagai alternatif WP-Smush.it karena servernya tidak stabil, kadang bisa kadang tidak. Lebih bisa diandalkan lah.

wordpress-plugin-prizm-image

Anda tinggal menginstall pluginnya dan setting secara defaultnya sudahlah cukup. Tapi ada satu langkah lagi yang wajib dilakukan yaitu mendapatkan kode lisensi? agar kita bisa menggunakan API dari layanan Prizm Image untuk mengoptimalkan gambar – gambar kita. Jangan khawatir license key ini bisa didapatkan secara gratis kok. Anda tinggal mendaftarkan sebuah akun di situs Prizm Image. Kalau sudah anda tinggal mengisikannya pada halaman setting plugin Prizm Image, letaknya di Settings (Pengaturan) > Media.
wordpress-pengaturan-media-prizm-image

Nanti semua gambar yang diunggah setelahnya akan otomatis diproses, dan format gambar yang didukung saat ini adalah JPEG, PNG dan GIF. Oh ya kalau saat anda melakukan proses optimasi massal (Bulk Prizm Image) muncul pesan error “An invalid license key was specified.” harap ditunggu 1×24 jam kira – kira. Ini dikarenakan kode lisensi anda masih terlalu baru dan belum sinkron dengan data yang ada di server. Setidaknya ini yang saya alami sewaktu mengujicobanya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...