Qualcomm Snapdragon 801: Prosesor terbaik untuk gadget anda

Sekarang handphone tidak hanya digunakan untuk sekedar menelpon atau mengirim pesan SMS saja, bisa dikatakan selain berfungsi sebagai alat komunikasi juga asisten pribadi dan perangkat hiburan all-in-one. Kalau biasanya kita menentukan kemampuan handphone berdasarkan merek terkenal seperti Samsung, Sony, Asus, Lenovo, Oppo, atau Xiaomi dan dibandingkan dengan harga baru spesifikasinya maka tahan dulu niat anda.

Untuk memastikan kalau fitur – fitur yang ada dalam ponsel yang kita miliki nantinya mampu dijalankan dengan sempurna maka sebenarnya kita perlu lebih memperhatikan apa hardwarenya, bukan hanya desain fisik dan ketajaman layar. Hal ini saya alami saat membeli Lenovo A369i hanya berdasarkan spesifikasinya di brosur dan kenyataannya tidak semua aplikasi bisa berjalan dengan normal. 🙁 Yah… anggap sebagai pengalaman pribadi dalam membeli handphone atau gadget baru.

Pertimbangan awal membeli handphone baru

Dari hasil riset amatiran saya mengenai apa yang pertama kali harus dicek saat akan membeli handphone ternyata adalah kemampuan dari prosesornya. Karena saya lebih memilih sebuah perangkat yang spesifikasinya terbaik tapi dengan harga yang terjangkau juga kualitasnya bagus maka saat ini masih mengincar Oppo N3, harganya masih di kisaran Rp.7.700.000 saat saya tanyakan di toko – toko.

oppo-n3

Didalam daftar spesifikasi hp Oppo N3 ini saya perhatikan sudah tertanam prosesor Qualcomm Snapdragon yang merupakan salah satu jenis prosesor mobile terbaik yang saat ini diproduksi. Jadi jelas kelasnya adalah high-end.

Keunggulan prosesor Qualcomm Snapdragon 801

Karena saya sering menggunakan berbagai macam aplikasi pendukung kerja dan hiburan di handphone lama saya maka saya sangat sensitif terhadap performanya. Tapi disaat membaca spesifikasi teknis Qualcomm Snapdragon 801 benar – benar membuat saya jatuh hati.

qualcomm-snapdragon-800-chipset

Singkatnya setelah membaca dan memahami spesifikasi dari chipset ini ada banyak kelebihannya:

  • Selain mendukung koneksi 4G/LTE sehingga konektivitas internet sehingga menjamin kita selalu online juga kecepatannya akan jelas semaksimal mungkin. Ini merupakan hal penting bagi pengguna yang mobilitasnya tinggi dan koneksi internet dengan kecepatan tinggi diperlukan dalam kerjanya.
  • Dalam chipset Qualcomm Snapdragon 801 ini juga bisa memutar video dengan kualitas HD (High Definition) dengan resolusi 4K tanpa adanya masalah. Jadi kita bisa menonton video dengan sangat jernih tanpa ada namanya lag atau terputus – putus. Komputer saya saja langsung hang kalau memutar film dengan resolusi diatas 1080p. 🙁
  • Tentu saja kemampuan prosesor ini dalam memainkan audio jelas sebanding dengan videonya. Jadi sama – sama wownya dan tidak mengecewakan sama sekali.
  • Kamera ponsel biasanya merupakan fitur pelengkap tapi cukup sering digunakan dalam membuat selfie atau sekedar foto makanan (seperti saya), dan prosesor yang bagus akan menjamin megapixel yang lebih tinggi bisa tertangkap tanpa kehilangan detailnya.
  • Tentu saja semua fitur yang diunggulkan akan percuma kalau boros baterai, tapi jangan khawatir karena Qualcomm Snapdragon 801 ini selain gesit dalam menjalankan proses juga irit dalam penggunaan baterai. Lengkap sudah kehebatannya. Apalagi untuk sistem charging baterai juga disertai fitur Quick Charging yang akan mempercepat pengisian daya baterai hingga 75% lebih cepat.

Kesimpulannya?

Qualcomm memang tidak pernah mengecewakan dengan kemampuan dari prosesornya, baik untuk kelas low-end yang murah sampai yang high-end untuk yang membutuhkan yang terbaik. Kalau anda membeli sebuah perangkat mobile selain melihat merek dan tipenya pastikan juga melihat apa prosesor atau chipset yang digunakan. Jangan sampai harganya mahal tapi ngos-ngosan kalau dibuat menjalankan aplikasi atau menonton video HD, bisa kecewa berat nantinya.

Tulis komentar...