RAM beda ukuran apa bisa dual channel?

Last Updated on Desember 1, 2020

Sudah lazim kalau idealnya RAM itu tersedia satu pasang dalam komputer, ini untuk mengaktifkan fitur dual channel dan memaksimalkan performa memori. Seringnya dalam pembelian laptop hanya diberikan seadanya 4GB satu keping. Syukur-syukur kalau ada 2 slot RAMnya, satunya kosong jadi bisa ditambah. 😀

Tapi kadang keinginan dan budget ga seimbang tapi ingin tetap upgrade kapasitas memori, jadi perlu kompromi. Misal sekarang RAM DDR3L 8GB berharga sekitar 300 ribuan di Tokopedia dan yang 4GB 150 ribuan.

Kalau jaman dahulu kala, memang modul memori baik merek, spesifikasi dan kapasitas kalau bisa sama persis untuk mengaktifkan dual channel. Kalau ga cocok terpaksa takut ada masalah, soalnya motherboard bisa rewel.

Kabar baiknya, jaman sekarang kapasitas memori yang berbeda, spesifikasi mirip dan berlainan merek tetaplah bisa menggunakan dual channel. Jadi bisa dikatakan sekarang cuma mitos kalau harus sama persis.

Dari screenshot yang saya bagikan diatas terlihat pada laptop Dell saya terpasang memori DDR3L 12 GB dimana komposisinya 4GB asli bawaan dan saya tambahkan 8GB. Satunya Hynix, satunya Samsung dan tidak ada masalah sama sekali. Normal semuanya dan tentu saja kanal ganda memori berfungsi sesuai seharusnya.

Jadi jangan takut untuk menggunakan memori beda ukuran. Tetap dikenali oleh motherboard dan bisa dimaksimalkan pemakaiannya oleh Windows.

Bagaimana kalau beda spesifikasi seperti frekuensi, timing, latency memori? Nah.. kalau ini, biasanya otomatis yang lebih bagus speknya akan diturunkan mengimbangi yang rendah. Jadi kalau bisa memang cari sama atau semirip mungkin.

Tulis komentar...