Berapa rekomendasi kapasitas kosong HDD/SSD tersisa?

Walaupun kita punya harddisk berukuran 1 TB bukan berarti kita harus mengisinya dengan data sampai penuh. Walaupun bisa tapi aslinya sangat tidak disarankan storage kita paksakan sampai tidak ada free spacenya. Sebaiknya ada sisanya. Masalahnya berapa GB yang perlu dibiarkan?

Apa efeknya kalau tidak ada kapasitas kosong pada media penyimpanan? Paling sederhana adalah penurunan performanya. Ini karena sistem pengalokasian file (terutama untuk menulis) kadang akan menempatkan datanya sementara (temp dan swap) pada blok storage yang tidak terpakai. Kalau semakin besar ukurannya maka tidak perlu dilakukan berulang kali (mencicil), jadi bisa lebih cepat selesai prosesnya.

Jadi disarankan disisakan berapa besar ruang kosongnya? Kalau bicara persen, saran saya adalah minimal 10% dari total kapasitas HDD/SSD, dan ini juga syarat minimal defragment. Atau 10GB tersisa, mana yang paling kecil.

Bagaimana kalau satu harddisk dipartisi menjadi beberapa drive? Idealnya tetap menggunakan prinsip diatas. Tapi praktisnya silahkan terapkan pada drive C (tempat Windows diinstall), sedangkan drive lainnya masih bisa diabaikan walaupun kritis. Efeknya lebih buruk kalau terjadi pada partisi sistem operasi daripada penyimpanan filenya.

Dan kalau bahas USB Flashdisk atau Harddisk eksternal maka bisa dimaksimalkan kapasitasnya, karena bukan sebagai perangkat permanen pada PC/laptop jadi performanya sendiri tidak berpengaruh besar keseluruhan.

Leave a Reply