RunSwift: Mencoba bahasa pemrograman Swift secara online

Swift merupakan bahasa pemrograman baru besutan Apple untuk menggantikan ObjectiveC, walau masih terhitung bayi tapi karena dokumentasi sudah dipersiapkan secara matang maka membuat banyak developer di ekosistem Apple meliriknya. Tapi bagi kita yang masih belum memiliki Mac (semoga saja) maka anda dapat mencoba membuat program kecil berbasis console dengan Swift secara online.

Semuanya ini sudah disediakan pada RunSwift, siapkan buku panduan pemrograman Swift kemudian belajar syntaxnya dan langsung saja praktekkan dengan coding pada layanan kompilasi Swift online ini.
runswift

Setelah anda klik Compile maka hasil dari program buatan anda akan ditampilkan tepat dibawahnya. Potongan kode Swift ini berasal dari situs RunSwift sendiri, saya gunakan sebagai ilustrasi saja.
runswift-compile-result

Kalau proses compile gagal maka anda akan diberitahukan dimana letak errornya dan bisa langsung memperbaikinya. Saya sendiri cuma menampilkan pesan “Halo dunia!” saja yang tidak ada errornya, selain itu pasti ada kesalahannya. Belum biasa dan mungkin karena sudah lama tidak menyentuh dunia programming.

Mudah bukan? Tentu saja kalau anda serius ingin menggunakan Swift maka anda harus memiliki Mac, dan mempelajarinya dari dokumentasi dan contoh program yang ada. Sementara ini masih belum ada yang mengalahkan dokumentasi resmi milik Apple:

Selamat belajar! 🙂

Tulis komentar...