SWIFT Code BTPN dan Jenius itu SUNIIDJA bukan BTPNIDJA

Advertisements

Sesuai judul. Bagi anda yang ingin menerima transfer uang dari luar negeri ke rekening bank BTPN ataupun Jenius, jangan sampai salah kode SWIFTnya. Sekali lagi saya tekankan yang benar itu SUNIIDJA. Yang BTPNIDJA itu kode lamanya dan sudah tidak terpakai lagi.

Jadi saya sedikit share pengalaman pribadi dari teman saja. Dapat diabaikan cerita berikut karena intinya mengalami masalah dan endingnya. Beliau sedang menanti kiriman dana sekian ratus USD tapi sudah 3 hari kok tidak masuk-masuk, ini baru pertama kalinya pakai rekening tabungan Jenius memang.

Alhasil kontak customer service Jenius dan BTPN (beda bank satu induk), dinyatakan kalau tidak ada dana transfer yang ditujukan ke nomor rekening yang dimaksud. Tambah stres jadinya. Malah diminta kontak bank pengirim, tidak salah tapi karena bahasa Inggris terbatas bingung komplainnya gimana.

Setelah agak dingin kepalanya dan sudah siap ikhlaskan duitnya, akhirnya diruntut apakah ada yang salah dengan data rekening yang dikirimkan. Kalau nomor rekening sudah yakin betul 100%, apalagi nama lengkap di buku tabungan.

Advertisements

Sisa kode SWIFT saja berarti. Setelah dicek tampaknya benar BTPNIDJA, kita tahu Jenius itu produknya bank BTPN jadi wajar kalau sama. Tapi akhirnya dicek ulang di Google. Benar saja hasil-hasilnya ada yang BTPNIDJA dan ketambahan satu variasi lagi SUNIIDJA. Sumber resminya Jenius adalah yang kedua, berarti dulu teman saya kelewatan atau langsung percaya di hasil pencarian begitu saja.

Apabila saya ingin melakukan transfer dana dari luar negeri ke akun Jenius, apa kode SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) dari Jenius atau PT Bank BTPN Tbk.?
Untuk pengiriman dana dari luar negeri, kamu bisa memakai kode SWIFT SUNIIDJA.

Apalagi dikoreksi oleh Twitternya Jenius berikut.

Kenapa kok SWIFT codenya ganti? Setahu saya ini disebabkan mergernya bank BTPN dengan Bank Sumitomo, hasilnya pakai kode satunya. Kenapa kok tidak tetap? Saya tidak tahu jawabannya.

Advertisements

Bagaimana nasib transfer uangnya? Berdasarkan pengalaman menerima kiriman uang dari luar negeri selama ini. Kalau salah satu informasi rekeningnya salah atau typo satu huruf saja itu akan gagal dan dananya dikembalikan. Dan benar ini yang terjadi. Untungnya kode BTPNIDJA saat dicek sudah tidak valid, jadi tujuannya tidak kemana-mana.

Berapa lama sampai refund? Dari pengalaman rentang waktunya 1-14 hari. Kalau ingin lebih cepat kontak customer service Bank pengirim, biar dicek status transfernya.

Demikian dan semoga mencerahkan.

Advertisements

Tinggalkan komentar