Samsung berhenti di layar Downloading

Kadang pada email saya dapat pertanyaan/konsultasi seputar masalah yang dialami pembaca. Seperti ini:

Selamat malam kak. Saya mau tanya. Hp anak saya Samsung A3 2016 tadi di buat main sama adik nya yg masih kecil dipencet tombol vol down, menu dan power bersamaan. Lalu langsung seperti ini kak. Ini kenapa ya kak? Sudah 3 jam seperti ini terus layarnya kak. Mohon infonya kak. Terima kasih 🙏

Untungnya diberikan foto seperti apa kasusnya yang dimaksud, jadi ga benar-benar tanpa informasi.

Jadi penyebabnya hp ibu ini secara tidak sengaja booting ke Odin Mode dan ada tulisan Downloading. Saya paham bagi yang awam, atau sekadar user biasa jelas panik takut ada rusak.

Untungnya hal ini solusinya mudah, tinggal keluar saja dari safe mode/recovery Samsung ini. Tinggal tekan tombol Power+Volume Down selama 7 detik, atau kalau hp/tablet Samsung yang ada tombol Homenya bisa coba kombinasi Power+Volume Down+Home dengan waktu kurang lebih sama.

Nanti perangkat anda akan restart kembali dari odin mode ke booting android biasa, dan akan berfungsi normal kembali. Dan kalau masih tipenya baterai yang bisa dilepas maka lebih gampang lagi, ini juga bisa dilakukan.

Tapi, kalau masalah anda belum berhasil diperbaiki dengan cara diatas. Tampaknya antara perlu flash ulang android atau ada kerusakan pada hardware eMMC. Ini antara berani flash sendiri, atau terpaksa dibawa ke servisan hp.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar